Ceriakan Dunia Si Kecil dengan Lagu Anak-anak Terbaru Hoala & Koala

Lagu anak-anak terbaru

NININMENULIS.COM – Jika aku ditanya, “apa lagu anak-anak yang pernah kamu nyanyikan dahulu?” pasti aku akan menjawab, Lihat Kebunku, Bintang Kecil, Bangun Tidur, Pelangi, Topi Saya Bundar, dan lain sebagainya. Aku termasuk orang yang beruntung karena masa kecilku dihibur dengan lagu-lagu sederhana yang mendidik. Lagu anak-anak saat itu memiliki lirik yang mudah diingat, liriknya pun mengenalkan kita akan aneka ciptaan Tuhan, mengingatkan akan rasa syukur, hingga melakukan kegiatan yang membahagiakan.

Pertanyaan yang sama pernah aku tanyakan kekeponakan, “lagu apa yang ia sukai untuk dinyanyikan?” Dan keluarlah judul lagu-lagu dewasa dari mulutnya. Jika semakin banyak anak-anak lebih mengenal lagu dewasa, ini berarti kita sudah ditaraf krisis lagu anak-anak yang ceria dan sarat edukasi. Jika pada orang dewasa saja mendengarkan lagu dapat menghibur dan memperbaiki mood yang buruk, apalagi buat anak-anak, manfaatnya tentu lebih banyak. Beberapa manfaat mendengarkan lagu bagi anak:

  • Mendengarkan lagu dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak

    Mendengarkan lagu yang sesuai dengan umur anak akan mempertajam kemampuannya untuk mengenali emosi dalam suara. Hal ini juga membantu anak mengembangkan fleksibilitas yang lebih besar dalam menanggapi orang dan situasi.

  • Lagu anak-anak dapat meningkatkan kemampuan membaca

    Pasti bingung kan, memangnya bisa mendengarkan lagu anak-anak akan meningkatkan kemampuan membaca? Menurut penelitian, mendengarkan lagu anak-anak secara langsung terkait dengan kemampuan verbal. Area di otak diaktifkan untuk mempertajam kemampuan anak untuk memproses peristiwa saraf di depan mata, suara, dan pidato.

  • Mendengarkan lagu dapat membantu perkembangan otak anak

    Studi menunjukkan bahwa mendengarkan lagu yang sesuai dengan usianya memiliki kekuatan untuk mengembangkan otak. Mendengarkan lagu juga dapat melatih daerah di otak yang terkait dengan fokus dan perhatian.

Setelah mengetahui manfaat dan pengaruhnya bagi anak bila mendengarkan lagu yang sesuai usianya, apakah masih terus memberikan lagu dewasa ke anak atau mulai beralih memperdengarkan lagu anak-anak yang sesuai usianya?

Tentang Lagu Anak-anak Terbaru Hoala & Koala

Melihat lesunya perkembangan lagu anak-anak terbaru di Indonesia, di akhir 2020 Rendyadi Amnar, CEO PT Amnar Awadi Kazoku menginisiasi lahirnya karakter musikal berbentuk animasi 3D yang diberi nama Hoala & Koala. Layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh dan berkembang di era digital, karakter ini menyuguhkan musik-musik ceria berbahasa Indonesia yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Lagu anak Minta Ayah Hoala Koala
Hoala & Koala, sepasang sahabat yang gemar bernyanyi

Hoala & Koala diceritakan sebagai sepasang sahabat yang sangat gemar bernyanyi, sehingga karakter ini terus mengeluarkan beraneka judul lagu anak-anak terbaru. Hoala & Koala digambarkan melalui karakter 3D agar karakter ini tidak lekang oleh waktu dan dapat terus berkontribusi dalam menghadirkan lagu anak-anak terbaru.

Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang diada dalam animasi musikal ini juga digambarkan pandai bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya tokoh yang dapat bernyanyi, anak akan mengenal variasi karakter dan suara, sehingga tidak hanya dapat menghibur lagu anak-anak terbaru Hoala & Koala juga menjadi sarana edukasi. Karena diciptakan dengan serius dan matang, para orang tua pun dapat menikmati setiap lagu terbaru saat menemani Si Kecil menonton dan mendengarkan lagu dari Hoala & Koala.

Lagu anak-anak terbaru
Keluarga Hoala & Koala yang pandai bernyanyi

Jika saat ini kita melihat masih kurangnya lagu anak-anak yang digarap dengan serius, tidak begitu dengan lagu anak-anak terbaru dari Hoala & Koala. Dalam setiap penggarapan lagunya, Hoala & Koala digarap dengan sungguh-sungguh dan melibatkan banyak musisi nasional dalam pembuatan aransemen musiknya. Sehingga akan banyak kita dengarkan bunyi dari alat musik yang tidak biasa digunakan dalam lagu anak, misalnya saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Vokal yang ditampilkan dalam lagu anak-anak terbaru dari Hoala & Koala memiliki kualitas yang dapat disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak. Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi, hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, JPop, hingga etnik.

Bernyanyi Lagu Anak Minta Ayah Hoala & Koala

Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 6 album dan lebih dari 54 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat dan didengarkan di YouTube, Spotify, hingga iTunes. Anak-anak pun dapat dengan mudah mengakses lagu terbaru dari Hoala & Koala dari ketiga platform tersebut. Bahkan jika mengakses melalui channel YouTube Hoala & Koala – Lagu Anak-anak Indonesia, Si Kecil dapat sembari turut bernyanyi karena setiap videonya dilengkapi dengan lirik.

Lagu anak Minta Ayah Hoala Koala
Lagu anak Minta Ayah Hoala & Koala yang sarat edukasi

Semua lirik dan judul lagu anak-anak terbaru dari Hoala & Koala sangat mudah diikuti dan dipahami Si Kecil, seperti lagu Naik Perosotan, Senangnya ke Supermarket, Pola Makan Sehat, Pergi ke Kolam Renang, Ayo Makan Buah-buahan, Berkemah, Lagu Siul, Kebersihan Sebagian dari Iman, Doa untuk Ibu, termasuk lagu anak Minta Ayah Hoala  Koala yang sering aku perdengarkan kepada keponakan melalui aplikasi YouTube. Selain musiknya yang enak didengar, lagu anak Minta Ayah Hoala Koala juga mudah diikuti. Dari lirik lagu anak Minta Ayah Hoala Koala anak akan belajar banyak hal seperti:

  • Terlalu banyak menonton TV dan bermain HP itu tidak baik

    Anak-anak yang lahir di era digital memang sudah akrab dengan TV dan HP sedari kecil, namun tentu saja jika terlalu lama menonton TV dan bermain HP akan memberikan efek tidak baik bagi pertumbuhannya. Dan dengan memperdengarkan lagu anak Minta Ayah Hoala & Koala, anak akan belajar dan belajar memahami mengapa terlalu banyak menonton TV dan bermain HP tuh dilarang.

  • Bermain bersama lebih baik daripada menonton TV dan main HP

    Anak akan paham bahwa bermain bersama teman dan anggota keluarga itu jauh lebih menyenangkan katimbang hanya duduk diam menonton TV dan bermain HP.

  • Anak belajar skala prioritas

    Nasihat yang terkandung dalam lirik lagu anak Minta Ayah Hoala Koala akan mengajari anak tentang skala prioritas, bahwa yang baik seperti bermain bersama harus didahulukan dibanding menonton TV dan bermain HP.

  • Patuh perintah Ibu dan Ayah

    Di lirik lagu anak Minta Ayah Hoala Koala, anak akan belajar patuh semua nasihat dan perintah yang diberikan oleh Ayah dan Ibu.

Dari satu lagu anak Minta Ayah Hoala Koala saja, anak sudah belajar banyak hal baik, apalagi bila mendengarkan seluruh lagu anak-anak terbaru Hoala & Koala, anak akan belajar banyak hal dengan cara yang mengasyikan. Nah sekarang, lagu anak-anak terbaru Hoala & Koala mana yang menjadi favorit di rumah?

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply