Membuat Sendiri Tahu Bulat

NININMENULIS.COMTahu bulat… Digoreng dadakaann…. gopek-aann…. Mantap Cooyy…. Familiar dong dengan suara tersebut?┬áDulu sebelum tahu bulat booming seperti sekarang, tahu bulat merupakan cemilan yang sering aku buat di rumah karena bahan-bahannya yang murah dan caranya yang mudah. Tapi meskipun sudah banyak abang-abang yang jual saat ini nggak ada salahnya dong membuatnya sendiri. Selain lebih higienis, tahu bulat buatan sendiri tentu lebih enak dan sesuai selera. Coba deh resep tahu bulat yang pernah aku coba ini!

Sejarah Tahu Bulat

Tahu bulat adalah makanan khas dari daerah Tasikmalaya. Tahu bulat sejenis tahu yang bentuknya bulat seperti bola ping pong, hanya saja tahu ini sudah dicampur dengan bumbu-bumbu dan bahan lainya, sehingga tahu ini memiliki rasaa gurih dan enak. Rata-rata tahu bulat ini memiliki rasa ikan yang khas sehingga membuat orang yang memkannya akan ketagihan.

Berawal dari sekitar tahun 2000-an tahu bulat ini mulai muncul di kota Tasikmalaya. Tahu bulat berawal dari buah tangan salah satu industri rumahan yang dipasarkan hanya di lingkungan seputar Tasikmalaya.

Setelah berjalan beberapa tahun, bisnis tahu bulat ini menjadi sorotan warga kota Tasikmalaya lainnya. Akibatnya banyak bermunculan industri-industri rumahan baru sejalan dengan banyaknya permintaan yang terus melonjak dari luar kota.

Apa yang menyebabkan bisnis tahu bulat Tasikmalaya ini terkenal?

  • Jenis makanan ini sudah akrab dengan lidah orang Indonesia yang suka dengan tahu.

  • Tahu merupakan jenis makanan yang mengandungtinggi protein dan sangat baik untuk kesehatan karena terbuat dari kacang kedelai pilihan.

  • Bentuknya unik bulat tidak seperti lumrahnya tahu kotak pada umumnya sehingga bikin orang penasaran.

  • Rasanya pun gurih, enak, dan lezat, cocok untuk cemilan di waktu santai atau menjadi teman makan nasi bahkan menjadi jajanan favorit di kantin-kantin sekolahan.

Resep Tahu Bulat Homemade

Bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat tahu bulat sangat mudah ditemukan, bahkan mungkin beberapa bahan sudah Anda miliki di dalam lemari es. Bahan-bahannya sebagai berikut:

15 buah Tahu Putih Halus
3 butir Kuning Telur
1sdt Baking Powder Double Acting
3 sdt Kaldu Bubuk
Secukupnya Minyak Goreng

Cara membuat Tahu Bulat

  • Cuci tahu putih, kemudian hancurkan dan saring airnya dengan menggunakan kain / serbet bersih. Usahakan sampai seminimal mgkin kandungan airnya dan tinggal ampas seperti gambar.

  • Masukkan kuning telur, kaldu bubuk, dan Baking Powder Double Acting. Campur sambil diremas-remas untuk melembutkan adonan tahu. Jika tidak ada BPDA, bisa juga menggunakan baking powder biasa, tapi tambahkan setengah sdt lagi. kemudian tes rasa sesuai selera.

  • Setelah rasanya pas, buat bulatan dengan menggunakan telapak tangan sampai permukaannya licin. Masukkan ke dalam wadah yang ada tutupnya, simpan dalam kulkas minimal 3-4 jam. Tidak boleh masuk freezer ya.

  • Setelah 3 jam, keluarkan, biarkan 10 menit disuhu ruang. Sembari menunggu, panaskan minyak goreng smpai minyak panas, kemudian kecilkan api. Goreng tahu dalam minyak banyak menggunakan api sedang cenderung kecil, sambil diaduk-aduk agar bisa mengembang.

Mudahkan cara membuat sendiri tahu bulat. Kalau sudah mencoba resep tahu bulat ini sharing ya hasil buatan kamu di kolom komentar. Terima kasih.

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply