Review Headset Bluetooth Wireless i7S TWS

i7S TWS

NININMENULIS.COM – Siapa yang saat beraktivitas di luar senang mendengarkan lagu menggunakan headset? Terutama buat yang senang berolahraga sembari mendengarkan musik tentu kabelnya yang sering kusut dan bikin susah sangat mengganggu kelancaran beraktivitas. Karena sering terganggu menggunakan headset kabel saat beraktivitas inilah aku membeli headset bluetooth wireless i7S TWS putih dari salah satu eCommerce di Indonesia. Nah ini review aku setelah menggunakan headset bluetooth wireless i7S TWS

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Headset Bluetooth Wireless

Meskipun menonjolkan kepraktisan pengguna, sebelum menggunakan headset wireless banyak pertimbangan sebelum memutuskan membeli, karena tetap ada kekurangan yang harus diterima saat menggunakan headset wireless. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan headset wireless yang perlu kita tahu.

harga i7S TWS
Kelebihan dan kekurangan menggunakan headset bluetooth

Kelebihan Menggunakan Headset Bluetooth Wireless

  • Praktis, mengangkat panggilan tanpa perlu menyentuh handphone sama sekali

    Dengan memanfaatkan bluetooth sebagai konektivitasnya, handphone dan headset bluetooth dapat saling terhubung sehingga kita dapat melakukan beberapa aktivitas, seperti mengangkat panggilan telepon dan mendengarkan musik tanpa perlu menggenggam handphone di tangan.

  • Headset bluetooth mampu memberikan ruang gerak yang lebih luas dibanding headset biasa yang masih menggunakan kabel

    Terutama untuk kamu yang memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi, tentunya tidak akan terganggu dengan kabel-kabel yang kerap terlilit atau tergulung. Headset bluetooth memang memiliki kemampuan terhubung dengan perangkat handphone milikmu dengan jangkauan kurang lebih 10 meter. Bahkan, bluetooth 4.0 mampu menjangkau radius hingga 100 meter.

  • Persoalan keamanan, mempermudah pengguna yang beraktivitas di luar ruangan

    Poin ini berhubungan dengan dua poin sebelumnya. Misalnya ketika kita sedang mengendarai motor atau mobil dan saat itu juga sedang menunggu panggilan telepon yang penting. Keadaan ini kerap membuat konsentrasi terbagi. Umumnya, pengendara kerap memaksakan diri untuk menyetir dengan satu tangan dan tangan yang satunya mengangkat panggilan telepon. Tentunya hal itu sangat berbahaya untuk dilakukan.

    Hal lain yang juga menjadi masalah adalah kasus penjambretan atau pencopetan handphone di tempat umum. Tentu saja jika lengah, handphone kita bisa berpindah tangan. Untuk itulah, headset bluetooth bisa kita manfaatkan untuk meminimalkan hal ini.

Kekurangan Menggunakan Headset Bluetooth Wireless

  • Membutuhkan daya, perlu memantau baterai headset dan handphone

    Headset jenis ini juga membutuhkan sumber daya. Berbeda dengan headset kabel, headset bluetooth harus di-charge terlebih dahulu agar bisa digunakan. Selain itu, baterai handphone kamu juga akan sedikit terbebani dengan hidupnya bluetooth saat terhubung dengan perangkat tersebut. Untuk itu, selain memantau daya baterai pada handphone, kita juga harus menatau daya baterai pada headset bluetooth tersebut.

  • Versi bluetooth yang berbeda, membuat headset bluetooth tidak maksimal

    Salah satu kelemahan menggunakan headset bluetooth, yaitu kesesuaian antara jenis bluetooth pada headset dan handphone. Apabila bluetooth pada headset sudah mendukung versi 4.0 terbaru, tapi bluetooth pada handphone masih versi 2.0, maka sinkronisasinya pun terbatas. Koneksi bluetooth 4.0 yang seharusnya bisa mencapai jarak hingga 100 meter akan mengikut kemampuan jangka pada bluetooth versi handphone.

  • Harga lebih mahal jika dibandingkan headset dengan kabel

    Selanjutnya yang menjadi kekurangan headset bluetooth adalah persoalan harga. Hal ini memang cukup relatif. Walaupun ada pula headset bluetooth yang tergolong murah, namun jika dibandingkan dengan harga headset kabel, tentu harganya tetap terlihat lebih mahal.

Spesifikasi i7S TWS

TWS merupakan singkatan dari True Wireless Stereo, penggunaan teknologi dari pemanfaatan pengembangan teknologi chip. Secara teknis, ini berarti bahwa smartphone terhubung ke speaker utama melalui koneksi dari speaker utama melalui koneksi bluetooth dari speaker, sehingga terjadi pemisahan nirkabel dari saluran suara kiri dan kanan bluetooth yang sebenarnya. Ketika tidak ada koneksi yang dibuat dari speaker, speaker utama kembali ke kualitas suara monofonik.

spesifikasi i7S TWS
Box dari i7S TWS dilengkapi dengan buku manual dalam bahasa mandarin dan Inggris

Box dari i7S TWS ini memiliki ukuran yang minimalis karena benar-benar menyesuaikan isinya. Untuk kesan pertama setelah melihatnya, desainnya sangat simpel, yang justru menurut aku sangat menarik karena menandakan perangkat ini mudah digunakan dan tidak ribet. Di sisi atas terlihat gambar earphone dan tulisan i7S TWS, di sisi depan ada gambar varian warna dari earphone ini, dan di sisi bawah berisi informasi spesifikasi i7S TWS.

Saat membuka box kita akan mendapatkan 1 charging case, 2 bluetooth earphone, 1 kabel USB, 1 buku manual. Charging case dari i7S TWS ini memiliki desain dan cara kerja yang mirip dengan airpod. Karena ukurannya yang kecil yang menyesuaikan earphone di dalamnya membuatnya sangat portable dan mudah dibawa ke mana-mana. Headsey bluetooth i7S TWS ini sebenarnya memiliki 5 variasi warna berbeda. Earphone-nya memiliki ukuran yang kecil dan dengan tanpa adanya kabel membuat pengguna lebih leluasa bergerak saat menggunakannya.

Kabel USB yang didapat adalah kabel USB biasa dengan panjang kabel sekitar 21 cm yang bisa digunakan untuk mengisi daya earphone. Selain itu kita juga mendapat sebuah buku manual. Buku manual ini memiliki 2 bahasa, bahasa mandarin dengan aksara mandarin dan bahasa inggris jadi kita tidak usah bingung untuk membaca buku manualnya jika tidak mengerti cara penggunaan earphone.

Cara Menggunakan i7S TWS

Untuk penggunaan dariheadset bluetooth menurut aku sebenarnya jauh lebih rumit katimbang headset dengan kabel biasa yang hanya perlu dimasukkan ke dalam earphone jack. Kita harus pastikan bahwa daya dari earphone ini sudah terisi jika tidak harus mengisi daya terlebih dahulu dengan memasukkan earphone kedalam charger case dan memasukkan charger ke dalam charging port yang ada di-charger case.

harga i7S TWS
Isi dari headset bluetooth wireless i7S TWS

Ada dua cara penggunaan earphone ini menurut yang tertulis dalam buku manual:

  1. Jika menggunakan satu earphone, tekan tombol multifungsi hingga LED berwarna merah dan biru, lalu hidupkan Bluetooth smartphone kamu dan sambungkan.

  2. Jika menggunakan kedua earphone, tekan tombol multifungsi dari kedua buah earphone bersamaan hingga LED berwarna merah dan biru, lalu tekan 2x di salah satu earphone untuk memasuki Pairing Mode akan terdengar suara jika berhasil disandingkan, lalu hidupkan bluetooth dan sambungkan.

i7S TWS memiliki jarak bluetooth maksimal adalah 12 meter. Earphone bisa digunakan mendengarkan musik selama 3-4 jam untuk single earbud mode dan 2-3 jam untuk one pair earbud mode juga bisa standby dalam 100 jam untuk single earbud mode dan 60 jam untuk one pair earbud mode jika daya penuh, untuk pengisian daya diperlukan waktu 1-2 jam.

Selama pengalaman penggunaan i7S TWS ini aku tidak menemukan masalah apapun. Semua bagian dari i7S TWS ini berfungsi sesuai mestinya.Dapat dikatakan kualitas dari i7S TWS ini sesuai dengan harganya. Tidak buruk, tapi juga tidak terlalu istimewa. Suaranya lumayan untuk earphone bluetooth dengan harga yang murah.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply