Asinan Jambu Air

asinan jambu air

NININMENULIS.COM – Di rumah terdahulu saya memiliki pohon Jambu air yang kalau berbuah buanyaknya minta ampun. Berhubung saya punya gangguan perut sehingga tidak bisa mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Alhasil Jambu tersebut dijual supaya tidak banyak sampah dari Jambu yang jatuh.

Setelah pindah, saya bersebelahan dng tetangga yg pohon jambunya banyak dan sedang berbuah semua. Berkali-kali mereka menyuruh saya untuk mengambilnya, tapi tak pernah saya mengambilnya. Mungkin karena gemas gak ngambil-ngambil atau entah mengapa, mereka memberi saya banyak Jambu air. Bila dulu bisa seenak-enaknya karena milik sendiri, tidak bisa sekarang. Kalau tidak dimakan atau dibuang tentu buat mereka kecewa. Tapi kalau dimakan semua, perut saya yang tidak kuat.

Karena Hal itu terpikir untuk membuatnya menjadi asinan or manisan Jambu air. Selain dapat disimpan dalam jangka waktu lama, rasanya juga manis, segar, Asin, dan pedas gitu. Ingin mencoba? saya share resepnya.

Bahan-bahan Asinan Jambu Air

1kg Jambu air
3 siung bawang putih
1 sdm garam
5 buah cabe rawit or cabe merah
250 gr gula pasir
1 butir jeruk nipis

Cara Membuat Asinan Jambu Air

1. Bersihkan Jambu air dan potong-potong sesuai selera.
2. Haluskan semua bumbu lalu direbus dengan tiga gelas air. Setelah mendidih beri perasan jeruk nipis.
3. Tata Jambu air dalam wadah dan siram dengan bumbu yang telah matang. Asinan Jambu air siap dihidangkan.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply