Kembang Telang: Dulu Diketawain, Sekarang Dicari-cari

NININMENULIS.COM – Sekarang siapa yang tidak mengenal bunga cantik berwarna biru ini. Setiap kuntum bunganya saat ini banyak dijadikan campuran dari makanan dan minuman, sebagai pewarna biru atau sebagai produk herbal yang banyak memberi manfaat untuk kesehatan. Maraknya Kembang Telang sebagai campuran makanan dan minuman saat ini sebenarnya membuat saya kembali ke masa kecil saat Kembang Telang belum seterkenal sekarang.

Baca Juga: Morning Glory, Si Bunga Sesaat

Bunga Telang
Kembang Telang di Perkatangan Rumah

Pohon Kembang Telang sendiri merambat dengan bunganya yang berwarna biru. Cantik sih, tapi bentuknya itu loh yang mirip (maaf) clitoris kerap jadi bahan bercandaan bahkan saya sempat malu memiliki Kembang Telang di perkarangan rumah. “Ma, dibuang saja pohonnya,” ucap Ninin kecil. Karena bentuknya itulah wajar jika Kembang Telang memiliki nama ilmiah Clitoria Ternatea yang masuk dalam jenis polong-polongan dan berasal dari Asia. Untung saja Mama tidak menuruti permintaan saya saat kecil untuk membuang Kembang Telang, “Eh ini banyak manfaatnya loh Nin,” begitu Mama berkata. Dan baru kini semua perkataan Mama terbukti kebenarannya, Kembang Telang memiliki banyak manfaat dan kegunaan selain sebagai campuran makanan dan minuman. Berikut 5 manfaat Kembang Telang bagi kesehatan.

Baca Juga: Tajam dan Gatalnya JIka Duduk di Kursi Mertua.

Untuk mengobati gangguan penglihatan

Ini manfaat Kembang Telang yang saya rasakan sendiri. Saat mata merah atau sakit mata, rendam beberapa kuntum Kembang Telang ke dalam segelas air hingga air berubah menjadi bitu. Lalu gunakan air rendaman tersebut sebagai obat pencuci mata.

Mengobati sakit telinga

Untuk sakit telinga, gunakan perasan daun Kembang Telang yang telah dicampur garam, lalu oleskan ke telinga. Lakukan secara rutin hingga sakit menghilang.

Menghilangkan bisul atau abses

Sebagai obat bisul atau abses, kuntum bunga telang ditumbuk bersama gula jawa yang kemudian balurkan pada bisul. Lakukan hingga bisul kempes dan sembuh.

Untuk Membersihkan darah

Kita semua tahu, darah kotor dapat memicu berbagai macam penyakit. Untuk mengatasinya rebus akar Kembang Telang dan minum secara rutin.

Mengobati bronchitis dan gangguan tenggorokan

Selain untuk membersihkan darah, rebusan akar Kembang Telang juga dapat mengobati bronchitis. Untuk mengobati gangguan tenggorokan, rebusan akar Kembang Telang dikumur-kumur hingga sakit hilang. Selamat mencoba.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

3 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.