Menuju Generasi Sehat Fisik dan Sehat Finansial

sehat fisik dan sehat finansial

NININMENULIS.COM – Ada ucapan menarik yang dilontarkan oleh Ibnu Jamil di acara Sehat Fisik dan Sehat Finansial yang diselenggarakan oleh Sun Life Indonesia, Kamis (11/7) lalu di BLOCK71 Ariobimo Sentral Kuningan Jakarta Selatan. “Tidak ada istilah tidak ada waktu untuk berolahraga, tetapi memang harus luangkan waktu untuk berolahraga,” begitu tegas Ibnu Jamil yang membuat saya tersenyum dan teringat kembali ke momen sekitar 5-10 tahun lalu, saat saya ‘tidak ada waktu untuk berolahraga’.

Alasan Mulai Hidup Sehat

Jika menengok kembali ke sosok Ninin sekitar 5-10 tahun lalu, saya hanyalah orang berbobot tubuh 89 kg yang kegiatannya hanya diisi dengan kerja, makan, dan tidur. Alih-alih mencanangkan pola hidup sehat dan berolahraga, saya justru mencari kost-kost an yang dekat dengan kantor agar tidak repot berjalan kaki. Akibatnya beberapa penyakit mulai sering menghinggapi saya. Salah satunya yang paling mengganggu yakni nyeri lutut, gangguan pernafasan, dan gangguan pencernaan sebagai akibat pola makan yang tidak sehat seperti makanan instan, berlemak, goreng-gorengan, dan lain sebagainya.

Jika sudah demikian, setiap bulannya saya harus menyisihkan anggaran khusus untuk mengobati semua penyakit yang menggangu, belum lagi biaya konsultasi dokter gizi yang ternyata tidak kunjung membuat kondisi fisik membaik namun justru membuat kondisi kantong menipis. Ternyata biaya untuk pengobatan semua itu tidak murah, percayalah, ini sungguhan! Dan asuransi kesehatan yang dijaminkan ke saya oleh kantor pun tidak mengcover konsultasi gizi dan semua obat-obatan yang saya butuhkan.

Itulah yang menjadi alasan mulai hidup sehat adalah jalan yang harus saya pilih. Rajin berolahraga dengan olahraga yang saya sukai juga mengatur pola makan sehat dengan memperbanyak mengosumsi sayur dan buah telah menjadi aktivitas saya sehari-hari saat ini. Efeknya badan menjadi lebih sehat dan bonusnya bobot tubuh turun dengan sendirinya tanpa obat-obatan dan dana yang saya keluarkan untuk biaya pengobatan dahulu, kini dapat saya gunakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat. Pola hidup sehat yang saya jalani ini memang bukan jalan yang mudah tetapi jika sudah dijalani akan membuat kehidupan menjadi lebih baik lagi.

live healthier lives
Suasana talkshow Sehat Fisik dan Sehat Finansial

Baca juga: Cegah, Cegah, dan Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM)

Live Healthier Lives

Meskipun saat ini saya telah perduli akan hidup sehat, ternyata masih banyak loh teman-teman saya para generasi muda yang belum perduli akan pola hidup sehat. Bayangkan saja, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi, Indonesia akan mencapai bonus demografi pada 2030 mendatang ketika jumlah penduduk berusia produktif akan mendominasi hingga 64% dari total populasi tanah air. Jika data ini didukung kualitas masyarakat yang baik, tentu akan menjadi mesin pendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Namun di sisi lain, jika kualitas masyarakatnya kurang baik, generasi ini justru akan menjadi beban baru bagi negara. Memangnya kamu mau jadi beban negara? Saya sih jelas tidak mau!

Untuk itulah PT Sun Life Financial Indonesia atau Sun Life Indonesia kembali mengajak para generasi muda yang tidak ingin menjadi beban negara untuk menerapkan investasi kesehatan, sebagai faktor penting dalam mendukung produktivitas dan kualitas hidup di masa datang. Mengusung kampanye kesehatan Live Healthier Lives, Sun Life Indonesia mengajak generasi muda untuk menjaga kesehatan secara holistik, baik dari segi fisik, mental, maupun finansial, guna mempersiapkan diri menyambut bonus demografi pada 2030. Dalam acara ini turut diperkenalkan Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono, sebagai duta dari kampanye Live Healthier Lives.

pola hidup sehat
Kelly Tandiono dan Ibnu Jamil sebagai duta kampanye ‘Live Healthier Lives’

Ternyata sehat di sini tidak cukup dari segi fisik maupun mental saja, kesehatan finansial pun memiliki peran krusial dalam membangun generasi yang berkualitas dan produktif. “Dari sisi finansial, hasil survey nasional literasi dan inklusi keuangan 2016 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat baru 27% masyarakat usia produktif yang memiliki tabungan masa depan. Sedangkan penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 7%,” ungkap Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia.

sun life indonesia
Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia

Kamu pasti bertanya-tanya dong, apa hubungannya sehat fisik dan sehat finansial? Kalau kamu berpikir tidak ada hubungan, omaigat itu salah besar!
“Manusia memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk mencapai aktualisasi diri dan kebahagiaan. Kesehatan fisik dan keamanan finansial menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Ketika seseorang telah memenuhi kebutuhan dasarnya berupa sehat fisik dan sehat finansial, peluang mereka untuk mendapatkan hubungan antar sesama akan lebih baik lagi, begitu pula dengan kesempatan mencapai potensi terbaik,” begitu menurut Roslina Verauli, seorang Psikolog yang turut hadir dalam acara Sehat Fisik dan Sehat Finansial.

Ringkasnya begini, jika finansial kita sehat dan perencanaan keuangan keluarga matang, hati dan pikiran kita lebih tenang sehingga pikiran dan perhatian kita lebih dapat dioptimalkan untuk melakukan sekaligus memikirkan hal lain yang lebih bermanfaat. Ini menunjukan kita akan semakin produktif dalam melakukan banyak hal positif.

Apa yang dijelaskan Roslina Verauli tentang keterkaitan sehat fisik dan sehat finansial ini bukan tanpa dasar, karena sebuah studi berjudul Healthy, Wealthy, and Wise: Retirement Planning Predicts Employee Health Improvements menemukan bahwa orang-orang yang memiliki perencanaan keuangan keluarga dan mempersiapkan masa tua, cenderung memilih pola hidup sehat dengan menjaga kesehatan fisik mereka.

arti finansial
Roslina Verauli, Psikolog

Baca juga: GERMAS, Solusi Cegah dan Kendalikan Faktor Resiko PTM

Perencanaan Keuangan Keluarga

Dari tadi kita membahas tentang sehat fisik dan sehat finansial. Jika kita mengenal bagaimana cara mencapai sehat fisik, lalu bagaimana mencapai sehat finansial? Konon kata orang, tak kenal maka tak sayang. Biar kita makin sayang dan mulai mengatur finansial sebaik mungkin, kenali dulu yuk apa arti finansial itu.

Finansial adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan semua hal tentang perencanaan keuangan keluarga, meliputi di dalamnya layanan finansial, perencanaan finansial, institusi finansial, juga termasuk penasehat finansial.

Untuk mencapai sehat finansial, kita harus benar-benar serius dalam mengelola semua sumber pendanaan dan pembiayaan sedini mungkin saat usia kita masih produktif seperti saat ini. Maka dari itu dibutuhkan pentingnya strategi finansial untuk mengendalikan risiko yang mungkin terjadi di masa depan, dalam hal ini perusahaan asuransi yakni Sun Life Financial Indonesia.

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial. Sun Life Indonesia menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif, mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana pensiun. Sun Life Indonesia telah bermitra dengan banyak institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun internasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang lebih luas untuk semua solusi asuransinya.

Reputasi Sun Life Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Ini dibuktikan dengan diraihnya banyak penghargaan olah Sun Life Indonesia. Penghargaan tersebut di antaranya: Contact Center Service Excellence Award 2018 – Call Center untuk kategori Life & Health Insurance dan Insurance yang diselenggarakan oleh Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (“Carre CCSL”) dan Majalah Service Excellence, menempati posisi ke tiga Digital Brand Award untuk kategori Life Insurance dari Majalah Infobank, Indonesia Most Admired Companies Award 2018 dalam kategori Special Mention Excellent Corporate Image in Insurance Sector yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi, dan masih banyak lagi lainnya.

Live Healthier Lives Sun Life Vlog Competition

Nah sekarang kita sudah mengetahui lebih jelas akan pentingnya sehat fisik dan sehat finansial, serta bagaimana mencapainya. Sekarang jangan tunggu waktu lagi untuk memulai pola hidup sehat karena menjadi sehat itu pilihan namun menjadi tua itu pasti. Sebelum masa itu datang, mari persiapkan diri kita sejak sekarang mulai dari mengatur pola hidup sehat hingga mengatur perencanaan keuangan keluarga sebaik mungkin.

sehat fisik dan sehat finansial
(ki-ka) Kelly Tandiono, Elin Waty, Shierly Ge, Ibnu Jamil di acara Sehat Fisik dan Sehat Finansial

Tularkan semangat pola hidup sehat ini kepada sesama karena senang rasanya bila kita berada di lingkungan dan teman-teman yang perduli akan pola hidup sehat juga. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari ajakan secara langsung atau ajakan mulai media sosial, karena mulai 11 Juli – 10 Agustus 2019, Sun Life Indonesia mengadakan Live Healthier Lives Sun Life Vlog Competition. Dengan ikuti Live Healthier Lives Sun Life Vlog Competition, kamu berkesempatan mendapatkan total hadiah Rp 50 Juta rupiah.

Penasaran bagaimana cara mengikutinya? Kamu hanya perlu membuat vlog dan mengunggahnya di instagram serta mengisi formulir yang disediakan. Untuk lebih jelasnya syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

  1. Pria dan wanita yang sudah berumur di atas 17 tahun.

  2. Sehat jasmani serta rohani

  3. Peserta wajib mengunggah mini video di Instagram dengan tema “Apa Alasan Kamu untuk Memulai Hidup Sehat?”

  4. Video berdurasi maksimal 1 menit/60 detik; dalam bentuk dokumenter, video pendek, iklan, atau konten informasi.

  5. Di dalam caption Instagram video, peserta wajib menggunakan tagar #LiveHealthierLives #SUNLIFExkumparan dan tag/mention @SUNLIFE_id @kumparancom di akun Instagram masing – masing.

  6. Peserta wajib tag dan follow @kumparancom dan @SUNLIFE_id.

  7. Peserta diperbolehkan untuk mengunggah lebih dari satu video.

  8. Akun Instagram peserta tidak di-private dan harus public.

  9. Video diunggah di akun Instagram masing-masing dan peserta wajib mengisi formulir pendaftaran.

“Selain Vlog Competition, Sun Life Indonesia juga menggelar beragam kegiatan bersama komunitas juga anak-anak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi kesehatan baik fisik, mental, maupun finansial. Inisiatif ini sejalan dengan misi Sun Life Indonesia untuk terus mendampingi masyarakat Indonesia dalam meraih masa depan yang lebih sehat dan sejahtera,” ujar Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia.

Menarik bukan? buruan ikuti Live Healthier Lives Sun Life Vlog Competition dan raih hadiah total Rp 50 juta rupiah. Mau informasi lebih lanjut? Baca yuk informasi lengkapnya di http://bit.ly/SunLifeID. Salam Hidup Sehat!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.