Yuks Jalan-Jalan Ke 10 Blog Kece Ini

BPN 30 Days Blog Challenge

Memiliki pengalaman belasan tahun di dunia jurnalistik tidak membuat saya paham dan mengerti dunia blogging. Ini dunia yang baru untuk saya, dan butuh banyak belajaaaaarrrr banggeeetttt. Wuih panjang bener hurufnya, ya karena saya memang butuh banyak belajar. Sesuai dengan tema BPN 30 Days Blog Challenge hari-16 tentang 10 List Blog Favorit untuk Blog Walking, saya akan cerita bagaimana kisahnya hingga saya dapat jalan-jalan ke blog-blog kece ini.

Saat tergabung dengan komunitas dan ‘mendengarkan’ percakapan di dalamnya tentu banyak istilah yang tidak saya ketahui, salah satunya BW. Apa sih BW itu? Awalnya saya mengira blog yang Black and White, ternyata bukan itu. Setelah beberapa minggu baru saya ketahui BW itu yakni Blog Walking, dan menjadi kewajiban seorang blogger untuk blog walking selain membuat content yang menarik. ‘Kedengarannya’ hanya sebuah hal sederhana yang harus dilakukan, tetapi tidak untuk saya yang terlahir pemalu dan introvert (kepada orang yang belum dikenal), bagi saya itu berat sekali, wuwuwuw…… Rasanya seperti orang yang kepo maksimal harus masuk ke blog orang, lihat-lihat, lalu meninggalkan ‘jejak’ komen. Perasaan takut dianggap sok akrab dan dibilang “siapa sih nih orang, nimbrung ajah,” membuat saya tidak lekas untuk blog walking.

Ternyata faktor kesuksesan sebuah blog tidak hanya dilihat dari menarik dan tidak menariknya content yang disajikan di dalamnya, kalau tidak ada yang baca untuk apa? Dari situ saya mulai blog walking ke beberapa blog. Waktu-waktu di perjalanan (kalau dapat duduk di commuterline), sebelum tidur, atau saat menonton teve, biasanya saya blog walking. Ternyata banyak hal yang saya dapat dengan blog walking, bahkan saat ini saya terbilang kecanduan blog walking hahahaha…. Jika ada hari di mana tidak sempat untuk blog walking seperti ada penyesalan tersendiri. Lalu manfaat blog walking seperti apa sih yang saya dapat:

  • Sudah pasti akan mendapatkan pengalaman dan informasi baru melalui tulisan-tulisan yang para blogger tersebut sajikan. Contohnya nih sebelum blog walking saya tidak tahu yang namanya micellar water, setelah blog walking ke beauty blogger jadi tahu manfaat micellar water itu (meskipun belum dipraktekan).

  • Jalan-jalan ke blog lainnya terkadang memunculkan inspirasi dan ide-ide baru yang sebelumnya tidak terbayangkan olah saya. Ide-ide tersebut tidak melulu tentang blogging ya, misalnya karena sering mengunjungi blog Ewafebri jadi tertarik ingin membuat journal sendiri (langkah pertama sudah loh, beli jurnalnya hahahaha…..)

  • Mendapat teman baru, yeaaayy…. Kata agama memperbanyak silaturahmi akan menambah rejeki dan memperpanjang usia. Nah blog walking ini salah satu cara silaturahmi online.

  • Dengan meninggalkan komentar saat blog walking berarti saatnya meninggalkan backlink URL blog. Selain itu bermanfaat juga untuk membangun dan meningkatkan perkembangan blog di search engine. Aduh saya masih susah menjelaskan poin ini secara teknis karena masih terhitung newbie huhuhu…..

  • Manfaat lain yang saya rasakan yakni sudah pasti dapat promosi blog biar dikunjungi balik. Jika blog kita ramai pengujung pasti senang dong. Jadi jangan lupa buka pintu selebar-lebarnya untuk blog walking ya.

BPN 30 Days Blog Challenge

Berikut ke-10 blog yang sering saya kunjungi, yang lainnya masih banyak dan maaf kalau tidak tersebut semua, tapi kalian semua selalu di hati kok, eeeaaaakkk….

  1. DsgnTalk

  2. HalPertama

  3. Ewafebri

  4. Travelingpersecond

  5. Joecandra

  6. Mbul Nita

  7. Dianrestuagustina

  8. JustisiaNita

  9. Hilma Indriani

  10. Jibabbackpacker

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

17 thoughts

  1. Ga ga akan aku bilang sok kepo atau sksd kok mb nin ihiiiw, ew mb ninin jurnalis juga, wah salim, jurnalis senior dunk

    Mamacih mb, ku melihat ada namaku nyempil di mari, betapa terharunya…
    Harus sering2 mampir ke mari ah aku…

  2. Baru sempat blogwalking, ternyata blog saya masuk list. 🙆. Makasih mbak Ninin blognya di apresiasi 👯😘

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.