5 Aplikasi dan Web Online yang Sering Digunakan Saat PSBB

5 aplikasi online yang sering digunakan saat psbb

NININMENULIS.COM – PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Himbauan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, hingga beribadah dari rumah pun mulai menjadi hal rutin yang telah dilakukan hampir dua bulan ini. Sejak itulah beberapa aplikasi online yang dulu tidak bernah atau jarang dipakai, kini wajib terdonlot di gawai dan laptop. Aplikasi apa saja yang sering aku gunakan di saat PSBB seperti ini?

Kebutuhan akan aplikasi online setiap orang saat ini berbeda-beda tergantung kebutuhan untuk memenuhi semua aktivitas yang dibutuhkan untuk bekerja dari rumah. Misalkan jika anak sekolah membutuhkan aplikasi belajar online maka pedagang membutuhkan aplikasi belanja online untuk memasarkan barang dagangannya. Dan di hari ke-10 BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge kali ini mengulik Web atau Aplikasi Bermanfaat Saat WFH (work from home) di Rumah.

Baca juga7 Amalan Puasa di Bulan Ramadhan

Tanpa ingin menyebut nama aplikasinya, berikut 5 aplikasi dan web online yang sering aku gunakan saat PSBB saat ini.

  • Aplikasi meeting online

    Hampir semua orang yang ‘memindahkan’ aktivitasnya dari offline ke online menggunakan aplikasi meeting online. Banyak jenis aplikasi yang menyediakan fitur meeting online dan dapat menghubungkan hingga lebih dari 50 orang. Meskipun buka pekerja kantoran, aku pun mendonlot aplikasi ini dan menggunakannnya di saat PSBB seperti sekarang. Untuk apa? Ya untuk olahraga bersama dengan teman-teman dong.

    Jika di hari-hari biasanya sebelum COVID-19 melanda, aku yang rutin berolahraga bersama dengan teman-teman di salah satu tempat gym kali ini harus menahan diri untuk tidak bertemu dan berlatih bersama. Untuk mengatasi rasa rindu berlatih bersama, kami sepakat menggunakan aplikasi meeting online ini untuk berlatih bersama. Rasanya bagaimana berlatih bersama melalui aplikasi? Ya tentu tidak seseru bila kita lakukan bersama di dunia nyata tetapi setidaknya tujuan untuk sehat bersama dan menjaga pikiran tetap waras di saat pandemi COVID-19 hal itu efektif.

  • Game

    Sebenarnya aku bukanlah pecinta game online. Game yang sering aku mainkan pun sebatas puzzle, adventure, dan permainan. Setidaknya ada tiga game online yang sudah terdonlot sebelum wabah COVID-19 hadir. Nggak banyakkan? Tetapi tiga game itu cukup kok untuk mengisi waktu luang aku selama di commuter line atau saat naik kendaraan umum lainnya. Dan di saat PSBB seperti sekarang, meskipun tidak lagi aktif bepergian seperti dulu, tetapi kehadiran tiga game online tersebut sudah cukup merefresh kembali pikiran dan kebosanan aku saat beraktivitas di rumah. Game online yang aku donlot apa saja? Hhmm… itu rahasia dong hahahaha…..

  • Comic dan Ebook

    Aku tipe yang gemar membaca buku cetak. Itu yang selalu aku tegaskan saat ditanya lebih suka membaca buku atau buku online. Tetapi di saat pandemi COVID-19 dan anjuran PSBB untuk tidak beraktivitas di luas, aku tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan buku-buku dan komik yang aku sukai. Jadi comic dan buku online pun menjadi solusinya. Alhamdulillah, di saat pandemi COVID-19 ini banyak penerbit yang mengratiskan buku dan komik mereka sehingga membantu sekali untuk orang seperti aku yang ingin mendapatkan bacaan berkualitas di jaman pandemi seperti sekarang.

Baca juga8 Tradisi Lebaran yang Ngangenin

  • Streaming movie

    Hayoo siapa yang tidak mendonlot aplikasi streaming movie di gawainya? Sepertinya aplikasi ini yang paling hits di saat PSBB selain aplikasi meeting online. Mulai dari menanti serial drama Korea kesayangan hingga menonton film-film box office dapat dilakukan dengan aplikasi streaming movie ini. Aku sih bukan pecinta serial drama Korea, tetapi menonton film-film box office yang terlewatkan karena kesibukan selama ini cukup menghibur untuk mengisi kejenuhan di saat PSBB saat ini.

  • Home exercise streaming

    Dari semua aplikasi online, mana yang paling banyak digunakan? Jika orang lain menjawab aplikasi meeting online, tidak di aku. Aku akan menjawab, aplikasi home exercise atau streaming olahraga yang dilakukan para instruktur dan tempat gym yang paling banyak aku gunakan. Terkadang jadwal mereka streaming memang tidak pas dengan aktivitas aku di rumah, tetapi biasanya aku mendonlotnya terlebih dahulu atau menyimpannya dan dicoba saat ada waktu senggang. Dengan maraknya instruktur yang menyediakan jasa streaming aku justru dapat melakukan olahraga yang bervariasi dan tidak bosan dengan gerakakn yang itu-itu saja.

Selain aplikasi dan web di atas sebenarnya di saat pandemi COVID-19 yang bertepatan dengan bulan Ramadhan ini, bertambah lagi satu aplikasi dan web online yang aku gunakan, yakni streaming dakwa dari ustaz terkenal. Jika ini 5 aplikasi online yang sering aku gunakan, bagaimana dengan kamu?

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.