Dongdaemun Design Plaza, Bangunan Ikonik yang Sering Menjadi Lokasi Drama Korea

drama korea

NININMENULIS.COM – Bagi penonton drama Korea, Dongdaemun Design Plaza (DDP) pasti sudah tidak asing lagi. Beberapa bagian dari bangunan ini kerap dijadikan lokasi syuting drama Korea terkenal. Sebut saja The Producers, My Love from The Star, dan She was Pretty, juga reality show ternama Korea Infinity Challenge dan Running Man juga sering menggunakan bangunan ikonik ini sebagai lokasi syuting mereka.

Selain jalan cerita yang disajikan dan juga aktor aktrisnya yang tampan dan cantik, lokasi syuting drama Korea juga menjadi salah satu faktor mengapa drama Korea begitu digemari. Bahkan terkadang keindahan suatu tempat lokasi syuting menggugah para traveler untuk datang berkunjung ke sana. Dan salah satu lokasi syuting yang sering dikunjungi yaitu Dongdaemun Design Plaza (DDP). Dilihat dari sisi arsitektur sebenarnya seberapa ikonik sih Dongdaemun Design Plaza (DDP)?

dongdaemun design plaza
Tampak keseluruhan Dongdaemun Design Plaza (DDP) (Foto: Dok. Majalah Home Living edisi 99)

Dongdaemun Design Plaza (DDP) merupakan salah satu tempat yang paling populer di Seoul. Tempat ini mendapat peringkat ke 52 sebagai bangunan yang harus dikunjungi di dunia versi New York Times dan tempat di Seoul yang paling sering ditandai di instagram. Bangunan DDP memang unik dengan sisi lengkungan yang indah dan menawan, ciri khas sang Arsitek Zaha Hadid. Karya Zaha ini dianggap mampu menyatukan sejarah, seni, fashion dan teknologi di Seoul dan Korea Selatan secara umum dalam satu bangunan ikonik.

Dongdaemun Design Plaza (DDP) merupakan karya Zaha Hadid bersama Samoo Architects & Engineers dari Seoul ini pantas dilabelkan sebagai pemenang World Design Capital yang diselenggarakan pemerintah kota. Dan akan dibangun menggantikan tiga bangunan bersejarah, yakni stadium Dongdaemun, benteng distrik Dongdaemun, pusat komersialcThe Dongdaemun yang rusak karena termakan usia dan berfungsi tidak sesuai peruntukan.

Untuk membangun Dongdaemun Design Plaza (DDP) sebagai landmark kota baru dengan luas total perlantai 86574.7 meter persegi, pemerintah Korea Selatan mengucurkan dana hingga $451,000,000 dan waktu pembangunan lima tahun (2009-2011). Peresmiannya baru dilakukan tanggal 21 Maret 2014. DDP memiliki lima ruang utama; Balai Seni, Museum, Laboratorium Desain, Pasar Desain, serta Taman Sejarah dan Budaya Dongdaemun. Fasilitas di dalamnya termasuk galeri pameran, konvensi dan ruang seminar, museum desain, perpustakaan dan pendidikan pusat, parkir, ruang menyusui, toko, dan cafe yang dikelola Seoul Design Foundation of the city of Seoul.

dongdaemun
Ingat lokasi ini ada di drama Korea apa? (Foto: Dok. Majalah Home Living edisi 99)

Semua ruangan ini menempati empat lantai bangunan yang berdiri diatas tanah, empat lantai bangunan yang dibangun mengambang di atas plaza dan tiga lantai bawah tanah. Dongdaemun Design Plaza (DDP) juga memiliki Plaza yang besar untuk taman, tempat pameran label indie dan mobilitas pejalan kaki dari stasiun subway Dongdaemun History & Culture park jalur 2, 4, dan 5 menuju pusat kota Dongdaemun.

Menurut Hadid, fitur dasar desain Dongdaemun Design Plaza (DDP) adalah transparansi, porousness, dan daya tahan. Ia menerapkan konsep Metonymic Landscape, konsep perencanan yang membawanya meraih Pritzker Prize 2004. Metonymy dalam kasus ini mengacu pada metode penggambaran objek tertentu secara tidak langsung atau abstrak dalam goresan bentuk alam di bangunan dengan mengintegrasikan aspek sejarah, budaya, perkotaan, sosial, dan ekonomi kota Seoul.

lokasi syuting drama korea
Bangunan ikonik yang kerap menjadi lokasi syuting drama Korea (Foto: Dok. Majalah Home Living edisi 99)

Agar ramah lingkungan, Hadid menyisipkan banyak fitur ekologis, fasad kulit berganda untuk mengurangi pemakaian pemanas dan pendingin dalam ruang, panel surya dan sistem air daur ulang di dalam gedung. Kulit bangunan Dongdaemun Design Plaza (DDP) yang berstruktur mirip jamur halus dan raksasa yang nampak mengambang di atas permukaan tanah, mendapat perkuatan dari sistem BIM (Building Information Modeling) yang canggih, sistem truss (rangka atap ekstra besar), dan sistem rangka ruang untuk menciptakan ruang berskala besar.

Untuk kulit bangunan yang menyelimuti Dongdaemun Design Plaza (DDP) terbuat dari beton, 45.000 panel aluminium berbagai ukuran dan lekukan, baja, dan batu. Interior bangunan diperkuat dan finishing menggunakan serat sintetis, ubin akustik, resin akrilik, stainless steel dan batu yang dipoles. Bagaimana? Tertarik mengunjungi Dongdaemun Design Plaza (DDP)?

dongdaemun
Fasad bangunan yang terbuat dari beton (Foto: Dok. Majalah Home Living edisi 99)

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

2 thoughts

Leave a Reply