4 Tips Memilih Water Heater Di Musim Hujan

NININMENULIS.COM – Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Bagi saya yang tinggal di Kota Hujan, Bogor, saat hujan berarti saatnya mencari yang hangat-hangat seperti baso, soto, cireng panas, eh hahaha…. Bukan deng. Mencari alat yang dapat membuat hangat untuk mandi. Jadi saya tidak bisa beralasan dingin lagi untuk tidak mandi. Konon mandi dengan air hangat juga baik untuk kesehatan, bahkan beberapa penyakit dipercaya dapat berangsur sembuh dengan rutin mandi air hangat. Namun tentu capek dong kalau setiap mandi harus merebusnya di kompor. Jika sehari mandi 2 kali dan dalam satu keluarga (anggap) ada 4 orang berarti setiap hari harus bolak-balik merebus air sebanyak 8 kali, dan sebulan 320 kali. Wow, bagaimana setahun. Repot bener.

Baca juga: Koleksi Terbaru Ethnicraft Furniture 2019-2020

tips memilih

Tidak hanya saat musim hujan, mobilitas tinggi dengan sederetan pekerjaan banyak, terkadang membuat kita butuh sensasi mandi air sangat supaya mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran. Tak hanya itu, mandi air hangat juga melencarkan peredaran darah dan menyehatkan jantung. Seiring perkembangan zaman, memanaskan air dengan kompor sudah sangat konvensional dan tidak praktis, sehingga pemanas air atau water heater kini menjadi favorit untuk masyarakat modern yang bergaya hidup lebih praktis. Namun sayangnya seringkali para pengguna water heater menghadapi masalah dan kebingungan saat ingin membelinya. Biar tidak salah, berikut tips memilih water heater yang dapat saya bagikan:

Baca juga: 5 Tips Hidup Sehat ala NininMenulis

Pilih Sesuai Kapasitas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jumlah orang yang bakal menggunakan pemanas air di rumah Anda. Untuk tangki berkapasitas 15 liter sebaiknya digunakan 2-3 orang, kapasitas 30 liter untuk 3-4 orang, dan 100 liter sebaiknya digunakan 5-7 orang. Saat membeli tanyakan kapasitas ini kepada penjual agar tidak salah dalam memilih kapasitas yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Pastikan Daya Listriknya 

Setelah itu, kita harus tahu kondisi daya listrik di rumah, apakah cukup memadai untuk penggunaan water heater. Pilihlah merek yang menghadirkan produk yang hemat listrik, jika tidak hemat energy tinggalkan saja dan jangan dibeli, karena berarti merek tersebut tidak untuk kapasitas perumahan. Sebagai perbandingan untuk kapasitas 15, 20, dan 30 liter tersedia dengan pilihan daya listrik 350 watt, sehingga bisa memenuhi kebutuhan mandi air hangat bagi keluarga kecil.

Baca juga: 5 Waktu yang Disarankan Minum Air Putih

water heater

Cek Pipa Instalasi

Penggunaan water heater membutuhkan dua instalasi pipa (pipa air panas & pipa air dingin). oleh karena itu, jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu instalasi pipa di rumah, apakah membutuhkan penambahan atau sudah memenuhi syarat pemasangan pemanas air. Jangan lupa juga untuk memperhatikan peletakan water heater, terutama jika diletakkan di dalam kamar mandi. Disarankan dekat dengan shower sehingga pipa air panas bekerja maksimal. Saat ini banyak desain water heater yang memiliki desain  super stylish sehingga dapat digunakan sebagai aksesori interior dan menambah estetika kamar mandi.

Perawatan Berkala

Poin terakhir ini penting agar water heater yang dibeli bisa awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Saat membeli produk elektronik semua pasti inginnya awet dan tidak rusak namun bagaimana bila sedang apes? Untuk itu selain memilih produk yang ekonnomis jangan lupa untuk memastikan water heater yang dibeli mudah dalam perawatan dan mendapatkan komponennya. Jika perlu cari merek yang menyediakan service center yang baik. Saran saya lakukan pergantian atau cek komponen maksimal 2 tahun sekali untuk mencegah karat dan kebocoran.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.