Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik adalah pencahayaan yang dapat memenuhi kenyamanan visual dan selaras dengan sistem jam internal dalam tubuh.

Pencahayaan membantu kita untuk dapat merasakan dimensi ruangan dan melihat benda. Di pagi hari sampai sore hari matahari memberikan limpahan cahayanya, sehingga kita bisa melihat dunia dan melakukan kegiatan sehari hari.
Pergerakan dari terang dan gelap, secara berulang telah membuat kita mengembangkan sistem jam internal dalam tubuh. Gerakan perulangan yang kompleks ini mengendalikan dan mengkoordinasikan 24-jam variasi dari semua fungsi tubuh. Sinar matahari pagi akan membangunkan dan menggerakkan kita untuk memulai bekerja, ketika sinar matahari sedang teriknya kita mengalami puncak keaktifan dan akan mengalami penurunan ketika sinar matahari mulai tergantikan dengan cahaya bulan. Hal ini akan diikuti dengan sistem ketahanan tubuh pula dengan ditandai menurunnya suhu badan di malam hari. Mengganggu proses diatas dapat mengakibatkan berbagai efek negatif, memproduksi gejala gangguan seperti depresi atau penyakit kekebalan tubuh.
Konsep kedinamisan pergerakan matahari ini sebaiknya diteruskan ke dalam pencahayaan lampu di dalam ruangan. Ketika siang hari, pencahayaan merata dan terang sangat dibutuhkan terutama untuk bekerja sehingga kita merasa lebih aktif dan produktif. Pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber cahaya gratis juga dianjurkan, bukaan lebar membantu memasukan cahaya kedalam ruangan. Untuk daerah yang kurang cahaya tentu saja memerlukan bantuan cahaya lampu.
Teknik pencahayaan lampu di malam haripun disamakan dengan kondisi dimana matahari bergerak turun, dengan adanya permainan kontras cahaya terang dan bayangan dan pengaturan sudut tata letak lampu. Disini tidak diperlukan lagi cahaya yang flat ato merata diseluruh ruangan. Dengan demikian secara tidak langsung kita akan menghemat pemakaian lampu karena hanya bagian yang penting dan perlu saja yang diberi cahaya.
Di obyek pajangan dan di meja sebagai area baca membutuhkan cahaya yang cukup tanpa harus merusak penglihatan karena silau atau intensitas yang kurang sehingga menyebabkan mata lelah. Pencahayaan efektif ini akan disebut berhasil jika memenuhi kualitas visual.
Instalasi pencahayaan yang tepat diperlukan untuk memenuhi kenyamanan visual pada obyek atau meja dengan menghindari silau baik langsung maupun pantulan. Hal ini didapat dengan penempatan pada sudut yang tepat dan pemilihan lampu dengan mempertimbangkan kualitas warna cahaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.