Membuat Perut Lebih Kencang

Saat ini yoga bukan lagi sekadar tren semata. Banyak macam yoga yang ditawarkan, dan semuanya memberikan efek yang baik bagi tubuh bila dilakukan dengan benar. Salah satu yoga yang dapat Anda ikuti yakni Aerial Yoga. Aerial Yoga sendiri merupakan latihan yoga yang menggunakan alat semacam ayunan atau swing terbuat dari silk yang digantung. Alat ini sangat aman karena dibuat dapat menahan beban hingga 200 kilogram. Dengan bantuan alat berupa swing, beberapa gerakan yoga menjadi lebih mudah dilakukan.

Tidak hanya mengandalkan kelenturan tubuh dan teknik yang tepat saja untuk melakukan Aerial Yoga. Diperlukan juga otot-otot yang kuat terutama didaerah perut, kaki, dan bahu. Tidak saja diperlukan dalam melakukan semua pose yoga, dalam kehidupan sehari-hari pun kita membutuhkan otot perut yang kuat untuk melindungi punggung bawah, bahu, lutut, dan lain sebagainya dari cedera. Untuk membuat otot perut menjadi lebih kencang, Ika menyarankan untuk melakukan latihan otot perut pada posisi terbalik atau inversion. Namun latihan ini tidak disarankan untuk penderita darah tinggi, penyakit jantung, stroke, ibu hamil, pasca operasi, dan glaukoma.

Salah satu gerakan sederhana untuk mengencangkan otot perut dengan menggunakan Aerial Yoga yakni plank. Pastikan postur tubuh Anda dalam kondisi baik saat gerakan ini untuk menghindari cidera dan mendapatkan target area yang benar. Tarik perut ke dalam dan pastikan kaki, punggung lurus, buka rongga dada, adalah step by step yang patut diingat ketika melakukan gerakan ini.

Perhatikan kemampuan Anda saat melakukannya. Bila Anda di bawah bimbingan pelatih atau instruktur, mereka akan memberikan pilihan untuk membuat gerakan menjadi lebih mudah dilakukan. Misalnya dengan menurunkan lutut dengan tetap menjaga punggung lurus. Dengan melakukan gerakan ini secara teratur, niscaya otot perut Anda menjadi lebih kuat dan kencang. Tentu itu menjadi idaman semua orang, bukan?

Yoga Pose
Lakukan pose-pose inversion jika Anda sudah merasa siap (Foto: Dok. Yoga Tree)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.