Mola-mola Jet Spinner, Wahana Baru di Ocean Dream Samudra Ancol

mola-mola jet spinner

NININMENULIS.COM – Hai Readers, sudah ada rencana liburan kemana akhir tahun nanti? Sudah tinggal hitungan minggu loh kita memasuki tahun 2020. Kalau belum memiliki tujuan wisata akhir tahun yang seru dan menarik, kamu dapat mencoba wahana baru di Ocean Dream Samudra. Wahana Mola-Mola Jet Spinner namanya. Sebelum saya bercerita keseruan mencoba wahana Mola-Mola Jet Spinner, yuk kita cari tahu dan mengingat kembali apa saja yang ada di Ocean Dream Samudra Ancol.

Ocean Dream Samudra Ancol ini diresmikan pertama kali pada Juni 1974 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin. Sudah lama sekali ya? Saya teringat sejak kecil dapat mengunjungi Ocean Dream Samudra Ancol itu suatu kebanggaan dan saya tidak segan-segan merengek minta berkunjung ke Ocean Dream Samudra Ancol setiap liburan tiba. Wajar bila Ocean Dream Samudra Ancol ini sangat disukai sebagai salah satu destinasi wisata karena dibangun sebagai perwujudan menciptakan sarana rekreasi yang mengenalkan tentang laut dan potensinya.

Ocean Dream Samudra merupakan edutainment theme park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat aneka satwa khususnya yang hidup di laut. Sebagai Ocean Dream Samudra merupakan unit oceanarium terbesar yang terdiri dari pentas lumba-lumba, pentas singa laut, pentas aneka satwa, peragaan satwa, akuarium ikan laut dan tawar serta taman yang merupakan habitat beraneka macam burung.Terobosan Ancol ini menjadi pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium) karena memiliki konsep dan manajemen lumba-lumba yang paling lengkap, meliputi berbagai unsur yang saling mendukung seperti kolam penampungan lumba-lumba, water treatment, trainer/keeper, pengadaan ikan yang berkualitas, laboratorium, para medis dan dokter hewan.

Baca jugaNonton One Piece di Ocean Park Summer Water Battle

Ocean Dream Samudra Ancol ini melayani pengunjung setiap hari, saat weekdays (Senin hingga Jumat), beroperasi jam 9 pagi hingga 5 sore. Sedangkan di hari libur dan weekend (Sabtu – Minggu) mulai beroperasi jam 9 pagi hingga hingga 6 sore. Lalu wahana apa saja sih yang bisa kita dapati saat mengunjungi Ocean Dream Samudra Ancol, beberapa di antaranya yaitu:

  • Atraksi Lumba-Lumba dan Singa Laut

    Di wahana atraksi Lumba-Lumba dan Singa Laut, pengunjung akan terhibur karena dapat menyaksikan kepintaran lumba-lumba dan singa laut dalam mematuhi perintah dan instruksi para pelatihnya. Pertunjukan dua hewan tersebut diadakan sesuai jadwal pada jam tertentu, jadi tanyakan terlebih dahulu jadwal pertunjukan singa laut dan lumba-lumba agar tidak ketinggalan.

  • Wahana Cinema 5D

    Wahana cinema 5D merupakan wahana tempat pemutaran film yang penontonnya wajib mengenakan kacamata 3 Dimensi selama film berlangsung. Penonton akan menonton sambil merasakan kursi bergerak, disertai dengan kemunculan special effect misalnya cipratan air, hembusan angin, dan lainnya. Dengan demikian, para penonton bisa merasakan sensasi ketika menonton film tersebut.

  • Wahana Boto-boto

    Wahana ini merupakan salah satu dari tiga wahana permainan di Ocean Dream Samudra yang dapat dinikmati anak-karena memiliki bentuk seperti pesawat yang dapat dinaiki dan akan berputar.

  • Wahana Ubur-ubur Ballon Race

    Di wahana di Ocean Dream Samudra Ancol yang satu ini dapat dinaiki seluruh anggota keluarga. Wahana permainan di sini berbentuk balon besar yang berputar searah jarum jam.

  • Scorpion Pirates

    Di area Scorpion pirates para pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan pertempuran water stuntman di laut untuk melawan sang bajak laut Scorpion. Pertunjukan ini dihiasi dengan special effect yang memukau penonton.

  • Istana Penguin

    Di istana Penguin kita dapat menyaksikan 11 Penguin humboldt yang lucu dan menggemaskan di exhibit Istana Penguin. Penguin Humboldt ini senang memakan ikan teri (anchovetta), sarden kecil, dan juga cumi-cumi.

  • Mola-mola Jet Spinner

    Kini wahana di Ocean Dream Samudra bertambah dengan hadirnya Mola-mola Jet Spinner yang sudah dapat dinikmati mulai Rabu, 4 Desember 2019 lalu. Apa keunikan dan keseruan dari Mola-mola Jet Spinner ini?

mola-mola jet spinner
Rika Sudranto, Vice President Sea World Ancol – Ocean Dream Samudra saat launching Wahana Mola-mola, Rabu (4/12) lalu.

Baca jugaWisata Halal Australia

Mola-mola Jet Spinner merupakan wahana permainan kereta luncur yang memiliki 5 rangkaian kereta dengan masing-masing kereta dilengkapi 4 dudukan berkapasitas seluruhnya 20 orang. Yang membedakan Mola-mola Jet Spinner dari permainan lain di Ocean Dream Samudra Ancol masing-masing keretanya dapat berputar hingga 360 derajat selama permainan, dan siap-siap merasakan sensasi yang memacu adrenalin saat kereta meluncur dari ketinggian 8,5 meter. Woohoooo….

Nama Mola-mola sendiri diambil dari nama ikan paling ajaib di Indonesia yang berbentuk unik seperti baso gepeng. Di luar negeri, Mola-mola disebut juga Sunfish karena gemar mencari sinar matahari. Itulah sebabnya ikan Mola-mola banyak dijumpai di perairan Negara tropis dengan ciri bentuk badanya yang pipih, bersirip menjulang ke atas dan bawah dengan matanya yang besar dan jenaka. Karena keunikannya inilah maka Mola-mola diambil sebagai nama wahana permainan baru di Ocean Dream Samudra Ancol.

Didesain untuk wahana permainan anak-anak, Mola-mola Jet Spinner ini tetap dapat dinaiki orang dewasa – ini berguna untuk anak-anak yang tidak berani naik sendiri dan membutuhkan penjagaan dari orang dewasa. Untuk itulah hanya anak yang memiliki tinggi badan minimal 95 cm yang dapat menikmati wahana baru di Ocean Dream Samudra ini. Agar anak-anak bertambah senang, Mola-mola didesain dengan nuansa 1001 malam dengan dominasi warna kuning dan ungu. Selain itu wahana ini juga dilengkapi dengan lampu warna-warni yang akan membuat suasana semakin semarak terutama saat mulai memasuki sore hari.

mola-mola ocean dream samudra ancol
Merasakan sensasi menaiki Mola-mola Jet Spinner di Ocean Dream Samudra

Beberapa ketentuan yang wajib dipahami sebelum naik wahana Mola-mola Jet Spinner selain tinggi badan antara 90-190 cm yakni:

  • Wahana ini tidak direkomendasi dinaiki oleh wanita dewasa yang tengah hamil.

  • Pastikan sebelum menaiki Mola-mola Jet Spinner, tidak sedang mengidap penyakit jantung atau epilepsi.

  • Sebaiknya lepaskan terlebih dahulu atau jangan menggunakan syal dan aksesori lain yang panjang dan mudah terjatuh.

  • Jangan pernah membawa makanan dan minuman di dalam wahana Mola-mola Jet Spinner.

Ingin mendapatkan informasi lengkap mengenail Mola-mola Jet Spinner dan wahana lainnya di dalam Ocean Dream Samudra dapat melihatnya di instagram @oceandreamsamudra dan yang ingin mendapatkan tiket secara online dapat memesannya di http://www.ancol.com/id/tickets/widget/ocean-dream-samudra

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.