Membentuk Otot dengan Body Pump

Body Pump
Kelas Body Pump di Jatomi Fitness

Pernah melihat laki-laki yang bangga dan merasa keren karena memilih Body Pump sebagai olahraganya? Tenang saja, latihan Body Pump yang identik dengan pemakaian beban ini dapat dilakukan oleh siapa saja, baik lelaki walaupun perempuan. Untuk perempuan, melakukan latihan Body Pump tidak perlu takut tubuh tidak terlihat feminin dan berotot seperti atlet binaraga. Karena untuk memiliki tubuh seperti binaraga harus melakukan pola latihan dan asupan nutrisi yang berbeda pula.

Body Pump pertama kali dimunculkan oleh Phillip Mills dan istrinya Dr. Jackie Mills pada Desember 1991 di Auckland, Selandia Baru. Body Pump diciptakan untuk menarik orang masuk ke dalam kelompok kebugaran sekaligus menghilangkan opini perempuan tidak boleh melakukan latihan angkat beban.

Setiap kelasnya Body Pump dilakukan selama 59 menit, ada juga format 45 menit dan 30 menit,setiap kelas berisi delapan sesi berbeda pembentukan otot yang diiringi oleh lagu tertentu, dan setiap kelasnya dimulai dengan pemanasan untuk pembukaan dan pendinginan pada sesi penutupan.

Peserta Body Pump dapat menyesuaikan beban yang digunakan berdasarkan bobot tubuh dan tujuan pribadi mereka melakukan Body Pump. Melakukan latihan Body Pump secara rutinbertujuan untuk mendapatkan ketahan otot dengan memindahkan beban ringan dengan cara pengulangan yang disebut dengan Les Mills Efek Repetition. Untuk pemula tidak perlu menggunakan beban yang sangat berat. Instruktur Body Pump saya di Jatomi Fitness, Andreas selalu mengatakan β€œBody Pump bukan kompetisi angkat berat,” di setiap awal latihan. Ini dimaksudkan setiap peserta menyadari kemampuan tubuh dan dapat mengikuti setiap gerakannya dengan baik dan benar. Benar dalam artian tidak menyakiti tubuh dan membuat cedera.Β  Untuk pemula disarankan beban yang direkomendasikan 1,250-2,50 kilogram atau jika belum percaya diri dapat 0,5 kilogram dahulu (ini beban awal saya saat memulai. Bertambah seiring berjalannya waktu dan banyaknya sesi latihan yang diikuti).

Meskipun aman dilakukan untuk semua usia, sebaiknya minimal berusia 17 tahun bagi yang ingin mengikuti proses latuhan ini. Jika di bawah usia 17, tubuh masih dalam tahap pertumbuhan dan ditakutkan akan merusak masa pertumbuhannya. Sebaiknya sesuaikan program latihan Body Pump dengan polas makan yang sehat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.