4 Material Lantai yang Sesuai dengan Ruangan

NININMENULIS.COM – Kehadiran material lantai berperan penting dalam aktivitas sehari-hari di rumah, mulai dari bermain hingga belajar semua dilakukan di atas lantai. Banyak pilihan jenis material lantai yang dapat dipilih, mulai granit, material lantai keramik hingga carpet tile.

Untuk pengaplikasian material lantai pun tak sulit. Sesuaikan jenis material lantai dengan fungsi ruangan, ambiance yang ingin didapat dengan jenis, warna, dan tektur dari lantai. Teknologi yang digunakan untuk material lantai saat ini pun sudah cukup mewadahi, sehingga akan didapat tekstur senatural material alami. Berikut empat jenis material lantai yang dapat dijadikan pilihan dalam mendandani ruangan di rumah.

Baca juga: Wajah Baru Stasiun Cisauk

material lantai

Material lantai granit rustic atau glazed

Masyarakat sudah terlanjur memposisikan jenis material lantai granit rustic atau glazed sebagai tile yang hanya boleh terpasang di area outdoor, seperti kamar mandi, teras, dan carport. Namun, kini tren desain material lantai untuk rumah lebih in out dengan meniadakan batasan antara eksterior dan interior. Contoh material lantai seperti seri Castello Terreno dari Granito, produsen tile jenis homogenous tile mampu membaca pasar dengan memperbaharui kembali tipe rustic (kasar).

Desain permukaan jenis material lantai ini menarik, menyerupai batu alam dengan tekstur lembut yang cocok untuk ruangan bernuansa modern natural. Aplikasi material lantai ini di ruangan akan membuat jiwa terasa dekat dengan alam sehingga membuat relaks dan nyaman. Ketidakseragaman tampilan material lantai model ini walaupun berasal dari satu tipe yang sama justru membuat tampilan ruangan menjadi lebih unik.

Saat ini material lantai Castello Terreno hanya tersedia dalam tipe 60×60 karena ukuran ini yang paling banyak digunakan dan mampu membuat ruangan terkesan luas dan besar. Varian baru jenis material lantai ini lebih variatif, terdiri dari tipe Tasso, Pietra, Nevica, Moscatta, Argento dan Nuvola dengan warna natural cream, hitam dan abu-abu.

jenis material lantai

Material lantai berbentuk carpet tile

Jenis material lantai carpet tile kini hadir dalam berbagai varian motif yang luar biasa seperti yang tampil di sini. Interface, sebuah produsen material lantai berbentuk carpet tile dunia yang bermarkas di Singapura menawarkan tile dengan motif, tekstur, dan sistem pemasangan (interface system) yang berbeda dari kebanyakan produsen sejenis.

Dengan jenis material lantai terbaru, Skinny Planks. Material lantai ini terbagi atas ukuran lembaran 25cm x 1m, 50cm x 1m, 1m2, dan 50cm2. Secara proporsi dan skala, jenis material lantai Skinny Planks akan memberikan tampilan maksimal, tidak hanya dalam bentuk kotak-kotak yang monoton tetapi dalam desain-desain geometris dan asimetris, sehingga bila menginginkan desain-desain lantai unik dan berbeda, kini bisa bebas berkreasi.

Baca juga: Investasi Real Estate Diprediksi Naik 5% pada 2019

material lantai keramik

Raw concrete tile

Elmina merupakan material lantai keramik seri porcelain Niro Granite yang terinspirasi dari gold limestone yang dahulu banyak digunakan bangsa Spanyol dan Potugis untuk membangun kastil dan benteng di lepas pantai Atlantik, Afrika. Kelebihan material lantai keramik Elmina terletak pada semburat warna kuning dan jingga pada permukaan tile.  Jenis material lantai Elmina tersedia dalam empat varian warna Fuji White, Sierra Beige, Yukon Grey, dan Rocky Grey dalam ukuran 60x60cm dan 60x120cm.

Untuk menghasilkan kombinasi material lantai yang menarik, Elmina memiliki empat alternatif material lantai yang dapat memberikan dimensi berbeda pada area pilihan di hunian tinggal.

Satu lagi seri terbaru dari jenis material lantai raw concrete yang menginspirasi yakni Stockholm. Jenis material lantai ini mengetengahkan gaya modern-vintage art yang banyak disukai kaum urban. Material lantai ini tersedia dalam empat varian warna mulai putih, beige, abu-abu, hingga abu-abu tua dengan ukuran 6060cm dan 60x120cm. Melalui aksentuasi yang stylish, jenis material lantai Stockholm mampu menginfusikan nuansa elegan dan sophisticated pada ruangan.

material lantai

Natural Tile

Terdapat lima series terbaru material lantai yang dikeluarkan Roman Granit yakni dBalsa, dPalacio, dConcerto, dAugustus dan dCypress. Material lantai keramik dBalsa dengan konsep kayu tropis tersedia dalam 4 pilihan warna dengan karakter kayu natural, dBalsa Avorio, dBalsa Pine – coklat kekuningan, dBalsa Rosato – coklat kemerahan dan dBalsa Wengue – coklat tua.

Koleksi dari material lantai keramik Roman Granit ini memiliki ukuran 60x15cm dengan permukaan matt satin yang akan mewujudkan suasana confy pada interior di Living Room, Library, Cafe, Butik dan lain-lain. Koleksi material lantai keramik Roman Granit yang lainnya terinspirasi dari batu travertine nan klasik, dPalacio. Dengan ukuran 60x60cm material lantai inimemiliki tekstur halus yang dapat memperkuat konsep modern kontemporer.

Dengan teknologi digital tecnica, material lantai keramik dPalacio memiliki 3 variasi warna, dPalacio Perla, dPalacio Grigio dan dPalacio Crema. Untuk pemasangan material lantai keramik ini dapat dilakukan dengan continuous untuk mempertegas panjangnya ruangan atau zigzag. Jenis material lantai ini cocok diaplikasikan pada area residential maupun commercial seperti Living Room, Lobby, Restoran, dan lain-lain.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.