The Garden – Makan di Antara Bunga-bunga

 

This slideshow requires JavaScript.

NININMENULIS.COM – Ini bukan sebuah theme park yang saat ini banyak dijumpai. Ini sebuah restoran yang oleh sang desainer Leo Einstein Franciscus dari Einstein & Associates dikonsepkan seperti taman tropis yang rimbun dengan berbagai bunga yang berwarna-warni. Konsep taman ini dipakai Einstein untuk memberikan ilusi optik dan kesan berbeda terhadap restoran yang berada di salah satu ruko di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Dengan konsep yang berbeda dipastikan banyak pengunjung yang datang ke sini dan merasa seperti sedang makan di tengah-tengah taman. Bagi Anda yang gemar posting di media sosial, setiap sudut di restoran ini menarik untuk difoto.

NininMenulis, Healthy-Living-Lifestyle

The Garden, nama restoran ini, sesuai dengan konsep taman yang dihadirkan. Arsitektur, interior, dan lansekap The Garden seakan digabung menjadi satu dalam ‘wadah’ di mana pengunjung yang datang akan merasakan suasana alami dari semua material alami dan unsur tanaman yang dihadirkan. Dari bangunannya kita akan teringat akan green house yang berada di tengah taman dan berisikan banyak bunga di dalamnya. Untuk ruang dalam dibuat terbuka tanpa sekat, menghilangkan batas antara indoor dan outdoor.

Baca juga: Menikmati Jepang Tradisional di Zhuma

The Garden Pantai Indah Kapuk (PIK)

Restoran yang memiliki luas 526 m2 ini dibagi menjadi tujuh ruang utama yakni pintu kasuk koridor foyer, tempat makan utama, bar area, tempat makan void, tempat makan taman, tempat makan rahasia yang posisinya di basement restoran, dan tempat makan mezzanine. Langkah pertama memasuki restoran, kita diajak berjalan melalui taman koridor tropis yang subur, membangkitkan indera dengan keindahan yang indah dan bau alam dengan beberapa peralatan berkebun. Sesampainya di lobi restoran, kita dapat melihat dua area utama restoran, area makan utama, dan bar. Bahan-bahan alami seperti batu bata, kayu, batu alam, dan ubin terakota, semuanya menyatu menjadi satu elemen desain utama yang menjadikan suasana terasa hangat dan nyaman untuk pengalaman bersantap. Di tengah-tengah restoran ada ruang makan kosong ke taman rahasia bawah tanah yang merupakan titik pusat restoran. Kekosongan ini memiliki satu sudut taman makan sebagai transisi dari lantai pertama ke taman rahasia bawah tanah. Area taman rahasia bawah tanah adalah bar dan lounge tersembunyi dengan konsep taman bunker bawah tanah.

Baca juga: La Dolce Vita Bottega Ristorante Dirty Laundry

The Garden Pantai Indah Kapuk (PIK)

Garden dining terletak di halaman belakang ruang makan utama. Pengaturan tata letak keseluruhan area makan taman lebih kotak dan geometris, dengan meja bar komunal yang panjang, sofa di teras, dan konsep makan bangku taman di tengah taman yang rimbun, taman makan yang terletak di sisi belakang restoran, Di kelilingi taman tropis di bawah ini, aksen bunga furnitur warna-warni, ubin terakota, dan lantai batu kobalt, dinding bata di seluruh dinding utama dan struktur atap gudang dengan lampu langit-langit untuk cahaya alami. Tak ketinggalan, taman berbunga subur dan tanaman, orang akan benar-benar merasa seperti berada di taman tropis yang subur.

NininMenulis, Healthy-Living-Lifestyle

Mezzanine yang terletak di lantai dua secara signifikan lebih kecil dari lantai pertama, terutama karena adanya kekosongan besar yang menghadap ke ruang makan lantai pertama. Ruang makan lantai dua tidak memiliki batas yang memisahkan pandangan ke lantai pertama, membuat orang-orang di dalamnya merasa lebih dekat dengan alam. Ada dinding yang didominasi oleh dinding bata, dan memiliki kayu daur ulang hijau sebagai aksen. Ada juga elemen netral di langit-langit, langit-langit kayu daur ulang mentah untuk menjaga keseimbangan seluruh restoran. Selain ruang makan, mezzanine juga memiliki sudut sofa lounge dan pengaturan tempat duduk ruang makan mezzanine lebih komunal, sedangkan area lantai pertama lebih bebas dan santai. Ayook siapa yang sudah ke sini? Yang belum, buruan! Harus dicoba sensasi makan seperti di tengah taman bunga di restoran yang baru dibuka November 2018 lalu ini.

The Garden – Rukan Garden House blok B no 28. Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Morning Person | Architecture Graduate | Former Journalist | Healthy Lifestyle | Coffee Addict

8 thoughts

  1. Adem lihatnyaaa, kayaknya nyaman kalo makan dan nongkrong lama di sini yaa. Bener-bener kayak di taman, dikelilingi bunga. Harus ke sana nih, kalau sempat ke Jakarta!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.