KoinWorks NEO Hadirkan Solusi Pengelolaan Keuangan UMKM dan Raih Kesempatan Mendapatkan Modal Usaha

koinworks

NININMENULIS.COM – Para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) saat ini tengah menjadi sorotan. Mengingat usaha yang dibagun oleh individu, badan usaha kecil, maupun rumah tangga ini nyatanya memiliki dampak besar bagi perekonomian di Indonesia. Selain itu semakin banyak UMKM, semakin banyak juga peluang kerja yang tercipta. Hal ini sangat penting mengingat angka pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi, ditambah lagi efek pandemi. Dari data penelitian KoinWorks di 2021 tercatat 97 persen pelaku UMKM ingin berkembang, namun hanya 39 persen yang sudah menggunakan aplikasi keuangan dalam mengelola bisnisnya. Artinya masih banyak pelaku UMKM yang terkendala masalah pengelolaan keuangan.

Saat peluncuran KoinWorks NEO pada Selasa (12/4) lalu, Benedicto Haryono, CEO & Co-Founder KoinWorks juga mengungkapkan bahwa masalah pengadaan dan pengelolaan keuangan masih menjadi masalah utama UMKM. Mulai dari masalah tidak adanya rencana anggaran, tidak adanya mentor terkait rencana bisnis yang akan dijalani, kurangnya inovasi strategi termasuk strategi pemasaran, tidak ada evaluasi dari bisnis yang dijalani, tidak terdapatnya laporan keuangan yang baik karena masih mengandalkan pencatatan konvensional, pengelolaan stok barang yang salah, hingga kurangnya modal, masih menjadi masalah krusial yang harus dicarikan solusinya

Akses Pemodalan di KoinWorks Melalui KoinBisnis

Salah satu solusi dalam permodalan dengan mengambil pinjaman usaha. Namun perlu diingat, mengambil pinjaman usaha tidak selalu menguntungkan. Jika salah dalam memilih sumber pendanaan atau salah dalam mengambil modal yang sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar, sudah tentu hal ini akan menjadi petaka tersendiri. Untuk itu memercayakan pinjaman modal usaha ke aplikasi keuangan KoinWorks yang sudah berijin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dapat menjadi solusi cerdas mengatasi masalah keuangan.

KoinWorks adalah aplikasi keuangan untuk pribadi dan bisnis yang berkomitmen membantu perkembangan UMKM di Indonesia. Produk yang disedikan KoinWorks sangat beragam, mulai dari KoinBisnis, KoinInvoice, KoinGaji, KoinRobo, dan KoinGold. Bahkan melalui layanan KoinBisnis di aplikasi KoinWorks, para pelaku UMKM bisa mendapatkan produk pinjaman modal hingga 2 miliar rupiah dengan bunga sangat rendah, mulai dari 0,75% per-bulan-nya.

Untuk mendapatkan pinjaman bisnis di aplikasi KoinWorks #UntungnyaGampang, cukup isi data diri dan bisnis yang kita jalani, lalu sertakan foto KTP, selfie dengan KTP, dan mutasi rekening di aplikasi KoinWorks, lalu pinjaman yang diajukan akan langsung cair ke rekening NEO dalam waktu beberapa menit saja.

Baca juga: InvestasiKu, Menghapus Keraguan Saham Antara Investasi dan Judi

KoinWorks NEO, Terbaru dari KoinWorks

Setelah enam tahun menyediakan layanan interfacing dengan menghubungkan pihak yang ingin melakukan kegiatan keuangan, baik untuk layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi atau produk keuangan lainnya, KoinWorks masih merasa memiliki keterbatasan dalam memberikan akses keuangan lain bagi UMKM. Untuk memenuhi hal tersebut, KoinWorks meluncurkan fitur KoinWorks NEO #StartTheNEOLife yang memberikan pengalaman finansial lebih banyak bagi pelaku UMKM, selain untuk menepis stigma bahwa akses keuangan hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu saja.

koinworks
Launching KoinWorks NEO yang menghadirkan Aditya Chintawar (Chief Product Officer), Benedicto Haryono (CEO & Co-Founder), Hendra He He (Freelancer), Grace Hong (Chief Marketing Officer), dan Christian Sugiono (Aktor & Entertain)

Seperti yang dikatakan Aditya Chintawar, Chief Product Officer KoinWorks, tidak hanya para pelaku UMKM baik online ataupun offline yang dapat menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam KoinWorks NEO, tetapi juga diperuntukkan bagi para pelaku bisnis lainnya seperti:

  • Pengusaha wanita yang memiliki usaha dan aktif dalam mengelola dan memajukan UMKM di Indonesia.

  • Para content creator dan influencer yang ingin memberikan dampak lebih kepada masyarakat melalui sajian konten di media sosialnya.

  • Pejuang usaha rintisan atau pengusaha start up yang sedang berusaha mengubah ide bisnisnya menjadi prestasi nyata juga akan mendapatkan kesempatan membangun relasi dan dukungan modal usaha dengan menggunakan KoinWorks NEO.

  • Tenaga pendidik baik pengajar sekolah, pengajar paruh waktu, dan pengajar kursus online di semua bidang pendidikan yang kehadirannya senantiasa memberikan bimbingan agar para siswa dapat meraih impiannya ini pun dapat menggunakan semua fitur yang ada di KoinWorks NEO.

  • Freelancer atau para pekerja lepas yang ingin meningkatkan kemampuan dan membangun relasi agar memiliki jangkauan lebih luas lagi dengan fitur yang ada di KoinWorks NEO.

koinworks
Fitur-fitur yang tersedia di KoinWorks NEO

Dengan fitur-fitur yang ada di KoinWorks NEO para pelaku UMKM dan pelaku bisnis lainnya tidak hanya dapat melakukan aktivitas pinjam meminjam uang saja, lebih dari itu KoinWorks NEO dapat digunakan untuk pembuatan invoice, transfer uang antar bank, membuat tagihan pembayaran, dan masih banyak lagi lainnya. Lengkapnya, fitur-fitur yang ada di dalam KoinWorks NEO ialah:

  • NEO Card

    Dengan NEO Card kita dapat melakukan transaksi bisnis online kapanpun, dimanapun, baik dalam dan luar negeri. NEO Card juga dapat ditop-up dari berbagai bank dan kita dapat membuat hingga 5 kartu sesuai kebutuhan hanya dalam waktu satu menit saja, sehingga alokasi uang tidak akan tercampur dan akan lebih mudah untuk mengelolanya. Tidak hanya itu saja, masing-masing kartu memiliki limit hingga 100 juta rupiah tanpa biaya admin.

    Untuk melakukan transaksi menggunakan NEO Card cukup dengan memasukkan nama dan nomor kartu, lalu selesaikan pembayaran ke mana saja tanpa perlu memiliki kartu kredit. Bukan cuma itu, ada diskon dan cashback untuk setiap transaksi di merchant-merchant pilihan yang menjual segala kebutuhan bisnis.

  • Payment Link

    Melalui KoinWorks NEO kita dapat membuat Payment Link alias tagihan pembayaran otomatis ke kartu kredit, kartu debit, transfer bank e-wallet, dan lain sebagainya tanpa biaya admin, sekaligus pengingat bagi pembayaran yang belum lunas. Payment Link ini bisa dibagikan melalui pesan di WhatsApp, SMS, atau email. Pihak yang dikirimi tinggal mengunduh invoice-nya.

  • Send Money

    Sudah tahu belum kalau kita dapat transfer uang ke bank manapun, kapanpun secara gratis tanpa biaya admin melalui KoinWorks NEO hingga 250 juta per-transaksi. Bukti transfer pun dapat kita unduh dan bagikan sebagai bukti pembayaran. Di fitur Send Money di KoinWorks NEO ini kita juga dapat memonitor status transaksi dan membuat transaksi terjadwal sekaligus.

  • Financial Overview

    KoinWorks NEO juga dapat digunakan untuk memonitor pemasukan dan pengeluaran bisnis setiap bulannya dengan lebih terperinci. Sehingga kita dapat melacak pembayaran yang belum lunas sekaligus sebagai pengingat. Melalui fitur Financial Overview, kita juga dapat mengatur arus kas berdasarkan kategori sesuai kebutuhan, dan semua keuntungan ini bisa kita dapatkan tanpa biaya admin.

koinworks
Step by step registrasi di KoinWorks NEO

Bagi yang pelaku UMKM dan bisnis lainnya yang ingin mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan keuangan seperti di atas dapat melakukan tahapan di bawah ini:

  • Unduh aplikasi KoinWorks yang ada di PlayStore dan AppStore

  • Buka aplikasi KoinWorks yang telah diunduh, lalu daftar di akun ‘Bisnis’ KoinWorks.

  • Setelah masuk ke aplikasi, klik ikon emas NEO yang ada di beranda untuk aktivasi KoinWorks NEO.

  • Klik ‘Buka Akun NEO’ yang kemudian dilanjutkan dengan pengisian data diri dan upload KTP.

  • Setelah terverifikasi, KoinWorks NEO pun sudah dapat digunakan.

Baca juga: Berani Maju! Ini Manfaat Belajar SEO di Skill Academy

Mewujudkan Impian Bisnis Lewat KoinWorks NEO Inspire

Saat ini KoinWorks sedang mengadakan kompetisi KoinWorks NEO Inspire yang bertujuan untuk menginspirasi para pelaku UMKM dan usaha lainnya untuk mengembangkan bisnis yang dijalani sekaligus menantang kreativitas dengan menggunakan KoinWorks NEO.

Seperti yang dituturkan Grace Hong, Chief Marketing Officer KoinWorks, dengan turut serta dalam #NEOInspire para pelaku UMKM dan usaha lainnya berkesempatan untuk mengenalkan produknya ke jangkauan pasar yang lebih luas, berkesempatan mendapatkan pelatihan khusus dari mentor yang ahli di bidangnya untuk membantu mempertajam wawasan bisnis agar dapat mengembangkan usaha lebih luas lagi, dan berkesempatan berkolaborasi dengan pelaku usaha lain dari berbagai bidang.

Untuk kompetisi ini, KoinWorks menyediakan hadiah sebagai modal usaha dengan total dua miliar rupiah sebagai wujud dukungan bagi pelaku UMKM dan bisnis lainnya untuk terus berinovasi dan memperluas lahan bisnisnya. Nah semakin penasarankan? Berikut mekanisme kompetisi #NEOInspire yang dapat diikuti:

koinworks
Periode kompetisi KoinWorks NEO Inspire

Aktivasi KoinWorks NEO

Sebelum melakukan pendaftaran dalam kompetisi ini, pastikan kamu sudah melakukan registrasi KoinWorks Business dan aktivasi KoinWorks NEO. Peserta yang belum aktivasi KoinWorks NEO tidak dapat melanjutkan kompetisi.

Pendaftaran

Pendaftaran KoinWorks NEO Inspire dibagi menjadi 4 batch, 12-18 April 2022 (Batch 1), 19-25 April 2022 (Batch 2), 26 April-2 Mei 2022 (Batch 3), dan 3-9 Mei 2022 (Batch 4), jadi yang belum mendaftar jangan sampai terlewat untuk mendapatkan kesempatan langka ini.

Cara mendaftar KoinWorks NEO Inspire #UntungnyaGampang. Kita tinggal klik link KoinWorks NEO kemudian klik ‘Daftar Sekarang’ lalu isi formulir yang tersedia. Dari data yang masuk kemudian akan dicek oleh tim KoinWorks untuk selanjutnya dikirimi email konfirmasi setelah periode pendaftaran pada batch tersebut berakhir.

Ceritakan Bisnismu melalui Video

Peserta dengan data lengkap akan menerima email konfirmasi yang berisi tautan ke panduan tata cara dan ketentuan dalam membuat video singkat tentang bisnis yang dijalani. Di tahap ini, peserta harus menggunakan fitur dari KoinWorks NEO, yaitu Payment Link dan NEO card untuk berbelanja online, sebagai syarat untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Bootcamp

Dari data dan video yang masuk, KoinWorks akan memilih 20 peserta dengan cerita bisnis yang inspiratif dari setiap kategori untuk mengikuti bootcamp. Di tahap ini, peserta akan menerima pelatihan dari mentor yang ahli di bidangnya pada 17-18 Mei 2022 untuk Batch 1 dan 2, sedangkan yang masuk Batch 3 dan 4 pada 24-25 Mei 2022.

Pitching Day

Setelah mendapatkan pembekalan di bootcamp, peserta akan melaju ke Pitching Day di mana peserta akan mempresentasikan cerita bisnisnya di depan sejumlah juri pada 28-29 Mei 2022.

Awarding Night

Pada 29 mei 2022 akan diadakan Awarding Night yang menjadi tahapan akhir dari kompetisi KoinWorks NEO Inspire dan pemenang dari setiap kategori akan diumumkan.

Jadi bagi pelaku UMKM dan bisnis lainnya yang ingin mengembangkan bisnisnya jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi KoinWorks NEO Inspire dan berkesempatan mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.