Tips Pindahan Rumah Tanpa Lelah

pindahan rumah
NININMENULIS.COM – Ada yang berencana pindahan rumah dalam waktu dekat? Saat pindahan rumah biasanya belum-belum sudah merasa melas karena membayangkan akan ribet dan melelahkan. Berikut tips pindahan rumah tanpa lelah yang saya bagikan dari pengalaman pindahan rumah dari Jakarta ke Bogor setahun yang lalu.

  • Pindahan itu menyenangkan

    Tanamkan dalam diri bahwa pindahan itu menyenangkan. Kita akan meninggalkan hal yang lama dan memulai hal baru yang tentunya akan lebih menyenangkan.

  • Lakukan dengan tenang dan tidak terburu-buru

    Kerjakan setiap proses pindahan rumah dengan tenang dan tidak terburu-buru untuk menghindari ada yang terlewat. Ketenangan adalah kunci kelancaran untuk membuat kegiatan tersebut menjadi menyenangkan.

  • Pilah-pilah barang sebelum pengepakan

    Inilah saatnya untuk memilah-milah barang yang selama ini tertumpuk dan tidak terpakai. Barang-barang yang masih bagus namun sudah tidak dipergunakan sebaiknya disisihkan untuk disumbangkan atau diberikan kepada yang membutuhkan.

Baca juga: Alfatrex Berbagi Pengalaman Kirim Paket Cara Baru

  • Pisahkan barang sesuai kategori

    Untuk mempermudahkan saat membongkarnya kembali, pisahkan dan masukan barang sesuai kategori lalu beri tulisan besar-besar atau tanda untuk masing-masing kategori. Untuk barang pecah belah, jangan lupa bungkus satu persatu dengan buble wrapping atau kertas koran sebelum di masukan dalam kardus. Jangan lupa beri warning barang pecah belah biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat pindahan rumah.

  • Siapkan koper khusus

    Koper dikhususkan untuk menyimpan barang-barang penting seperti surat berharga dan perabotan yang kecil dan membutuhkan keamanan yang tinggi seperti perlengkapan elektronik seperti charger dan lain sebagainya.

  • Perbarui alamat korespondensi

    Karena nantinya alamat rumah tinggal akan berubah, perbaruhi semua alamat korespondensi sedini mungkin, mulai dari teman dan kerabat, kolega kerja, bank, asuransi, dan lainnya.

  • Selesaikan semua urusan di tempat tinggal lama

    Selesaikan semua urusan di rmah lama seperti bayar semua tagihan yang terkait dengan rumah lama seperti tagihan kebersihan, sampah, dan lain sebagainya. Jangan lupa hancurkan semua dokumen yang sudah tidak digunakan dapat dibakar lalu pastikan rumah dalam kondisi bersih.

  • Persiapan di tempat tinggal baru

    Pastikan rumah tinggal baru siap untuk ditinggali dan menampung semua barang dari rumah tinggal lama yang akan dibawa. Pastikan tempat tinggal baru dalam kondisi bersih dan tidak ada bagian rumah yang rusak. Setelah semua barang terangkut, pastikan setiap kategori barang dari rumah lama telah menempati masing-masing ruangnya untuk mempermudah saat membongkarnya.

Nah demikian tips pindahan rumah yang saya bagikan berdasarkan pengalaman saya saat pindahan setahun yang lalu. FYI untuk pilah barang dan packing barang saya hanya melakukannya berdua loh, saat proses pindah rumah saya baru dibantu oleh teman. Selamat menempati tempat tinggal baru ya!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.