Kemenperin Luncurkan IID Awards Untuk Mendorong Industri Kreatif

Kementerian Perindustrian terus memacu industry kecil dan menengah (IKM) untuk menerapkan standar produk untuk bersaing di pasar global. Untuk itulah melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah bekerjasama dengan ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia), HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia), dan AIDIA menyelenggarakan kegiatan Indonesia Industrial Design Award 2019 (IID Awards).

IID Awards

Suasana Kick Off IID Awards & Designer Gathering Selasa lalu

 

Pada Selasa, 18 Desember 2018 lalu memasuki tahap awal dari rangkaian IID Awards; Kick Off IID Awards & Designer Gathering. Mengambil tempat di Dia.Lo.Gue Kemang Jakarta Selatan hadir Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih yang mengatakan program ini merupakan penghargaan tertinggi untuk produk, desainer dan perusahaan atau industri yang berkontribusi dalam proses membangun dan menghasilkan produk industri berkualitas.

Dalam proses penyelenggaraannya, setelah kick off IID Awards akan disosialisasikan hingga Juli 2019, tahap pra seleksi di bulan Juli dan seleksi tahap 1 di bulan Agustus serta seleksi tahap 2 di bulan September. Terakhir akan ada penganugerahan di bulan Oktober 2019 yang dilanjutkan dengan roadshow hingga Desember 2019.

IID Awards nantinya akan ada penghargaan yang akan diberikan untuk produk baru maksimun diproduksi 3 tahun sebelumnya dengan melalui proses penjurian yang terdiri dari IID Good Design, IID Best 20, IID Best 3, dan IID Grand Award dengan beberapa kategori seperti Aplikasi & Permainan, Produk Elektronika & Peralatan Rumah Tangga, Transportasi & Aksesori Otomotif, Materi Promosi dan Identitas Visual Produk, Produk Mainan Kreatif & Alat Peraga Pendidikan, Produk Industri Kerajinan, Alas Kaki & Apparel, Perhiasan dan Aksesori Fashion, Furniture & Home Décor, Perlengkapan Kantor dan terakhir Hobby & Leissures.

IID Awards
Luthfi Hasan, desainer produk yang juga sebagai moderator acara bersama tamu yang hadir

Selain itu masih ada penghargaan IID Mark yang diperuntukan untuk produk yang memiliki nilai heritage dan berkualitas di pasar, serta penghargaan IID Lifetime Achievement untuk diberikan kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industry di Indonesia baik dalam kebijakan, pengembangan produk, dan pendidikan. “IID Awards diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan namun sebuah pergerakan untuk meningkatkan citra prositif bangsa melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas yang baik,” tutup Gati.

Advertisements

Leave a Reply