5 Kegiatan Bersama Keluarga Ini Seru Dilakukan Saat PSBB

kegiatan seru di rumah saat psbb

NININMENULIS.COM – Kapan sih PSBB ini berakhir? Kalau itu yang ada di pikiran kamu saat ini berarti kita sama. Aku pun ingin pandemi COVID-19 ini lekas berakhir dan semua dapat beraktivitas dengan normal. Tetapi kita tentu tidak bisa hanya diam dan menggerutu sembari menunggu wabah ini berakhir. Banyak aktivitas dan kegiatan yang bermanfaat lainnya dapat kita lakukan baik sendiri atau bersama keluarga meskipun tetap di rumah saja. Seperti pada tema BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge hari ke-9 ini, Kegiatan Seru Bersama Keluarga di Rumah.

Sejak PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar diberlakukan sudah tentu aktivitas lebih banyak di lakukan di dalam rumah. Jika tidak direncanakan aktivitas apa saja yang akan dilakukan tentu PSBB menjadi hal yang membosankan tetapi jika direncanakan dan dilakukan bersama tentu masa PSBB ini justru menjadi jalan mempererat hubungan antara anggota keluarga. Berikut 5 Kegiatan Bersama Keluarga yang Seru Dilakukan Saat PSBB.

  • Bersih-bersih Rumah

    Berada di dalam rumah selama dua minggu akan membuat kamu merasa sumpek. Nah, supaya merasa lebih nyaman, mengapa tidak sekalian melakukan aktivitas bersih-bersih rumah saja? Mulailah aktivitas ini dengan membuka lemari dan singkirkan semua barang yang sudah tidak terpakai. Setelah itu, bersihkan debu dan kotoran di setiap sudut ruangan. Dengan demikian, rumah akan terasa lebih lega dan bersih.

    Selama PSBB kamar tidur menjadi tempat yang paling sering ditempati. Untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat bersama keluarga, coba tata ulang kamar tidur masing-masing agar kamu tidak merasa bosan dengan tampilannya. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan menggeser posisi tempat tidur atau mengganti tirai. Kamu juga bisa mengubah konsep kamar tidur secara keseluruhan.

    Bagi kamu yang suka bercocok tanam dan memiliki taman di rumah, manfaatkan periode PSBB ini dengan bersih-bersih sekaligus mengganti tanaman yang baru di area taman. Mulailah dari menyapu daun kering, memotong bagian tanaman yang layu, memberi pupuk, dan memberikannya air. Atau mungkin kamu mau menanam tanaman baru untuk mengganti tampilan taman.

  • Memasak di dapur

    Dalam masa pandemi COVID-19 yang semakin meluas ini, kebersihan makanan harus lebih dijaga supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Makanan yang kamu beli di luar, belum tentu dibuat dengan higienis. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu yang ada untuk melakukan aktivitas memasak bersama keluarga. Keluarga pun bisa membantu untuk menentukan menu makan siang dan malam. Melalui aktivitas ini, selain lebih terjamin kebersihannya, kamu pun bisa menghemat pengeluaran. Jangan lupa, untuk menggunakan peralatan masak yang juga berkualitas baik, agar tidak mengurangi cita rasa dan kualitas makanan yang kamu buat.

    Ini adalah kesempatan yang baik untuk anak-anak belajar mengeksplorasi apa saja yang bisa dilakukan di dapur. Orangtua bisa mengajak anak untuk membuat kue, puding, atau masak masakan kesukaan si anak. Tentunya hal ini akan membantu si anak untuk eksplor berbagai jenis makanan dan cita rasa, dan juga mengajarkan tanggung jawab kepadanya.

  • Olahraga bersama

    Selama berada di rumah, kamu tetap wajib melakukan aktivitas olahraga agar tubuh semakin sehat. Pilihlah aktivitas olahraga yang tidak melibatkan orang lain dan tidak merusak perabotan di rumah, misalnya aktivitas yoga, senam, lompat tali, dan zumba. Saat ini pun sudah ada banyak video instruktur gratis di dunia maya yang bisa kamu jadikan sebagai panduan.

    Ajak anak untuk berolahraga bersama. Di dalam rumah, kamu bisa melakukan senam atau stretching. Sempatkan berjemur selama 5-15 menit di jam 10 pagi bersama keluarga untuk meningkatkan imunitas tubuh.

  • Membaca buku

    Aktivitas membaca buku adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan rasa bosan. Coba tengok sudut kamar, apakah ada tumpukan buku yang belum pernah dibaca? Usai menyelesaikan pekerjaan atau tugas, mulailah aktivitas membaca buku-buku tersebut. Setelah selesai membacanya, jangan lupa untuk merapikan buku-buku tersebut supaya kamar tidak lagi berantakan dengan tumpukan buku.

    Selain membaca kamu dan keluarga juga dapat menjalani aktivitas lain seperti menulis, menggambar, atau menghias? Manfaatkan waktuPSBB ini dengan membuat bullet journal. Alat yang dibutuhkan hanyalah buku dan pen warna-warni. Akan tetapi, kalau mau lebih keren, silakan tambahkan stiker atau washi tape. Ada banyak hal yang bisa dituangkan ke dalam bullet journal. Misalnya mencatat kejadian penting di hari itu, menuliskan daftar hal atau aktivitas apa saja yang perlu dilakukan, mencatat tanggal ulang tahun teman atau keluarga, dan masih banyak lagi. Tertarik melakukan aktivitas ini?

  • Menonton hiburan bersama

    Pernahkah kamu merasa kesal atau penasaran ketika harus menunggu episode drama favorit yang tayang di minggu berikutnya? Berhubung selama PSBB ini kamu punya banyak waktu luang, manfaatkan untuk melakukan aktivitas maraton menonton drama di atas sofa atau tempat tidur yang nyaman bersama keluarga, tentu saja drama yang ditonton harus disesuaikan dengan usia anggota keluarga yang nonton ya.

    Pilihlah drama yang sudah tamat. Satu episode setidaknya berdurasi 40-60 menit sehingga setiap harinya kamu bisa menyelesaikan tiga sampai empat episode. Namun, tetap batasi dirimu dalam melakukan aktivitas ini, ya! Jangan sampai jam tidur dan waktu makanmu terganggu karena terlalu asyik menonton.

Nah, setelah melihat 5 aktivitas di atas, mana yang ingin kamu lakukan terlebih dahulu bersama keluarga? Selamat menjalani masa PSBB dengan aktivitas seru dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur dan buah, serta tajin mencuci tangan ya!

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply