Jangan Lakukan 10 Hal ini Saat Melakukan Yoga Pertama Kali

yogado1
Foto: Yogado

Apakah Anda termasuk orang yang tertarik menekuni olahraga yoga tapi merasa gamang melihat betapa sulitnya pose-pose yang diperlihatkan para yogi/yogini dalam media sosial mereka? Atau Anda merasa tidak lentur? Itu adalah beberapa kesalahan yang kerap hinggap di yoga pemula. Selain hal tersebut masih ada beberapa kesalahan lainnya. Apa itu?

  1. Khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan. Yoga bukan soal ajang pamer tentang siapa yang lebih kuat, lentur, atau jago dalam mempraktekkan sebuah pose.Tak perlu khawatir akan opini orang lain. Lakukan apa yang dapat membuat Anda nyaman dan merasa lebih baik. Pilih pose yang benar-benar diperlukan tubuh saat itu.
  1. Menganggap remeh props dan opsi. Menganggap remeh pentingnya yoga props merupakan kesalahan pemula yang sering terjadi. Memakai props tidak berarti Anda lemah atau kurang cekatan dalam melakukan pose tertentu. Yoga props diciptakan untuk membantu latihan sehingga Anda dapat melakukannya dengan lebih baik lagi, dan pastinya juga untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

  1. Melewatkan savasana.Sama halnya dengan gerakan inti, savasana juga merupakan bagian yang sama pentingnya.Dengan melakukannya, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih rileks sehinga memudahkan Anda untuk memetik berbagai manfaat dari gerakan yang dilakukan.

  1. Menahan nafas. Kesalahan pemula yoga selanjutnya adalah menahan nafas. Mungkin hal ini dilakukan secara tidak sengaja karena pikiran terlalu fokus pada benar tidaknya pose yang dilakukan saat itu.

  1. Bersaing dengan yogi/yogini lainnya. Keinginan untuk bersaing atau tampil lebih baik memang dapat muncul kapan saja. Selain fokus menjadi teralihkan ke orang lain, tubuh juga bisa jadi korban apabila kalau Anda berlatih terlalu keras.

  1. To be perfect. Seringkali hal ini terjadi usai kita melihat orang lan yang dapat melakukan pose sulit dengan sempurna. Namun yoga bukan soal sempurna tidaknya sebuah gerakan, melainkan sebuah pengalaman pribadi. Karena itu tak perlu merasa minder, frustrasi, atau marah, nikmati saja proses latihannya.

  1. Berbicara dan berpikir negatif tentang diri sendiri. Dalam olahraga apapun, pikiran dan kepercayaan diri sangat memegang peranan penting. Hindari berbicara negatif pada diri sendiri karena itu bisa membuat latihan tak berdampak apapun. Beri kesempatan pada diri Anda, dan jangan buru-buru ingin cepat mahir. Sekali lagi, nikmati prosesnya.

  1. Pasif. Bersabar terhadap kemampuan diri sendiri saat melakukan pose tertentu memang harus dilakukan. Namun bersabar tidak sama dengan stagnan atau pasif. Anda tetap harus mendorong dan membuka diri terhadap berbagai tantangan baru.

  1. Tidak fokus. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Bila hal tersebut terjadi, segera sadar dan fokuskan diri dengan latihan yang ada sehingga Anda memperoleh hasil maksimal.

  1. Terlalu serius. Berlatih yoga memang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, namun tak perlu terlalu serius sampai Anda tak bisa menikmatinya. Lepaskan standar atau target yang terlalu muluk, dan rilekskan diri.

Untuk menghindari semua kesalahan di atas, Anda hanya perlu mengingat bahwa yoga bukanlah soal persaingan atau kesempurnaan, namun lebih ke pengalaman pribadi. Dan jangan lupa untuk melakukannya dengan gembira.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.