5 Barang yang Dibutuhkan Saat Beraktivitas di Rumah

5 barang saat psbb

NININMENULIS.COM – Berada di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti sekarang dimana kita tidak sebebas dulu untuk beraktivitas ke luar rumah mau tidak mau kita harus terbiasa dengan melakukan semua aktivitas dari rumah. Jika ada rasa bosan, itu wajar. Sebagai makhluk sosisl tentu keinginan untuk berinteraksi dengan sesama menjadi hal yang paling dirindukan. Untuk itu biar masa PSBB ini cepat berlalu, sebaiknyalah kita patuuh akan anjuran pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah dari rumah, dan beraktivitas dari rumah.

Banyak cara dilakukan untuk menghindari kebosanan, termasuk dengan aku. Di BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge hari ke-12 pas rasanya mengupas barang-barang yang dibutuhkansaat berkegiatan dari rumah. Karena sebelum PSBB benar-benar diberlakukan ada 5 barang yang dibutuhkan saat beraktivitas di rumah harus tersedia agar masa PSBB berjalan dengan sukses. Dan ke 5 barang yang dibutuhkan saat beraktivitas di rumah tersebut yakni.

  • Bahan makanan

    Mempersiapkan bahan makanan selama masa PSBB bukan berarti aku termasuk orang yang panic buying dan menimbun di rumah. Membeli bahan makanan secukupnya untuk mengurangi intensitas ke pasar. Bahan makanan yang aku stok bersifat awet dan tahan lama untuk disimpan seperti cabe, bawang merah, bawang putih, telur, frozen food, bumbu dapur, dan makanan ringan. Untuk sayur-sayuran yang membutuhkan kesegaran saat dimasak, aku masih membelinya setiap hari di warung sayur depan rumah – jarak rumah dengan warung sayur hanya beberapa langkah jadi terlihat kapan warung sepi untuk didatangi.

    Selain stok bahan makanan yang awet untuk beberapa hari, aku juga mengurangi membuang-buang bahan makanan yang tidak terpakai dan masak secukupnya untuk menghindari adanya makanan sisa yang terbuang. Pokoknya sehemat dan seringkas mungkin. Terkadang jika masih bagus dan enak, aku juga me-remake dari satu menu ke menu lain, asalkan makanan tersebut tidak sampai terbuang. Misalkan sisa sayur dari sayur bening akan aku aku tiriskan tambah tepung, garam, bawang putih, beri air, lalu digoreng dan jadilah bakwan sayur. Rasanya tetap enak dan segar untuk sajian berbuka puasa di masa pandemi COVID-19 ini. Cobain deh.

Baca jugaTolong Menolong di Tengah Pandemi

  • Perlengkapan olahraga

    Tidak bisa aku tuh jika lepas dari berolahraga. Badan akan menjadi lemas dan mudah sakit jika tidak berolahraga dan jangka waktu yang lama. Karena saat di kondisi normal, aku berolahraga di tempat gym, sekarang aku harus berolahraga di rumah dengan peralatan olahraga sederhana yang cukup untuk membuat tubuh berkeringat. Peralatan olahraga yang harus ada di masa pandemi COVID-19 agar tetap dapat berolahraga dari rumah seperti matras, sepatu olahraga, kaos kaki (jangan mentang-mentang di rumah tidak pakai kaos kaki ya. Ingat kaki menghasilkan banyak bakteri saat berkeringat terutama saat selesai berolahraga), block yoga, strap, dan baju olahraga pastinya.

    Mengingat berolahraga di rumah tidak ada instruktur yang mengawasi, sebaiknya tidak melakukan gerakan-gerakan challenging yang membahayakan. Cukup lakukan gerakan sederhana sesuai dengan kemampuan, kondisi, dan postur tubuh. Jangan merasa tertantang dan mencoba sendiri tanpa pengawasan yang ahli, inggat cidera dan kecelakaan lebih sering terjadi saat berolahraga.

  • Obat-obatan

    Menyiapkan vitamin dan obat-obat pencegahan seperti obat flu, obat batu, minyak urut, dan lain sebagainya wajib di masa pandemi COVID-19 ini menjadi keharusan karena sakit apapun di masa seperti sekarang ini bukan pilihan yang bijak. Untuk yang memiliki anggota keluarga yang rutin mengkonsumsi obat-obatan seperti Mama ku yang rutin mengkonsumsi obat darah tinggi, kolesterol, asam urat, dan vitamin syarafnya sebaiknya stok kebutuhan obat untuk dua bulan ke depan. Ini untuk mengurangi aktivitas ke luar untuk membeli obat-obatan.

  • Gadget

    Nah barang satu ini seakan menjadi penyelamat di saat PSBB seperti sekarang ini. Kita bisa melakukan semua aktivitas dari rumah hanya berbekal gadget seperti gawai dan laptop. Mulai dari live streaming, meeting online, game online, hingga berkomunikasi dengan teman dan saudara nun jauh di sana. Pastikan baterai gadget selalu terisi penuh dan tidak lupa untuk charge ulang karena tidak menyenangkan bila sedang asik-asiknya beraktivitas harus terganggu dengan gadget yang low bat.

  • Sinyal yang kuat

    Duh terbayang banget punya semuanya di rumah tetapi yang satu ini lemot. Pasti ingin emosi rasanya. Pastikan saat PSBB, kamu memiliki provider yang sinyalnya kuat d rumah. Lekas ganti provider bila sudah mengetahui provider yang biasa kamu gunakan sinyalnya lemah di rumah, ingat kali ini kamu lebih banyak beraktivitas di rumah bukan di luar atau tempat berkerja seperti biasanya. Negatifnya tagihan dan biaya yang kamu keluarkan untuk kuota selama pandemi COVID-19 memang meningkat, namun aktivitas tetap terus dapat berjalan dengan sinyal yang kuat. Dengan ke 5 barang yang dibutuhkan saat beraktivitas di rumah ini semoga masa PSBB kamu berjalan dengan menyenangkan ya.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.