Cara Cerdas Mencari Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Pemula

asuransi kesehatan prudential

NININMENULIS.COM – Dapat dibilang kita termasuk generasi beruntung karena tinggal di masa yang semuanya serba mudah. Kemajuan teknologi sudah di genggaman tangan. Bisa diakses kapan dan dimana saja. Semua dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik, mulai dari transaksi keuangan hingga membeli asuransi kesehatan semudah belanja online. Kita pun bisa langsung merasakan manfaat asuransi kesehatan hanya dengan beberapa klik saja.

Sayangnya, kemudahan tersebut tidak diimbangi dengan pengetahuan yang baik tentang apa itu asuransi kesehatan. Banyak yang mengabaikan pentingnya memiliki asuransi, padahal semakin dini memiliki asuransi kesehatan tentu semakin baik. Mengingat tingginya biaya pengobatan rumah sakit saat ini. Tetapi memiliki asuransi kesehatan yang tepat tentu tidak mudah, terutama bagi pemula, banyak hal yang menjadi pertimbangan.

asuransi kesehatan prudential
Foto: Dok. Prudential

Berikut beberapa cara cerdas untuk pemula dalam mencari asuransi kesehatan yang tepat.

  • Cari asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan

    Sebelum memutuskan membeli asuransi kesehatan, yang wajib pemula lakukan yaitu mencari tahu jenis asuransi kesehatan seperti apa yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan asuransi kesehatan memiliki banyak jenis. Ada yang berfokus pada rawat inap saja atau ada yang mencakup seluruhnya termasuk rawat jalan, tergantung premi asuransi kesehatannya. Semakin tinggi preminya, otomatis manfaat yang bisa kita dapatkan semakin komplit.

  • Sesuaikan anggaran dengan premi yang akan dibayarkan

    Saat hendak membeli asuransi kesehatan, jangan lupa untuk disesuaikan juga dengan anggaran yang kita miliki. Asuransi kesehatan memiliki premi yang harus dibayarkan setiap bulan. Untuk itu, pastikan pos pengeluaran untuk membayar premi ini sudah tersedia setelah menyisihkan untuk kebutuhan rutin lainnya. Jangan memaksakan memiliki asuransi kesehatan dengan manfaat yang lebih banyak bila anggaran yang kita miliki tidak mencukupi.

  • Pastikan premi yang dibayarkan sesuai dengan kebutuhan

    Ubah pemikiran kalau premi yang mahal memiliki manfaat yang pas untuk kebutuhan. Tidak selalu begitu. Untuk itu, selalu pastikan premi yang kita bayarkan memiliki manfaat yang benar-benar kita butuhkan. Misalnya, jika kita hanya membutuhkan asuransi kesehatan saja, berarti tidak perlu membeli asuransi kesehatan yang dikombinasikan dengan unit link agar tidak perlu membayar premi yang lebih besar.

  • Cermati polis yang akan diterima

    Saat membeli asuransi jangan lupa teliti dalam mencermati polis yang akan kita terima. Di dalam polis tersebut memuat segala aturan syarat dan ketentuan dalam layanan asuransi kesehatan yang kita beli. Misalkan soal plafon alias nilai guna asuransi, maksudnya adalah kita hanya bisa menikmati manfaat asuransi kesehatan selama di bawah plafon.

  • Cari asuransi kesehatan yang memiliki rekanan rumah sakit yang banyak

    Ini kriteria terpenting yang patut diperhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan. Pastikan asuransi kesehatan yang kita beli memiliki rekanan rumah sakit yang banyak. Hal ini untuk memudahkan kita menggunakan layanan asuransi saat mengunjungi rumah sakit yang terdekat.

  • Riset dan bandingkan, jangan sungkan bertanya kepada yang berpengalaman

    Jangan malas untuk mengumpulkan semua informasi mengenai produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, untuk dibandingkan satu persatu. Sebagai pemula, kita pun tidak perlu malu bertanya ke ahlinya atau orang-orang terdekat yang telah berpengalaman dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat. Dari banyak pendapat itu, kita tinggal menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

  • Kredibilitas perusahaan yang mengeluarkan asuransi kesehatan

    Agar tidak salah dalam membeli, pastikan asuransi kesehatan yang kita pilih dikeluarkan oleh perusahaan asuransi yang sudah ternama dan memiliki rekam jejak yang baik dalam melayani nasabah asuransinya, seperti Prudential Indonesia. Sebagai pemimpin pasar untuk produk yang dikaitkan dengan investasi, Prudential Indonesia telah berpengalaman sejak lebih dari 20 tahun lalu.

Lebih Dekat dengan Prudential Indonesia

Prudential Indonesia atau PT Prudential Life Assurance didirikan pada 1995, merupakan bagian dari Prudential plc, grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset. Dalam mengembangkan usahanya, Prudential Indonesia telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Agar semakin banyak orang terlindungi dengan asuransi, hingga 31 Desember 2022, Prudential Indonesia telah memiliki kantor pusat di Jakarta dengan enam kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam. Prudential Indonesia juga memiliki 356 kantor pemasaran mandiri (KPM) dan didukung lebih dari 150 ribu tenaga pemasar berlisensi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wujud komitmen dalam melindungi kebahagiaan dan mimpi keluarga Indonesia, Prudential Indonesia memiliki produk asuransi yang inovatif yaitu PRUSolusi Sehat Plus Pro. Produk inovatif terbaru yang memiliki banyak keunggulan seperti fleksibilitas dalam menentukan wilayah pertanggungan, pilihan kamar, dan batas harga kamar sesuai plan yang dipilih.

Asuransi Kesehatan PRUSolusi Sehat Plus Pro

asuransi kesehatan prudential
Foto: Dok. Prudential

Demi kesehatan, kita tentu menginginkan perawatan kesehatan yang memiliki fasilitas kesehatan lengkap dengan tenaga medis handal. Untuk hal itulah Prudential Indonesia menghadirkan PRUSolusi Sehat Plus Pro, sebuah produk asuransi kesehatan diri yang memberikan perlindungan tidak hanya di Indonesia, tapi juga memiliki jangkauan internasional sesuai standar pelayanan Prudential Indonesia yang sudah melindungi jutaan nasabahnya.

PRUSolusi Sehat Plus Pro merupakan asuransi kesehatan dasar untuk masyarakat yang memiliki banyak keunggulan sesuai plan yang kita pilih dari pra perawatan inap, perawatan inap hingga perawatan lanjutan pasca rawat inap. seperti:

  • Fleksibel dalam menentukan wilayah pertanggungan, pilihan kamar, dan batas harga kamar.

  • Akan mendapatkan manfaat hingga 70 miliar, termasuk PRUSolusi Sehat Limit Booster.

  • Memiliki pilihan perlindungan yang terjangkau.

  • Manfaat biaya bedah rekonstruksi seluruh tubuh yang diakibatkan kecelakaan atau kanker.

  • Memiliki perawatan Paliatif yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup tertanggung berdasarkan rekomendasi dari dokter yang merawat, termasuk rawat jalan dan rawat inap.

  • Memiliki manfaat perawatan tradisional rawat jalan termasuk obat-obatan herbal yang direkomendasikan oleh dokter yang merawat sebelumnya.

  • Perawatan psikiatri dan psikologis atas rekomendasi tertulis dari dokter yang merawat tertanggung pada saat rawat inap.

  • Memiliki manfaat telehealth di Indonesia dan telehealth untuk perawatan kanker di Malaysia dan Singapura yang masuk dalam rumah sakit rekanan Prudential Indonesia.

  • Fasilitas peningkatan manfaat tahunan sebesar 10% berupa No-Claim Bonus setiap tahun dengan maksimal 50% dari batas manfaat tahunan awal.

Inovasi menjadi salah satu pondasi bagi Prudential Indonesia dalam mendengarkan, memahami, dan mewujudkan solusi perlindungan jiwa, kesehatan, dan finansial untuk banyak kebutuhan keluarga Indonesia. Oleh karena itu, PRUSolusi Sehat Plus Pro memberikan manfaat untuk mendampingi kita di setiap journey perawatan kesehatan sesuai dengan rekomendasi dari dokter yang merawat.

asuransi kesehatan prudential
Foto: Dok. Prudential

Guna melindungi mimpi yang telah dibangun seluruh anggota keluarga dari bermacam risiko tidak terduga, PRUSolusi Sehat Plus Pro memberikan perlindungan kepada tertanggung sejak usia memasuki 30 hari hingga 75 tahun. PRUSolusi Sehat Plus Pro juga menawarkan perlindungan komprehensif melalui PRUSolusi Sehat Saver, PRUSolusi Sehat Limit Booster, No-Claim Bonus, pembayaran klaim di luar wilayah pertanggungan, manfaat santunan harian rawat inap, dan program khusus dari PRUMedical Network (PMN) yaitu free room upgrade berupa satu kelas kamar tanpa batasan hari.

Dengan semua manfaat perlindungan asuransi kesehatan dari Prudential Indonesia melalui PRUSolusi Sehat Plus Pro, pemula tidak akan kesulitan menemukan plan asuransi yang sesuai. Semua dapat direncanakan dan diatur sesuai kebutuhan untuk hidup lebih nyaman.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

17 thoughts

  1. Dulu ibuku juga pake prudential tapi belum ada PRUSolusi Sehat Pro ini, kayaknya jadi penawaran yang oke karena bisa cover dari pra sampe pasca perawatan, udah gitu bisa pilih kamar dan upgrade yaah

  2. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkan informasi seputar asuransi kesehatan. Saya pribadi saat ini sudah merasa cukup terdaftar dalam program bpjs.

  3. Setelah sedikit melek terkait finansial, aku juga mulai mempelajari pentingnya asuransi. Ya namanya buat jaga-jaga tidak ada salahnya kan. Btw, tengkyu tipsnya kak!

  4. Bapakku dlu pake Prudential, eh pas mw claim. ternyata ada oknum yang udah ngeclaim dlua atas nama orang lain. ya lumayan lah uang 23 juta.. tp hangus. si oknum dari pihak prudential gk bisa berbuat banyak. dan tidak bisa bertanggung jawab. Orang yang ngeclaim gk tau keberadaannya. Padahal oknum tersebut adalah istrinya pejabat di lembaga keagamaan. ah ribet banget.

  5. Memang harus jeli dan hati hati dalam memilih asuransi ya. Pastikan kita memilih sesuai dengan yang kita butuhkan. Artikel yang bagus dan informatif untuk yang sedang mencari asuransi.

  6. Asuransi kesehatan emang jadi hal penting saat ini karena kita ngga tahu kapan bisa terserang penyakit. Emang perlu mencari asuransi kesehatan yang emang kita butuhkan dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan supaya lancar pembayarannya

  7. Setelah memutuskan mengambil suatu produk asuransi, saya sampai sempat training jadi agen asuransinya juga. Edukasi terhadap suatu produk asuransi kesehatan agar kita paham apa yang sudah kita beli. Prudential termasuk perusahaan asuransi yang sudah beroperasi bertahun-tahun, dan banyak mengeluarkan produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan calon nasabahnya. Terima kasih atas tips dan rekomendasi produk asuransinya !

  8. Memang perlu cara cerdas saat mencari asuransi kesehatan yang tepat. Seperti salah satunya PRUSolusi Sehat Plus Pro, produk inovatif terbaru yang memiliki banyak keunggulan sesuai plan yang dipilih, yang bisa jadi pilihan kita

Leave a Reply