Cara Membuat Kaastengels Ala NininMenulis

NININMENULIS.COM – Lebaran memang sudah berlalu, tetapi tidak ada salah salahnya bila sekarang saya share resep kaastengels. Kaastengels ini adalah kue kering pertama yang sukses saya buat saat masih SMP. Resepnya kala itu saya dapat dari salah satu majalah remaja ibukota. Sukses membuat kaastengels sekali membuat saya semakin rajin untuk membuatnya sendiri setiap tahun atau setiap ada kesempatan.

Tetapi sayangnya, saya selalu menghilangkan resep yang sudah dibuat. Alhasil setiap membuat kaastengels, rasa yang didapat tidak pernah sama karena ada beberapa bahan yang berbeda takaran. Meskipun tetap enak, namun saya selalu mencari takaran yang pas seperti yang pernah saya buat pertama kali. Tidak mau kehilangan resep kasstengels untuk kesekian kalinya, jadi kali ini saya ‘abadikan’ resepnya di blog saja ya.

Sebelum saya tulis resep dan cara membuat kaastengels renyah dan keju banget yang saya buat, kita cari tahu dulu yuks asal mula kaastengels di Indonesia hingga kehadirannya selalu di nanti setiap hari raya.

Baca juga: Skippy Choconut Pudding Ala NininMenulis

Kaastengels adalah kue kering yang proses pembuatannya dipanggang di oven. Kaastengels merupakan jenis kue kering yang banyak di jual di toko-toko roti, apalagi menjelang acara spesial libur keagamaan seperti lebaran, natal, imlek dsb. Bentuknya dan ukuranya kecil saja hanya sebesar jari kita atau sekitar 5 centimeter.

Cara pembuatanya Adonannya mirip dengan salah satu kue populer lain yaitu adonan nastar. Bedanya adalah adonan kue kastengel dalam prosesnya menggunakan keju dan memang akan lebih enak jika kita menambahkan dan menggunakan keju tua atau keju ayam.

Kaastengels ini asli dari Belanda. Rahasia dari rasa resep kastengel yang bervariasi adalah keju yang digunakan untuk membuatnya. Variasi keju yang digunakan tergantung selera, bisa menggunakan keju cheddar, keju edam, atau keju guda. Jika dirunut sejarahnya maka asal usul dari kue yang identik dengan taburan keju ini yang bila diartikan namanya berarti batangan keju ini tidak sependek seperti yang kita kenal tapi panjangnya mencapai sekitar 30 centimeter. Di Indonesia, ukuran kue dimodifikasi, lantaran oven yang ada tidak terlalu besar, maka kue dipotong kecil-kecil disesuaikan dengan oven di sini. Sedangkan untuk rasanya, tidak berubah, sama seperti kaastengels aslinya dari Belanda.

Baca juga: Resep Opor Ayam Kuning Anti Gagal

cara membuat kaastengels

Bahan-bahan Kaastengels:

400 gr tepung terigu
2 butir kuning telur
2 sdm tepung maizena
2 sdm susu bubuk
200 gr keju edam
250 gr roombutter
50 gr margarin
Untuk olesan, kuning telur dan keju cheddar

Cara membuat kaastengels:

Masukan dan aduk kuning telur, margarin, butter dengan menggunakan wisk. Setelah tercampur masukan keju edam, susu bubuk, dan tepung maizena. Bila sudah tercampur rata, terakhir masukan tepung terigu hingga adonan tidak lengket dan dapat dibentuk.

Setelah itu ambil sedikit adonan dan cetak di atas loyang yang telah diolesi mentega dan tepung terigu biar tidak lengket saat di oven. Cetak sepanjang ibu jari lalu beri olesan kuning telur dan beri taburan keju cheddar di atasnya. Kaastengels pun siap untuk dipanggang. Setelah matang keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum ditata dalam toples. Mudahkan cara membuat kaastengels nya? Anti gagal dan dijamin endolita. Happy cooking!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.