Niat Memulai Ngegym

jatomi

NININMENULIS.COM – Untuk mendapatkan badan yang sehat, banyak yang memutuskan memilih gym sebagai tempat berolahraga. Selain memiliki banyak variasi olahraga, fasilitas yang disediakan tempat gym sangat lengkap dibanding bila kita harus memilikinya sendiri di rumah. Dari yang banyak mendaftar di tempat ngegym itu, ternyata berapa banyak yang ‘langgeng’ berolahraga?

Jika sudah demikian berbagai alasan pun bermunculan. Mulai dari berkurangnya waktu, program latihan yang berat, hingga tak nyaman dengan suasana tempat gym tersebut. Padahal semua alasan dari permasalah tersebut dapat kita tanggulangi semua bila kita memang fokus dan niat untuk mendapatkan hidup yang sehat. Berikut beberapa tip yang dapat saya sharing.

Saat mendaftar ke tempat ngegym, pastikan niat Anda benar. Niat Anda dapat bermacam-macam seperti ingin kurus, ingin berotot dan sixpack, ingin memperbaiki postur tubuh, ingin biar dilihat kekinian, atau Anda ingin menjalin relation dengan banyak orang. Apapun niat Anda, pilih niat yang sederhana. Maksudnya jangan niat yang akan membebani Anda sehingga Anda malah memilih untuk berhenti berolahraga.

Saya akan bercerita sedikit akan niat awal saya ngegym yang ingin kurus dan perut rata. Namun di minggu-minggu awal yang saya dapatkan badan yang remuk redam akibat beratnya berbagai latihan. Saat masuk kelas yoga, saya melihat salah satu member dengan ukuran tubuh yang tak kalah dari saya. Saya yang beranggapan tak mampu melakukan semua pose yoga berpikir “asik ada temen’. Namun ternyata saya salah. Tak hanya piawai dia pun dapat kayang sembari jalan.

Dari situ pupus cita-cita saya ingin kurus. Akhirnya saya sederhanakan niat ‘ingin menjadi kungfu panda’. Saya kubur keinginan kurus dengan tetap rutin ngegym hasilnya berat badan menyesuaikan dengan sendirinya, turun 20 kilogram. Sederhananya jangan bercita-cita terlalu tinggi dan tetap latihan. Cita-cita yang terlampau tinggi di tempat ngegym hanya untuk orang yang pantang menyerah dan suka kerja keras.

Selain itu jangan jadikan waktu sibuk Anda untuk berhenti ngegym. Percayalah jam buka gym dari pagi hingga malam itu memudahkan Anda mengatur kapan waktu yang cocok untuk diikuti. Tip dari teman saya saat menyemangati saya dulu, “datang saja meskipun hanya ngopi atau sauna,” Dan saran itu berhasil. Dari sana tidak mungkin Anda tidak melakukan aktivitas yang bermanfaat bukan?

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply