Berkebun di Taman Mungil Seluas 50 m2

taman mungil

NININMENULIS.COM – Memiliki taman mungil tak menjadi hambatan untuk mendapatkan taman yang indah dan asri. Seperti taman satu ini yang saya datangi atas ajakan dari sang landscaper-nya Andie dari X-Otic Garden Bandung. Di tangan Andie taman mungil seluas 50 meter persegi ini ‘disulap’ menjadi taman  mungil yang tidak saja mewadahi aktivitas sang pemilik namun juga indah dilihat.

Awalnya pemilik taman mungil, Mariana Setiawati Hardi menginginkan taman mungil yang tropis, colourful, dan juga low maintenance. Selain itu hobi sang pemilik taman mungil ini dalam berkebun dan koleksi berbagai tanaman memunculkan konsep Simple Tropical Decoration, di mana pemilik tetap dapat menyalurkan hobinya tanpa kehilangan keindahan secara visual. “Taman mungil itu selain fungsional juga harus indah oleh siapapun yang melihatnya,” ujar Andie. Dan untuk mendapatkan itu Andie memaksimalkan sudut-sudut terbaik dalam taman mungil depan rumah ini.

Baca juga: 4 Tahun Menata Taman 8000 m2 Ini

taman mungil samping rumah

Saat pertama kali melihat taman mungil cantik yang berlokasi di Kompleks Sentra Duta, Bandung ini, mata kita langsung tertuju ke sebuah bangku taman dari beton yang multifungsi. Selain diduduki, bangku tersebut dapat difungsikan sebagai stepping stone dan artwork di taman mungil depan rumah ini. Seperti tidak kehabisan ide, Andie memberikan remukan kaca leleh di bawah bangku taman mungil dengan penerangan lampu LED yang dapat menyala saat malam hari – remukan kaca ini dianalogikannya sebagai kolam imajiner. Di taman mungil ini dijumpai beberapa jenis tanaman tropis sebagai tanaman utama, seperti pandan laut, monodora, pandan Bali dan cemara.

taman mungil cantik

Sebagai filler pada taman mungil, Andie banyak menggunakan jenis tanaman hias seperti bromelia, rose, heliconia, lantana, diamond, anggrek tanah, irish, waterlily, lotus, caliandra, bakung-bakungan, pacing, annually bust plant dan beberapa jenis fragrant plants seperti gardenia dan jenis jenis melati, rose dan lain sebagainya. “Selain warna, tekstur dan silhouette tanaman yang saling support dalam membentuk karakter taman mungil cantik, unsur aroma pun memanjakan indra penciuman di taman mungil ini,” tutup Andie ramah.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

One thought

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.