Membuat Sendiri Tahu Bulat

Dulu sebelum tahu bulat booming seperti sekarang ini merupakan cemilan yang sering saya buat di rumah karena bahan-bahannya yang murah dan caranya yang mudah. Tapi meskipun sudah banyak abang-abang yang jual saat ini nggak ada salahnya dong membuatnya sendiri. Selain lebih higienis, tahu bulat buatan sendiri tentu lebih enak dan sesuai selera. coba deh!

Bahan-bahannya: 15 buah Tahu Putih Halus, 3 butir Kuning Telur, 1sdt Baking Powder Double Acting, 3 sdt Kaldu Bubuk, dan secukupnya Minyak Goreng

Cara membuatnya:

Cuci tahu putih, kemudian hancurkan dan saring airnya dengan menggunakan kain / serbet bersih. Usahakan sampai seminimal mgkin kandungan airnya dan tinggal ampas seperti gambar.

Masukkan kuning telur, kaldu bubuk, dan Baking Powder Double Acting. Campur sambil diremas-remas untuk melembutkan adonan tahu. Jika tidak ada BPDA, bisa juga menggunakan baking powder biasa, tapi tambahkan setengah sdt lagi. kemudian tes rasa sesuai selera.

Setelah rasanya pas, buat bulatan dengan menggunakan telapak tangan sampai permukaannya licin. Masukkan ke dalam wadah yang ada tutupnya, simpan dalam kulkas minimal 3-4 jam. Tidak boleh masuk freezer ya.

Setelah 3 jam, keluarkan, biarkan 10 menit disuhu ruang. Sembari menunggu, panaskan minyak goreng smpai minyak panas, kemudian kecilkan api. Goreng tahu dalam minyak banyak menggunakan api sedang cenderung kecil, sambil diaduk-aduk agar bisa mengembang.

Mudahkan?

Tahu Bulat Homemade

 

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.