Mengenal Google Question Hub

question hub
NININMENULIS.COM – Sebuah wasap dari Hendra, ketua Blogger Bogor masuk kala saya selesai yoga saat itu. “Mau ikut ke kantor Google nggak besok jam 2?” Melihat kata Google di situ otomatis saya menjawab, “ikuuuttt.” Kemudian dilanjutkan Hendra pun mengirimkan invitation via email dan langsung saya jawab, “ya”.

Bagi yang hidup di dunia digital dapat mengunjungi kantornya Google Indonesia memang menjadi kebanggan. Dulu saat menjadi jurnalis di media interior, keinginan mengunjungi kantor Google lebih kepada ingin untuk meliput ruangan kantornya yang memiliki desain unik dan instagramable sekali. Sekarang keinginan berkunjung ke kantor Google Indonesia karena ingin belajar bagaimana sistem kantor ini dalam bekerja.

Letak Kantor Google Indonesia

Google Indonesia berada di Gedung Pacific Century Place, lt.45 Lot.10 SCBD Jakarta Selatan. Untuk mencapai ke sini tidak sesulit yang saya bayangkan. Dengan bantuan Google Map, saya yang bertempat tinggal di Bogor dapat menggunakan commuter line dan turun di Stasiun Sudirman. Jika ingin cepat dari Stasiun Sudirman dapat menggunakan akomodasi online, tapi saat itu saya memilih menggunakan akomodasi Trans Jakarta jurusan Blok M dikarenakan masih ada waktu satu jam dari jadwal janjian. Turun di halte GBK atau Gelora Bung Karno saya tinggal berjalan kaki menuju kantor google Indonesia. Jalur pejalan kaki di daerah ini sudah cukup nyaman sehingga jangan takut untuk berjalan kaki.

Setelah menukar ID dan perwakilan Blogger Bogor yang berjumlah 5 orang sudah lengkap, bersama-sama kami menuju ke kantor Google Indonesia yang disambut sendiri oleh Mbak Fiana Dwiyanti. Setelah melalui registrasi yang (menurut saya) keren karena tidak menggunakan resepsionis seperti kantor umumnya, kami berlima diajak menuju ruang rapat yang posisinya di sisi kiri dari area duduk.

Sebelum dimulai Mbak Fiana menjelaskan kalau di Google Indonesia rapat atau meeting itu tidak boleh lebih dari setengah jam, karena kultur Indonesia berbeda dan unik, akhirnya di Google Indonesia dijinkan rapat hingga satu jam. Itulah mengapa peserta rapat dituntut pandai dalam menjelaskan materi sepadat dan semudah mungkin untuk dipahami seluruh peserta rapat yang datang saat itu, seperti yang dilakukan Mbak Fiana kali ini.

Baca juga: 4 Cara Sukses Merencanakan Event Bisnis untuk Milenial

Apa itu Question Hub?

Blogger Bogor diundang ke kantor Google Indonesia karena akan diperkenalkan salah satu tools terbaru dari Google yakni Question Hub. Apa itu Question Hub?

Question Hub sebenarnya sudah di-launching sekitar setahun, dan sudah banyak publisher dari media online yang menggunakan tools ini, dan sekarang saatnya Google memperkenalkan tools ini kepada para blogger sebagai salah satu pengguna dunia digital.

Sebelum mengenal Question Hub kamu pasti tahu mengenai Google Search dong? Di Google Search kita biasa ‘bertanya’ tentang apa saja dengan mengetik keyword yang akan kita tanyakan dan Google akan men-suggest artikel dan website yang dapat menjawab pertanyaan yang kita ajukan.

Namun pernah tidak kamu bayangkan, ternyata banyak sekali pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh Google Search. Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang tidak terjawab di Google Search dikumpulkan dalam Question Hub. Seperti apa contoh pertanyaan yang ada di google question hub?

Mbak Fiana mencontohkannya seperti ini, misalnya kita bertanya tentang Candi Borobudur. Pertanyaan-pertanyaan seperti, rute menuju Borobudur, penginapan di sekitar Borobudur, kendaraan yang Borobudur, dan lain sebagainya di Google Search pasti akan langsung terjawab dan Google akan men-suggest artikel dan website yang terkait dengan pertanyaan tersebut.

Lalu bagaimana bila pertanyaan yang tersebut seperti ini, berapa harga Borobudur karena gw mau beli karena bapak gw super tajir banget? Nah google search akan bingung dong mau men-suggest apa. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang terkumpul di Google Question Hub. Dan tugas blogger untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di Google Question Hub dengan cara men-submit atau tanam link artikel yang pernah kita tulis.

Mengapa Question Hub ini sangat menarik dan penting bagi blogger? Selain dapat menanam link langsung di tools Google, dari Question Hub kita akan mendapatkan banyak ide tulisan organik dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Baca juga: Hiip Academy #1 Cara Investasi menjadi Blogger Profesional

Cara Menggunakan Google Question Hub

Sebelum menggunakan google question hub apa sih yang harus kita lakukan. Berikut saya tulis step by step cara menggunakan question hub ya.

  • Pastikan blog atau website kalian sudah terhubung ke Google Console. Klik questionhub.google.com dan registrasi menggunakan email yang sama dengan yang kamu gunakan pada Google Console.

question hub

  • Setelah masuk ke halaman utama Question Hub kita dapat men-setting dengan meng-klik Setelan bila ingin menjawab pertanyaan yang masuk dalam bahasa apa. Bila blog kita menggunakan bahasa Indonesia, pilih bahasa Indonesia.

  • Dari sini kita sudah mulai dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di Question Hub. Klik Tambahkan Pertanyaan. Setelah halaman Google masuk ke kriteria pertanyaan yang akan dijawab, klik Tambahkan yang ada di sisi kanan halaman. Kembali ke halaman utama, untuk melihat pertanyaan apa saja di kategori yang telah kita pilih.

question hubquestion hubquestion hub

  • Jika ada pertanyaan yang dapat kita jawab atau jawabannya pernah kita tulis dalam salah satu artikel, klik Jawab lalu masukan link tulisan atau artikel. Bila pertanyaan menarik tetapi kita belum pernah menulis dan ingin menulisnya dapat dibintangin terlebih dahulu untuk dapat dijawab setelah artikel tersedia. Jika tidak ada pertanyaan yang ingin kita jawab, klik Tolak. FYI kita dapat menjawab banyak pertanyaan dengan link artikel yang sama bila jawabannya memang tersedia di artikel yang sama.

question hub

  • Dari halaman utama kita juga dapat melihat performa artikel yang telah disubmit dengan meng-klik Performa.

question hub

Setelah mengetahui cara mengaktivasi dan terhubung dengan Question Hub semoga blog kamu juga semakin oke ya. Bila ada pertanyaan jangan sungkan bertanya di kolom komen, kalau ada yang saya tahu dan lupa diinformasikan melalui tulisan ini pasti akan saya jawab. Selamat ber-Question Hub!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

4 thoughts

  1. Bagus ya, ini fitur bisa menaikkan nilai shadaqah tulisan kita. Seneng rasanya kalau ada tulisan yg bisa membantu orang supaya tak tersesat di negeri orang.. . Hahaha. Bahkan kadang ada yg email untuk sekedar mengucapkan terimakasih karena tulisan yg kubikin berhasil memandunya ketika jalan-jalan.
    “Question Hub” ini bisa menjadi adding value bagi para blogger.
    Makasih loh sudah nulis ini. Seneng bacanya.

    —-Membaca di sisi jalan raya Bogor, sedang menunggu bus buat ngelayap ke Bandung—-

      1. Hahaha….. Mantab kalau dapat content begituan…. Traveling di dunia ghaib….biasanya sih inget jalan pulang kalau duit sdh habis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.