Lebaran dengan Kerupuk Kembang Ros

kerupuk kembang ros

Meskipun banyak yang mengatakan kerupuk ini asli Jakarta, tapi selama tinggal puluhan tahun di Jakarta saya tidak pernah menemui kerupuk ini. Jangankan untuk terhidang di momen lebaran, melihatnya dijual di pasar-pasar tradisional pun tidak. Namun sejak pindah ke Tajur Halang Bogor, lebaran ini kerupuk kembang ros atau kerupuk dapros akan menjadi hidangan baru di rumah. Seneng banget karena mengingat panganan ini terbilang ‘langka’.

Baca Juga: Goes To Pasir Angin

Konon kerupuk kembang ros yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka ini telah ada puluhan tahun yang lalu, dan diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga. Dari namanya tidak diketahui siapa pembuat awal kerupuk ini. Namun banyak yang menyebutnya kerupuk bunga ros karena bentuknya yang mirip bunga ros. Tidak semua dapat membuat kerupuk kembang ros, hanya ibu-ibu yang pandai memainkan jempolnya untuk mendaptkan bentuk seperti bunga ros. Hingga saat ini belum ada alat khusus untuk mencetak kerupuk ini. Kerupuk kembang ros banyak dijumpai dalam acara khusus seperti khitanan, pernikahan, hari raya, dan lain-lain. Kerupuk ini dijual dalam kondisi kering dalam plastic dimana kita harus menjemurnya terlebih dahulu untuk mendapatkan kembang ros yang mekar sempurna.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Morning Person | Architecture Graduate | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home| Healthy Lifestyle | Coffee Addict

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.