Merasakan Moda Transportasi Terpadu di Stasiun MRT Dukuh Atas

NININMENULIS.COM – Moda transportasi terpadu. Jika saya mendengar kalimat ini lima atau sepuluh tahun yang lalu mungkin saya akan berkata, “gak mungkin ada di Jakarta,” bahkan saat para developer menggadang-gadangkan moda transportasi terpadu, saya masih mengernyitkan alis. Pesimis? Mungkin, karena pengalaman selama di Jakarta cukup memberikan banyak pembelajaran.

buswah dukuh atas
Busway jurusan Dukuh Atas-Tanah Abang

Pengalaman uji coba MRT Jakarta kemarin telah membuka mata saya kalau salah satu sudut Ibukota bisa keren juga loh. Terserah deh dibilang norak sama para pekerja kantoran yang ada di sekitarnya tetapi jujur, saya surprise banget saat mengunjungi Stasiun MRT Dukuh Atas.

Baca jugaSaat NininMenulis Uji Coba MRT Jakarta

Stasiun MRT Dukuh Atas merupakan salah satu stasiun MRT di koridor Utara-Selatan yang melayani rute Lebak Bulus-Bundaran HI yang berada di kawasan Kebon Melati, Tanah Abang Jakarta Pusat. “Lurus saja, mentok, keluar di pintu depan Alfamart lalu belok kiri. Setelah underpass kelihatan stasiunnya,” begitu kata security Stasiun Commuterline Sudirman saat saya bertanya arah ke hatimu eh Stasiun MRT Dukuh Atas.

Tidak sampai berkeringat jalan kaki menuju Stasiun MRT dari Stasiun Sudirman, saya spontan takjub. Selepas underpass menoleh ke kanan, saya melihat Stasiun MRT Dukuh Atas, melihat lurus ke arah kiri menuju Stasiun Kereta Bandara BNI. Keren! Begitu gumam saya saat itu.

Baca jugaThe Deconstructed of Roti John @Kedai Kembang

Tidak langsung turun ke bawah dari pintu stasiun MRT, saya malah mengelilingi area seputar Stasiun MRT Dukuh Atas. Wow rasa takjub saya semakin menjadi-jadi saat melihat stasiun ini terhubung dengan moda transportasi lainnya seperti busway Dukuh Atas-Tanah Abang dan drop off ojek online (gak perlu jalan jauh seperti di stasiun commuterline). Ooo…ini ternyata yang namanya moda transportasi terpadu. Yeayy akhirnya Jakarta bisa dan saya bangga banget loh.

Moda transportasi terpadu ini dihubungkan oleh area publik yang nyaman, rapi, bersih, dan tertata sekali. Saya dapat menemukan spot-spot duduk di antara tanaman berbunga yang menyegarkan mata. Area publik yang menghubungkan semua moda transportasi ini dilengkapi dengan tangga dan ramp ber-railing bagi penyandang disabilitas. Untuk perkerasan atau lantai di area publik juga dilengkapi dengan jalur kuning. Satu lagi fasilitas yang disediakan bagi kaum prioritas yakni kehadiran lift bagi para orang tua, penyandang disabilitas, dan Ibu hamil untuk menuju ke dalam stasiun MRT.

Pokoknya berada di sini meskipun tidak punya rencana berpergian sudah cukup menyenangkan, menikmati area publik yang nyaman di antara view gedung bertingkat Ibukota. Tertarik mencoba?

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

One thought

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.