Inspirasi Perpaduan Warna Cat Rumah Minimalis dari Asian Paints

perpaduan warna

NININMENULIS.COMHai, buat kamu-kamu yang berjiwa muda pasti menyukai gaya rumah yang satu ini. Yup, rumah minimalis memang masih digemari dan menjadi tren saat ini. Rumah minimalis juga menjadi model rumah favorit di Indonesia karena bisa memberikan kesan lapang, bersih, dan terang pada hunian. Bukanlah hal yang sulit untuk menemukan model rumah bergaya minimalis karena sebagian besar perumahan saat ini menerapkan model rumah ini.

Saking  menjamurnya desain rumah minimalis, seringkali kita mendapati model yang hampir sama dengan model rumah yang lain terkadang ini menjadi problematika tersendiri di kalangan pemilik rumah minimalis. Siasat yang bisa dilakukan yaitu dengan memperhatikan penggunaan perpaduan warna cat rumah yang cocok untuk rumah minimalis. Apa saja itu? Berikut beberapa inspirasi perpaduan warna cat rumah minimalis dari Asian Paints.

Bagaimana Memilih Perpaduan Warna Cat untuk Rumah Minimalis?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengaplikasikan perpaduan warna cat rumah minimalis untuk kamu yang ingin tampil beda dengan memaksimalkan warna cat. Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah mengetahui karakteristik dari warna gelap dan terang. Warna-warna cat yang gelap akan membuat ruangan terasa lebih sempit, sedangkan warna-warna yang terang akan membuat ruangan terasa lebih luas.

perpaduan warna cat
Color Card yang memudahkan kita untuk memadukan warna cat (Foto: Dok. Asian Paints)

Mengingat konsep rumah minimalis adalah rumah yang tujuan awal dibangunnya untuk memaksimalkan luas bangunan dengan ukuran yang relatif mungil sehingga penggunaan warna terang tentu akan memberikan kesan ruangan yang lebih lapang. Beberapa teori warna berikut bisa membantu kamu untuk menentukan palet dari warna cat rumah minimalis, di antaranya:

1. Monochromatic

Satu warna dasar yang kemudian dipadupadankan dengan warna turunannya merupakan hasil dari perpaduan dari warna monochromatic. Sebagai contoh, kamu bisa memilih warna navy blue kemudian dipadupadankan dengan warna pale turquoise, sky blue, dan light blue

2. Analogous

Selain monochromatic, ada juga teori warna analogous yang merupakan perpaduan warna -warna dalam palet yang diambil dari dua atau tiga range warna yang bersebelahan di color wheel. Contoh dari warna-warna ini seperti warna merah, kuning, dan oranye, atau warna kuning, hijau, dan biru.

3. Complementary

Perpaduan warna complementary berasal dari dua jenis warna yang letaknya berseberangan satu sama lain pada color wheel, misalnya seperti warna hijau, merah, biru, atau oranye.

Baca juga: Hai Para Milenial di Kalimantan Inilah Hunian Impian Kalian

6 Inspirasi Perpaduan Warna Cat Rumah yang Bisa diaplikasikan Pada Rumah Minimalis

Agar kamu tidak bingung lagi memilih perpaduan warna cat rumah minimalis, di bawah ini ada beberapa inspirasi perpaduan palet warna cat dinding yang menarik dan sangat inspiratif untuk disimak.

1. Palet warna complementary biru dengan oranye

Kesan kebebasan dan kesegaran bisa kamu rasakan saat memilih warna cat rumah dengan perpaduan biru dan oranye. Palet warna ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki hunian dengan kesan hangat sekaligus segar seperti di pantai saat musim panas. Rumah minimalis yang kamu miliki bisa semakin cantik dan unik dengan mengaplikasikan perpaduan warna ini. Tak hanya dengan pemilihan cat, padukan juga dengan warna senada pada perabotan rumah seperti bantal atau sofa.

perpaduan warna
Contoh perpaduan warna biru complimentary dengan oranye. (Foto: Dok. Asian Paints)

2. Palet warna putih dengan warna lime

Warna cat rumah lime masih menjadi warna favorit hingga saat ini. Bagi kamu yang ingin memadupadankan warna ini dengan warna lain, kamu bisa memilih beberapa pilihan warna seperti putih dan hitam. Rumah minimalis kamu akan terasa lapang, segar, dan sejuk dengan mengaplikasikan perpaduan warna lime beserta putih ini apalagi ditambah dengan aksen hitam, sudah tentu rumah kamu terlihat semakin cantik, dijamin !

3. Palet warna monochromatic abu-abu

Warna cat rumah abu-abu memang identik dengan rumah minimalis. Kesan mewah dan luas akan terasa jika kamu memilih dua hingga tiga warna monokrom ini. Terlebih, jika kamu mengkombinasikan warna tersebut dengan elemen interior yang senada. Kamu juga bisa menghindari penumpukan banyak furnitur di rumah agar rumah tidak terkesan berantakan. Sehingga, estetika rumah kamu akan semakin terlihat eye catching.

perpaduan warna
Contoh perpaduan warna monocromatic abu-abu di dalam kamar tidur utama. (Foto: Dok. Asian Paints)

4. Palet warna analogous biru dengan hijau lime

Kesan modern dan segar akan terasa dari perpaduan warna hijau lime dan analogous biru ini. Meskipun sedikit tricky saat diaplikasikan, dijamin kamu tidak akan menyesal dengan pemilihan palet ini. Selain unit, perpaduan warna ini juga akan memberikan efek produktif secara psikologis bagi kamu dan keluarga.

perpaduan warna
Contoh perpaduan warna lime dan biru (Foto: Dok. Asian Paints)

5. Palet warna pink dengan abu-abu

Bagi kamu yang menyukai warna pink, bisa mengaplikasikan warna pink dipadukan dengan warna abu-abu di rumah minimalis. Rumah minimalis kamu akan terasa elegan dan manis, saat kedua warna cat rumah ini diaplikasikan pada tembok. Perabotan rumah juga bisa dipilih yang memiliki warna sesuai sehingga akan menambah kesan yang manis.

aplikasi warna pink dan abu-abu
Aplikasi warna pink denganabu-abu di kamar tidur anak (Foto: Dok. Asian Paints)

6. Palet warna biru dengan coklat lembut

Bagi kamu yang suka desain dengan gaya vintage dan klasik, perpaduan warna cat rumah ini bisa kamu aplikasikan di rumah minimalis. Pilihan palet warna ini akan membuat rumah terlihat lebih hangat dan elegan. Sebaiknya, kamu tidak menambahkan sentuhan warna yang mencolok karena akan memberikan kesan janggal dan tabrakan sehingga membuat konsep pemilihan warna menjadi tidak menarik.

Itulah beberapa inspirasi perpaduan warna cat rumah minimalis yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Kunjungi asianpaints.co.id untuk mencari inspirasi pilihan warna lainnya dari Asian Paints. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kan? Jangan lupa pilih sesuai selera.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

6 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.