Ngopi di Tanamera PIK

Coffee shop kelima milik Tanamera yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk (PIK) ini mudah dikenali dari fasadnya. Dominasi hitam membuatnya terlihat menonjol dari ruko di sekitarnya. Sebuah bangku panjang sempat membuat saya menyangka itu merupakan bagian dari main entrance. Ternyata sebuah pintu kecil yang posisinya di pojok fasadlah main entrance sesungguhnya. Peletakan pintu masuk seperti itu bukan tanpa maksud karena pengunjung β€˜dipaksa’ melewati koridor dalam suasana hitam dengan warna merah khas Tanamera sebagai aksennya. Di koridor tersebut terdapat plakat penghargaan yang pernah diraih Tanamera dalam Australian International Coffee Awards dan beberapa kantung biji kopi.

Beberapa kantung biji kopi Tanamera diletakan di sepanjang koridor untuk mengenalkan kopi lokal yang menjadi ciri khas di sini kepada pengunjung. Bagi Tanamera, Indonesia memiliki kopi-kopi yang berkualitas tinggi dengan rasa yang unik. Banyak petani lokal yang memiliki lahan-lahan mikro di mana kopi mereka meraih skor cupping yang tinggi, hasil dari metode prosesi yang berbeda-beda seperti proses natural hingga honey dan washed.

Ternyata tak mudah mendapatkan spot kosong di coffee shop ini. Di ujung meja bar tempat saya duduk beberapa pegawai kantoran sedang meeting. Di sudut ruang berdekatan dengan tangga beberapa orang sedang wawancara kerja dengan laptop masing-masing di depannya. Bersebelahan dengan mereka, menyatukan beberapa meja kotak, segerombolan ibu muda pun sibuk arisan, belum lagi di tengah-tengah ruang, pada meja-meja bundar remaja putri sibuk bercakap tentang tren kosmetik terbaru. Itulah gambaran fungsi coffee shop saat ini. Pengunjung yang datang tak hanya sekedar menikmati berbagai kopi yang tersedia, namun datang dengan berbagai aktivitas yang menyertainya seperti meeting, arisan, atau sekedar hang out.

Terdapat banyak pilihan tempat duduk. Untuk sisi ruang yang berdekatan dengan dinding tertata meja-meja kotak dengan maksud untuk mudah disatukan – hal yang tak mungkin dilakukannya di tengah ruang yang menggunakan meja-meja berbentuk bundar. Untuk furniturnya, Tanamera menggunakan koleksi Karsa dari Joshua Simanjuntak.

Melalui anak tangga yang bordesnya terdapat wall art peta kopi di Indonesia, pengunjung semakin mengenal kopi-kopi lokal yang tersedia di sini seperti Manggarai, Malabar, Aceh Gayo, Toraja, Solok, dan lain lain sebagainya. Masih menggunakan koleksi furnitur yang sama, lantai dua terbagi atas smoking dan no smoking area.

 

This slideshow requires JavaScript.

Lokasi: Tanamera Pantai Indah Kapuk, Ruko Gallery 8 No. EK-EL Jl. Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta 14470 Telp. +6221 3005 1614

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.