Berani Maju! Ini Manfaat Belajar SEO di Skill Academy

manfaat skill academy

NININMENULIS.COMBerani maju dan ingin mengasah kemampuan tetapi masih ada pembatasan akibat pandemi? Atau ingin meningkatkan kualitas diri tetapi nggak tahu kemana harus mendapatkan pengajar yang kompeten? Kalau pertanyaan di atas ada di pikiran kamu saat ini, berarti kita sama. Meskipun memiliki pengalaman belasan tahun menulis di media cetak, namun saat dihadapkan ke media online tentu banyak yang harus aku pelajari. Kenyataannya tidak semua orang yang aktif di media online dapat kamu tanyai, tidak semua tempat pelatihan memberikan pengetahuan seperti apa yang kamu inginkan, dan tidak semua pelatihan membandrol harga yang terjangkau. Tetapi tenang saja, selama kamu berani maju, Skill Academy memenuhi kriteria semua tempat pelatihan yang kamu butuhkan. Tidak hanya itu, manfaat Skill Academy tetap bisa kamu rasakan lifetime.

Sebelumnya aku mau curhat dulu tentang perkenalan aku dengan Skill Academy. Aku mengenal Skill Academy saat terpilih dalam program kartu Prakerja gelombang empat. Di awal aku sempat tidak tahu harus berbuat apa dengan dana pelatihan yang didapat, lalu mendiamkannya dengan harapan ‘mendapat wangsit’. Tetapi setelah mendengar informasi bahwa dana pelatihan akan hangus bila tidak digunakan dalam waktu 30 hari, lekas-lekas aku memilih, di mana tempat pelatihan yang akan aku ikuti?

3 Alasan Berani Maju

Ada dua pertimbangan sebelum menentukan jenis pelatihan yang akan aku pilih, pertama pelatihan yang memberikan nilai lebih untuk profesi yang sedang aku jalani saat ini, atau pilihan kedua memilih pelatihan yang dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha sendiri. Dan aku berani maju dengan memilih yang pertama. Pelatihan pertama yang ingin aku pelajari untuk mendukung profesi content creator yakni pemahaman akan SEO (Search Engine Optimization) dan bagaimana membuat konten yang mudah terindeks oleh mesin pencari.

Berani maju dengan terus mengasah kemampuan baru dengan belajar SEO di Skill Academy

Karena memiliki pengalaman dan kemampuan menulis saja di jaman digital seperti saat ini tidaklah cukup, aku harus berani maju dengan terus meningkatkan kualitas diri dengan meningkatkan kemampuan baru agar tidak terlindas oleh jaman. Ada tiga alasan utama mengapa aku harus berani maju dengan terus meningkatkan kemampuan SEO yang dimiliki,

Pertama, karena proses belajar tidak pernah berhenti. Seperti yang dikatakan oleh John Maxwell, ‘The Greatest Enemy of Learning is Knowing’. Akan ada hal baru yang bisa dipelajari saat meningkatkan kualitas diri. Kemampuan yang aku miliki saat ini dalam memecahkan masalah belum tentu bisa digunakan untuk memecahkan masalah hal yang sama di esok hari. Dengan berpikiran terbuka bahwa masih banyak hal yang belum aku ketahui dan perlu dipelajari, akan memotivasi aku untuk terus meningkatkan kemampuan baru.

kedua, semua pelatihan yang aku ikuti akan menambah kemampuan yang sudah dimiliki. Jika kamu seorang content creator pasti pernah mendengar orang berkata, “buat apa buang waktu berpikir lama-lama dalam menulis artikel panjang-panjang, kalau orang lebih suka membaca judulnya saja?” Okay, judul memang penting untuk menarik pembaca membuka artikel kita, tetapi bagaimana membuat pembaca untuk ‘betah’ membaca hingga akhir?, atau bagaimana artikel kita tetap menjadi rujukan utama di mesin pencari?, sedangkan algoritma mesin pencari terus berubah. Kemampuan itu yang harus terus digali dan membuat aku tidak berhenti meningkatkan kemampuan diri.

Dan yang ketiga, memiliki kemampuan lain akan membuat kualitas diri menjadi lebih unggul. Ketika terus-menerus meningkatkan kemampuan, sudah tentu aku akan menjadi lebih unggul dan memiliki nilai lebih dibanding content creator lain yang tidak menambah kemampuannya. Ini sangat berguna untuk personal branding aku dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan, project, dan peluang baru di masa depan.

Mengapa Memilih Skill Academy?

Berbekal keinginan berani maju dan terus meningkatkan kemampuan diri, aku mulai mencari tempat pelatihan online yang bagus untuk diikuti. Semua tempat pelatihan yang menyediakan kelas SEO aku list satu persatu dan cari tahu materi apa saja yang diajarkan di sana. Akhirnya dengan banyak pertimbangan aku memilih mengambil kelas SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google yang ada di Skill Academy.

Mengapa mengambil kelas online di Skill Academy? Ini beberapa keunggulan yang dimiliki Skill Academy dan menjadi pertimbangan aku dalam memilih.

  • Skill Academy didukung mentor yang kompeten di bidangnya

    Salah satunya pada kelas online SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google yang aku ikut. Dalam kelas online tersebut dihadirkan Ilman Akbar, Product Manager Traveloka yang juga seorang ahli SEO dan sudah berpengalaman dalam mengoptimisasi situs web untuk bisa muncul dan bertahan di halam satu Google. Ia memiliki pengalaman beberapa tahun di dunia SEO dan sukses membuat konten di anakui.com. Ilman yang pernah menjadi Kepala SEO, sering menjadi pembicara di lokakarya mengenai optimisasi situs web. Melalui kelas ini, llman membagikan teknik-teknik yang biasa digunakan untuk mengoptimisasi situs web, baik di dunia kerja maupun untuk umum.

skill academy
Kelas SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google
  • Harga pelatihan online di Skill Academy sangat terjangkau

    Kelebihan lain yang paling utama, Skill Academy memberikan harga yang murah dan diskon untuk berbagai pelatihan. Bayangkan harga untuk pelatihan SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google yang aku ikuti hanya 272 ribu rupiah saja. Harga satu kali pelatihan di Skill Academy tidak harus menghabiskan seluruh saldo pelatihan yang aku dapat, jadi aku masih bisa membeli pelatihan lainnya, seperti kelas Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing di Skill Academy juga.

  • Skill Academy memiliki tampilan website yang nyaman dan mudah diakses

    Menu navigasinya sangat mudah digunakan dan tidak berbelit-belit, ini sangat membantu buat peserta yang tidak biasa mengakses website. Sebagai pengguna website Skill Academy, aku merasakan kemudahan, mulai dari mendaftarkan akun, proses pembelian dan memasukan kode belanja, hingga mengakses materia pelatihan.

skill academy
Tampilan website Skill Academy
  • Skill Academy dapat diakses dalam bentuk aplikasi android

    Tidak semua orang memiliki laptop atau komputer untuk nyaman membuka website, tetapi semua orang saat ini dipastikan memiliki smartphone dalam genggamannya. Dan aplikasi Skill Academy bisa unduh di playstore untuk dibuka di mana saja dan kapan saja.

  • Video materi pembelajaran memiliki kualitas HD dan dapat diakses lifetime

    Dalam menyampaikan materi pelatihannya, Skill Academy menggunakan video dengan kualitas HD. Setiap video mempunyai durasi singkat sekitar 3 – 10 menit dengan sistem microlearning, ini membuat peserta tidak mudah bosan dalam menonton. Video belajar di Skill Academy ini bisa diakses selamanya hanya dengan sekali bayar, jadi kalau lupa tinggal buka kembali

  • Skill Academy memberikan E-Certificate yang dapat diunduh

    Skill Academy juga memberikan dua sertifikat digital kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan hingga selesai, pertama sertifikat setelah mengikuti materi dan kedua, sertifikat setelah menyelesaikan exam.

skill academy
Sertifikat yang sudah aku dapat saat pelatihan di Skill Academy
  • Skill Academy memiliki layanan aftersales yang sangat membantu

    Bagi yang ingin meningkatkan kualitas diri, Skill Academy tidak hanya berhenti dengan menyediakan kelas-kelas pelatihan yang beragam. Setelah kelas selesai Skill Academy tetap memonitoring dan membantu dalam mengasah kemampuan di luar Prakerja, seperti Bimbingan Karir by Skill Academy dan Bimbingan Intensif Skill Academy.

Oiya, bagi yang belum tahu aku infoin sedikit mengenai apa itu Skill Academy ya. Skill Academy adalah unit usaha dari Ruangguru, platform pelatihan online dan offline bersertifikat terbesar di Indonesia, makanya sering disebut Skill Academy by Ruangguru. Di website dan aplikasi Skill Academy, tersedia ratusan kelas pelatihan secara daring dalam bentuk video belajar dengan topik yang beragam, seperti pengembangan diri, persiapan tes, pemasaran, teknologi & software, serta bisnis & keuangan. Hingga saat ini Skill Academy masuk ke dalam perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, dan telah diakses lebih dari 15 juta orang di Indonesia.

Manfaat Mempelajari SEO di Skill Academy

Banyak yang bertanya, dapat apa dari belajar SEO? Okay, aku kasih tahu ya, seperti yang dikatakan Ilman Akbar, SEO itu bukan proses yang instan. SEO adalah sebuah cara dan upaya untuk mengoptimalkan website yang kita kelola agar nantinya mudah dicari melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya. Salah satu parameter atau tolak ukur dari sebuah website yang sudah mudah dicari adalah, website kita berada di peringkat teratas atau halaman pertama mesin pencari saat pengguna mengetikkan sebuah Kata Kunci atau keyword. Dan dengan belajar SEO di Skill Academy, beberapa manfaat yang akan aku dapatkan yaitu:

skill academy
Dasboard pelatihan yang aku ikuti di website Skill Academy dan bisa diulang kapan saja
  • Mendatangkan traffic

    Jika menerapkan penggunaan SEO dengan tepat, maka website yang aku kelola lebih berpotensi untuk berada di halaman pertama atau peringkat pertama indeks mesin pencari. Customer atau konsumen akan menggunakan mesin pencari untuk mencari berbagai produk dan informasi melalui situs yang mereka inginkan sesuai kebutuhan masing-masing. Mereka akan mengetikan kata kunci atau keyword di mesin pencari tersebut, misalnya ‘jasa fotografi di Jakarta’.

  • Website menjadi lebih dikenal

    Menurut Ilman Akbar, “Tidak ada orang yang tiba-tiba datang ke website kamu”. Pengguna internet mempunyai kecenderungan untuk mencari apa yang mereka inginkan lewat mesin pencari. Dalam mencari, mereka akan menggunakan kata kunci atau keyword yang mereka inginkan.

  • Menjadi rujukan pembaca

    Jika ada pembaca atau pengunjung website yang sudah kepincut hatinya dengan selalu berlangganan mengunjungi website yang aku punya, maka kemungkinan peluang yang besar website aku bisa menjadi bahan rujukan oleh orang lain untuk mendapatkan informasi yang terakurat.

  • Mendapatkan keuntungan finansial

    Jika semakin banyak orang yang berkunjung ke website aku sudah tentu meningkatkan keuntungan finansial dengan banyaknya iklan dan advetorial. Ketika website mempunyai jumlah pengunjung atau visitor yang banyak, otomatis akan banyak juga orang-orang yang melihat iklan bahkan mengklik iklan digital tersebut, semakin meningkat juga penghasilan aku dari monetisasi website menggunakan SEO yang tepat.

Itu baru beberapa manfaat yang aku dapat dari mengikuti kelas SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google. Tidak berpuas diri, berani maju, dan terus meningkatkan kemampuan baru tentu akan membuat kemampuan aku sebagai content creator semakin meningkat dari hari ke hari.

So #BeraniMaju yess!

Referensi:
https://skillacademy.com

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply