Lebaran #DiRumahAja

lebaran #dirumahaja

NININMENULIS.COM – Hari lebaran Idul Fitri adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Liburan ini umumnya diisi dengan bersilaturahmi dengan tetangga, teman dekat dan pastinya juga keluarga besar. Namun di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, kita tidak lagi dianjurkan untuk bisa melakukan kegiatan tersebut. Tapi jangan khawatir, libur lebaran di rumah tetap bisa asyik dan bermakna bersama keluarga inti.

Di BPN 30 Day Blog Challenge hari ini aku ingin berbagi informasi dan ide kegiatan bersama anggota keluarga apa saja yang dapat dilakukan #DiRumahAja namun tetap terasa hangat dan menyenangkan.

Baca juga: 3 Kesalahan Make Up Saat Lebaran yang Sering Terjadi

  • Menata ruangan

    Menata ruangan di rumah bisa kamu lakukan sebelum dan pada saat bulan Ramadan. Kegiatan menata ruangan bisa kamu lakukan bersama anggota keluarga secara bertahap. Menata ruangan bisa dimulai dengan mendekorasi ruangan hingga memasang wallpaper dinding. Wallpaper dinding bisa memerindah tampilan ruangan secara instan. Wallpaper dengan motif dan juga corak yang beragam jenis sangat bisa di sesuaikan untuk segala jenis keperluan.

  • Silahturahmi melalui fasilitas video call

    Kita memang akan terpisah jarak dengan anggota keluarga yang tinggalnya berjauhan, teman dekat dan kerabat di lebaran kali ini. Tapi, jangan sampai hal ini memutus tali silaturahmi. Kamu tetap bisa bersilaturahmi menyambut Idul Fitri tanpa harus keluar rumah, caranya yaitu dengan menggunakan teknologi video call. Cukup dengan smartphone atau laptop dan aplikasi video call yang tersambung internet.

  • Memasak Bersama

    Tidak ada salahnya merayakan datangnya hari kemenangan dengan memasak. Baik itu menu khas lebaran seperti ketupat hingga makanan favorit salah satu anggota keluarga. Aktivitas lebaran ini bisa dilakukan bersama sambil mengobrol satu sama lain. Selain hidangan Idul Fitri, kamu juga bisa membuat kue bersama. Kegiatan ini mungkin lebih aman dan cocok jika kamu ingin menyertakan si kecil. Dekorasi kue juga bisa dijadikan sarana untuk menyalurkan kreativitas. Pastinya, setelah baking jangan lupa menikmati kue bersama ya! Rasa manis kue bisa meningkatkan mood kita dan membuat semua orang senang, terutama anak-anak.

  • Bermain Bersama

    Tidak semua orang memiliki smartphone. Tak perlu khawatir. Kamu juga bisa memeriahkan suasana lebaran dengan koleksi mainan board game. Beberapa board game populer antara lain twister, uno, dan monopoli. Kamu juga bisa menyiapkan permainan tradisional atau kartu di rumah sewaktu-waktu bosan memainkan game yang sama. Board game ini juga cocok dimainkan oleh semua usia sehingga seluruh anggota bisa diajak main. Tidak perlu ada yang merasa ditinggalkan dengan aktivitas ini!

  • Piknik di Halaman

    Untuk kamu yang merayakan Idul Fitri bersama keluarga kecil atau sahabat, bisa berpiknik cukup di halaman atau lapangan rumah. Sekali-kali merubah suasana dan pemandangan untuk menghindari lebaran yang jemu. Jangan lupa menyiapkan aneka ragam makanan untuk dinikmati dengan cuaca cerah dan udara segar. Tambahkan iringan lagu untuk memberikan nuansa ria.

Nah, itulah beberapa aktivitas lebaran #DiRumahAja yang seru dan bisa kamu praktikan nanti.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.