Desain Taman Gaya Bali di Rumah Modern

NININMENULIS.COM – Saya masih ingat 15 tahun lalu saat terjun sebagai wartawan di sebuah majalah properti. Saat itu desain rumah gaya mediterania yang tropis tengah digemari. Gaya mediterania yang hangat dengan warna-warna alami seperti coklat dan hijau sempat tren di jamannya. Meskipun saat itu gaya rumah Mediterania tengah digemari, namun tidak diiringi dengan pengaplikasian taman gaya Mediterania.

tanaman untuk taman gaya bali

Tentu kita ketahui, taman Mediterania banyak menggunakan jenis tanaman berbunga yang beraneka warna. Sedangkan iklim Indonesia yang kaya akan sinar matahari tidak cocok untuk ditanami jenis tanaman berbunga. Karena itu jenis taman yang banyak menggunakan jenis tanaman berdaun hijau lokal banyak dipakai, misalnya taman gaya Bali.

Baca juga: Kata Siapa Rumput Tetangga Lebih Hijau?

Selain menyimpan keindahan alam yang telah diakui dunia, Bali memiliki kekayaan budaya yang tak kalah indahnya. Seni kerajinan, sculpturing, arsitektur, hingga lansekapnya. Salah satu yang menarik dari Bali yakni bagaimana budaya Bali teraplikasi dalam setiap tatanannya. Desain taman gaya Bali memiliki filosofi yang tinggi akan kehidupan sekitar.

Selain menampilkan nilai estetika dan nuansa alami pada hunian, desain taman gaya Bali termasuk taman yang mudah dikombinasikan dengan gaya taman lainnya. Pemakaian tanaman untuk taman gaya Bali bercirikan taman tropis yang alami dengan ornamen-ornamen khas Bali yang kehadirannya memiliki makna mendalam akan suatu keindahan budaya. Desain taman gaya Bali sangat mudah dikenali dari komponen yang ada di setiap tamannya, seperti replika Candi Bentar pada pintu masuk, Bale Bengong atau Bale Kul-kul.

desain taman gaya bali

Sebagai elemen hardscape, desain taman gaya Bali banyak menggunakan unsur alami seperti pemakaian lampu taman beratap ijuk dan terbuat dari kayu dan beraneka patung yang memberi kesan natural. Beberapa jenis bebatuan yang kerap digunakan di dalamnya yakni Batu Palimanan, Paras, Kerobokan dan Karangasem.

Sebagai keseimbangan, desain taman gaya Bali memasukan unsur air dalam bentuk water feature, waterspout, dan kolam tanaman air. Sedangkan elemen soft-scape, taman ini dihiasi dengan tanaman untuk gaya Bali yang berdaun lebar. Beberapa tanaman yang cocok untuk taman gaya Bali yaitu pandan Bali, pisang Bali, bunga sepatu atau pisang kipas sebagai aksen, lotus, teratai dan kamboja.

Baca juga: Hadirkan Imajinasi dengan Topiari di Taman Rumah

Lalu bagaimana kehadiran taman gaya Bali di jaman sekarang yang banyak didominasi rumah-rumah bergaya modern dan minimalis?

Desain taman gaya Bali sesungguhnya jenis desain taman yang dapat diaplikasikan di rumah bergaya arsitektur apapun. Kehadiran taman gaya Bali di rumah modern dan minimalis justru dapat ‘melembutkan’ dan ‘menghangatkan’ gaya minimalis yang lebih banyak menggunakan material logam dan beton juga kesan dingin dari penggunaan warna-warna dasar.

pengertian taman gaya bali

Jika menginginkan taman bergaya Bali yang modern dan minimalis, dapat disiasati dalam penggunaan jenis tanamannya. Jenis tanaman yang digunakan tentu tidak sebanyak dan sepadat jumlah tanaman yang digunakan di taman gaya Bali yang tradisional. Tidak hanya itu saja, pemilihan jenis desain dan material pendukung di taman dapat diselaraskan dengan yang digunakan dalam arsitektur bangunan.

Dengan demikian desain taman gaya Bali pun tetap dapat cantik terabadikan di rumah Modern. Selama berkebun!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

One thought

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.