Ide Kegiatan yang Dapat Dilakukan Saat Puasa

ide kegiatan saat puasa

NININMENULIS.COM – Menahan lapar, haus, dan nafsu menjadi hal mutlak dilakukan saat kita puasa. Terlebih lagi saat ini kita berpuasa dimasa pandemi COVID-19 yang mengharuskan untuk tetap di rumah untuk memutus mata rantai penyebarannya. Untuk itu sebaiknya kita memanfaatkan waktu sebaik dan semaksimal mungkin dengan kegiatan yang bermanfaat untuk menambah keberkahan di bulan Ramadhan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama bulan puasa tersebut dapat membuat kita lupa bahwa kita sedang puasa dimasa pandemi.

Sebenarnya dalam mengisi waktu di bulan Ramadhan tinggal bagaimana kita pintar-pintar dalam memadatkan aktivitas yang ada. Kebiasaan negatif tentu akan berkurang jika kita banyak melakukan aktivitas positif yang bermanfaat. Dan terpenting jangan juga memilih aktivitas yang dapat mengurangi pahala kamu di bulan Ramadhan ya. Aku mau berbagi ide bagaimana mengisi waktu selama Ramadhan. Tentunya, di luar aktivitas yang terkait dengan agama tidak akan saya tulis karena biarlah itu menjadi catatan untuk saya dan Allah SWT saja yang tahu. Beberapa ide kegiatan yang dapat dilakukan saat puasa yakni:

  • Mengikuti BPN Ramadhan Blog Challenge 2020

    Sukses mengikuti BPN Blog Challenge 2018 dan BPN Ramadhan Blog Challenge 2019 lalu membuat aku ketagihan untuk ikut kembali di blog challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network ini. Tema-tema yang ditentukan setiap harinya sangat menantang dan memaksa saya untuk berpikir mencari problem solves dari semua tema yang telah ditentukan. Sesuai dengan temanya tantangan menulis 30 hari sudah tentu setiap harinya aku melakukan aktivitas menulis. Yeaahh itu ide kegiatan positif yang sangat menyenangkan dilakukan saat puasa.

  • Olahraga

    Ini aktivitas yang selalu aku lakukan setiap hari dan tidak pernah berubah meskipun memasuki bulan Ramadhan. Waktu, jenis olahraga, dan durasinya pun tidak berubah dengan yang aku kerjakan saat tidak puasa. Haus? Hhmm… kalau dipikirkan memang akan haus tetapi bila sudah niat, insya Allah semua dapat dijalani dengan mudah.

  • Memasak santapan sahur dan buka puasa

    Selain kegiatan agama, di bulan puasa dapat diisi dengan kegiatan lain yang menyenangkan seperti menyediakan menu sahur dan berbuka dan kegiatan ini asyik loh. Kita dapat mengasah kemampuan memasak dan menjadikan kita lebih piawai dalam mengolah setiap bahan makanan.

  • Tidur

    Semua tentu tahu tidurnya orang berpuasa itu ibadah. Jadi jangan sia-siakan ibadah di bulan Ramadhan yang satu ini ya. Asalkan tidak menghambat aktivitas sempatkan tidur saat tubuh lelah dan mengantuk. Semua tentu tahu jam tidur dan beraktivitas selama Ramadhan tentu berubah, nah mumpung tidurnya berpahala tidur yuks.

  • Nonton film atau drama

    Meskipun tidak sering dan memakan waktu yang banyak, aktivitas menonton film di saat puasa juga dapat menyegarkan pikiran. Tentu saja pilih film yang tidak mengurangi keberkahan bulan Ramadhan. Nonton acara memasak boleh kok asal jangan ngeces dan membayangkannya ya.

  • Bermain game

    Bermain game yang telah terinstal di handphone juga menjadi aktivitas yang baik dilakukan saat Ramadhan asalkan tidak membuat lupa waktunya beribadah.

Dari ke-6 ide aktivitas tersebut ada yang sama dengan kamu, atau kamu tertarik melakukannya di kesempatan Ramadhan berikutnya? Yoaa… apapun aktivitasnya asalkan mengisi waktu selama Ramadhan dengan positif tentu semuanya baik-baik saja.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply