Begini Cara Rapid Test COVID-19 di Halodoc

rapid test di halodoc

NININMENULIS.COM – Tatanan kehidupan new normal sudah dimulai tetapi jumlah yang terpapar COVID-19 terus bertambah bahkan bisa naik lebih dari seribu orang setiap harinya. Data kasus COVID-19 di Indonesia per-Minggu (21/6) 45.891 orang dan masih dapat terus bertambah setiap harinya. Jumlah tersebut tentu saja membawa perasaan khawatir mengingat COVID-19 bisa saja menular tanpa gejala apa pun. Berbagai upaya preventif untuk pencegahan terus dibiasakan, mulai dari physical distancing, menjaga kebersihan, menggunakan masker kain ketika keluar rumah, menggunakan pelindung wajah atau face shield, mencuci tangan, hingga menggunakan hand sanitizer setelah memegang sesuatu rutin dilakukan. Tetapi masih diperlukan kehati-hatian kita agar pandemi ini tidak semakin meluas, apalagi bila di lingkungan terdekat sudah ada orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 yang kontak langsung dengan kita.

Selain memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien yang terkonfirmasi besar positif COVID-19, orang-orang dengan kriteria sebagai berikut:

  • Memiliki profesi dengan interaksi sosial tinggi seperti tenaga medis, TNI, polisi, pejabat publik, ulama petugas bandara, pedagang, dan lain sebagainya.

  • Orang yang memiliki gejala-gelaja seperti: demam atau memiliki suhu di atas 38 derajat Celcius atau gangguan sistem pernapasan, seperti pilek, batuk, dan sesak napas, serta memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di zona merah, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Diharuskan melakukan pemeriksaan rapid test untuk mengetahui apakah kita terpapar COVID-19 karena tidak semua gejala di atas mencirikan orang yang terpapar COVID-19. Dan rapid test menjadi salah satu cara untuk memastikan itu.

Baca jugaRumah Sakit Premier Jatinegara Buka Layanan Drive Thru Swab PCR COVID-19

Rapid test merupakan salah satu cara skrining awal yang menggunakan sample darah untuk mendeteksi antibodi yaitu IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh dalam melawan COVID-19. Antibodi ini akan secara otomatis terbentuk bila tubuh kita terpapar COVID-19. Untuk mendapatkan pelayanan rapid test, sekarang kita tidak perlu mengantri di rumah sakit atau lokasi yang menyediakan rapid test drive thru karena Halodoc mempermudah kita mendapatkan pelayanan rapid test tanpa banyak berinteraksi sosial.

halodoc app
Halodoc, aplikasi kesehatan yang memberikan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia

Halodoc merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani di bidang telekonsultasi kesehatan. Melalui Halodoc, kita dapat berbicara dengan dokter spesialis, membeli obat, serta melakukan pemeriksaan laboratorium lewat gawai kapan saja, di mana saja selama 24 jam. Ini sesuai dengan tujuan Halodoc, Simplifying Healthcare, yaitu untuk memudahkan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Halodoc telah membuka layanan aplikasi kesehatan, dan obat online di lima puluh kota di Indonesia seperti Bali, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Banyuwangi, Batam, Belitung, Bukittinggi, Cilacap, Cirebon, Garut, Gresik, Jakarta, Jambi, Jember, Jombang, Karawang, Kediri, Madiun, Madura, Magelang, Makassar, Malang, Manado, Mataram, Medan, Mojokerto, Padang, Palembang, Pasuruan, Pekalongan, Pekanbaru, Pematang Siantar, Pontianak, Probolinggo, Purwakarta, Purwokerto, Salatiga, Samarinda, Semarang, Serang, Sidoarjo, Solo, Sukabumi, Sumedang, Surabaya, Tasikmalaya, Tegal, dan Yogyakarta.

Para pengguna Halodoc dapat mencari dokter secara online untuk berbicara mengenai kondisi kesehatan yang dialami. Kemudian, setelah dokter mendiagnosis gejala yang diidap pengguna, selanjutnya akan diberi obat yang sesuai. Setelah selesai berbicara dengan dokter, pengguna dapat langsung membeli obat sesuai resep yang diterima. Untuk memastikan bahwa layanan ini didukung oleh dokter yang sesuai standar, semua dokter yang tergabung di Halodoc sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Izin Praktik) dari Konsili Kedokteran Indonesia (KKI).

Sebagai upaya membantu pemerintah dalam menekan laju peningkatan COVID-19, kini Halodoc menyediakan layanan rapid test Jakarta dan sekitarnya yang bekerjasama dengan berbagai mitra rumah sakit di antaranya Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit St.Carolus, Rumah Sakit Mayapada, Rumah Sakit Primaya, dan Rumah Sakit Bina Husada Cibinong.

cara rapid test
Step by step cara rapid test COVID-19 di Halodoc (Foto: Dok. Halodoc)

Cara melakukan rapid test di Halodoc sangat mudah, kita tinggal mengikuti instruksinya berikut ini:

  • Pertama-tama, buka aplikasi Halodoc dan klik tombol ‘Test COVID-19’

  • Setelah itu, kita bisa memilih tempat pemeriksaan atau rumah sakit terdekat dengan men-klik ‘Fasilitas Test’.

  • Klik ‘Jenis Test’ PCR atau rapid test

  • Setelah itu pilih ‘Jadwal Kunjungan’ untuk melakukan rapid test ini. Kita dapat memilih tanggal di saat pagi atau sore untuk pemeriksaan.

  • Kita juga akan diminta untuk mengunggah foto atau scan informasi diri berupa Kartu Tanda penduduk (KTP) untuk orang dewasa, dan Kartu Keluarga (KK) untuk anak di bawah umur saat melakukan pemesanan pemeriksaan.

  • Jika sudah mengunggah informasi diri, kita akan melanjutkan ke tahap pembayaran. Biaya yang dikenakan akan bergantung kepada biaya jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.

  • Setelah berhasil, maka kita akan menerima kembali SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan yang telah kita lakukan. SMS tersebut harus ditunjukkan kepada petugas medis saat melakukan pemeriksaan.

Baca juga8 Langkah Preventif Agar Terhindar dari COVID-19

hasil rapid test di halodoc
Beberapa daftar dokter dan rumah sakit terdekat dari rumah yang ada di Halodoc (Foto: Dok. Halodoc)

Setelah melakukan pendaftaran melalui Halodoc, sekarang kita tinggal menunggu waktu kunjung pemeriksaan. Sebelum datang ke lokasi pemeriksaan rapid test, ada hal-hal yang harus kita perhatikan untuk kesehatan bersama. Hal-hal tersebut yaitu:

  • Pastikan datang tepat waktu berdasarkan jadwal yang telah dikonfirmasi dan hindari datang terlalu awal yang membuat kita harus menunggu lama. Ini untuk meminimalisir dampak terpapar COVID-19 saat menunggu.

  • Jika memungkinkan, mintalah orang terdekat untuk menemani pergi ke lokasi rapid test.

  • Pastikan kita tidak lupa mengenakan masker dan menggunakan standar keamanan new normal selama perjalanan maupun saat sudah sampai di lokasi rapid test.

  • Sesampai di lokasi rapid test, akan ada pemeriksaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) untuk yang di bawah umur. Pastikan jangan lupa membawanya beserta gawai yang berisikan SMS konfirmasi saat pendaftaran untuk ditunjukan kepada petugas di Pos 1 lokasi rapid test.

  • Pemeriksaan rapid test hanya berlaku bagi 1 (satu) pasien sesuai dengan KTP yang telah didaftarkan. Prosedur pengambilan sampel darah dan penamaan test kit akan dilakukan di Pos 2.

Setelah melakukan serangkaian tes, kita sebaiknya segera meninggalkan area lokasi rapid test, tanpa perlu menunggu hasil tes, karena hasilnya akan dikirimkan melalui SMS atau notifikasi Halodoc pada bagian riwayat transaksi di gawai kita satu hari setelahnya. Jadi untuk dapat melihat hasil rapid test yang sudah kita lakukan, pastikan aplikasi Halodoc di gawai sudah ter-update versi terbaru.

Jika hasil rapid test COVID-19 yang dijalani hasilnya positif sebaiknya kita segera kembali melakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc. Di sini kita akan ditentukan tingkat keparahannya. Jika dokter mengatakan bahwa gejala yang kita alami masih ringan, maka kita akan diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Sementara, jika dokter mengatakan bahwa kita memiliki tingkatan gejala sedang atau berat, maka kita akan dirujuk untuk ke rumah sakit khusus penanganan COVID-19 untuk mendapatkan perawatan intensif.

keuntungan rapid test di halodoc
Keuntungan Rapid Test di Halodoc (Foto: Dok. Halodoc)

Jadi dapat disimpulkan cara rapid test di Halodoc memiliki beberapa manfaat dan keunggulan, di antaranya:

  • Dilakukan dengan cepat dan bebas antre karena langsung dilakukan melalui gawai yang ada di genggaman tangan kita.

  • Sudah pasti pendaftaran pemeriksaan raid est di Halodoc lebih aman dan melindungi kita agar tidak terpapar COVID-19 karena semua dilakukan #DiRumahAja.

  • Halodoc memiliki banyak pilihan fasilitas kesehatan yang kita butuhkan termasuk dalam pemeriksaan COVID-19 ini kita dapat memilih ingin melakukan pemeriksaan rapid test atau PCR.

  • Terakhir, karena bekerjasama dengan pemerintah Halodoc banyak menyediakan pilihan rumah sakit dan fasilitas kesehatan (Faskes) yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan Halodoc untuk mencegah meluasnya COVID-19, kita tidak perlu lagi ragu lagi untuk melakukan pemeriksaan rapid test di Halodoc. Semakin cepat pemeriksaan dilakukan tentu akan semakin banyak jiwa yang terselamatkan dari COVID-19. Stay Positive, Stay Healthy, and Stay Happy!

Sumber: http://www.halodoc.com

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.