Menginap di Kamar Sang Fajar Hotel Tugu Blitar

NININMENULIS.COM – Dari Hotel Tugu Blitar kota Blitar Jawa Timur inilah Grup Tugu Hotels berawal. Di kota kelahiran Sang Proklamator, Hotel Tugu Blitar berada. Hotel Tugu Blitar yang terletak dekat dengan alun-alun kota Blitar ini juga merupakan hotel boutique dan memiliki restoran terbaik di Blitar. Perpaduan antara bangunan kolonial dan ruang berinterior Jawa di Hotel Tugu Blitar kota Blitar Jawa Timur memberikan suasana romantis. Ditambah pula suasana nostalgia yang dihadirkan kota Blitar melalui kehadiran pasar tradisional, alun-alun dan becaknya, memberikan kesan mendalam dan rasa “ingin kembali” saat menginap di Hotel Tugu Blitar.

Baca Juga: Membuat Mangga Kembang Sendiri

Hotel Tugu Blitar menempati bangunan kolonial Belanda yang dibangun 1850-an. Setiap detail Hotel Tugu Blitar masih mencerminkan kemegahan di jamannya, deretan pilar berukuran raksasa, plafon tinggi, deretan foto-foto lama dan chandelier art deco yang elegan. Setelah perang dunia kedua, hotel tertua di Indonesia yang awalnya disebut Hotel Zentrum berubah menjadi Hotel Sri Lestari lalu kedua hotel tersebut bersatu yang kemudian disebut Tugu Sri Lestari hingga akhirnya dikenal dengan Hotel Tugu Blitar.

tugu
Jalan Masuk Hotel Tugu Blitar (Fotografer: Arno Santosa)

Berbeda dengan main entrance hotel pada umumnya, Hotel Tugu Blitar memiliki main entrance yang dipenuhi tanaman merambat, sehingga memberikan suasana sejuk. Receptionist desk Hotel Tugu Blitar yang berada di kanan entrance di antara lobby yang kental suasana Jawa. Di seberangnya terdapat restoran Hotel Tugu Blitar, Colony restaurant dengan dua patung besar menghiasi area ruang makan. Restoran di Hotel Tugu Blitar ini memancarkan suasana romantis perkebunan kolonial Belanda diakhir abad ke-19.

Restoran milik Hotel Tugu Blitar ini menyajikan berbagai menu terbaik, mulai dari masakan tradisional Indonesia, Cina hingga kontinental. Tidak begitu jauh dari Colony restaurant terdapat ruang dengan peralatan gamelan lengkap di dalamnya yang setiap Jumat malamnya, semua tamu di Hotel Tugu Blitar dapat menikmati live music gamelan.

Baca Juga: Romantisnya Makan Malam Di Candi Penataran

Ada beberapa jenis kamar di Hotel Tugu Blitar, salah satu yang menarik yakni sebuah ruangan yang didedikasikan untuk Presiden pertama RI, Soekarno. Sang Fajar Suite. Kamar berukuran 80 m2 ini dan terbesar di banding kamar lain di Hotel Tugu Blitar memiliki living room dan kamar tidur yang terpisah. Furnitur megah bergaya antik art deco, Living room dengan sofa biru dan lemari kayu khas Hotel Tugu Blitar kota Blitar Jawa Timur yang menyimpan memorabilia dan foto-foto lama Soekarno menghias ruangan ini.

hotel blitar
Sudut lain dari Kamar Sang Fajar di Hotel Tugu Blitar (Fotografer: Arno Santosa)
kamar sukarno
Kamar di Hotel Tugu Blitar kota Blitar Jawa Timur yang didedikasikan untuk Presiden Soekarno (Fotografer: Arno Santosa)
sang fajar
Kamar Tidur Sang Fajar di Hotel Tugu Blitar (Fotografer: Arno Santosa)

Di Hotel Tugu Blitar terdapat juga 10 unit Tugu Suites Room yang didominasi warna-warna romantis, tempat tidur berkanopi berukuran besar khas Jawa Timur. Hotel Tugu Blitar Suites dilengkapi dengan kamar mandi berlapis ubin teraso tua. Banyak deretan Presiden dan Menteri Indonesia pernah menginap di Hotel Tugu Blitar khususnya di Sang Fajar Suite dan Tugu Suites.

Selain kedua unit tersebut Hotel Tugu Blitar masih memiliki  8 Executive Suites dan 12 Deluxe Executive Suites. Kedua suites di Hotel Tugu Blitar ini sama-sama berukuran 30 m2 hanya perbedaan pada jenis bed-nya, double bed pada Executive Suites dan twin bed pada Deluxe Executive Suites. Terdapat juga 14 superior room dan 11 mungil room bagi Anda yang ingin menginap di Hotel Tugu Blitar dengan budget terjangkau.

Baca Juga: Lapangan Banteng Jaman Now

Berdekatan dengan Colony Restaurant di dalam area Hotel Tugu Blitar, terdapat Waroeng Jawa, restoran streetside tradisional Jawa, dan meeting area yang menyenangkan di sore hari. Setiap sorenya, di Waroeng Jawa Hotel Tugu Blitar ini menyediakan teh gratis untuk semua tamu. Di sinilah Hotel Tugu Blitar kerap menyajikan makanan teh lokal, kopi dan minuman herbal serta makanan ringan tradisional Indonesia seperti kue talam, kacang tanah rebusm tahu goreng, kue mutiara dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang menyukai perawatan tubuh dapat mengunjungi Hotel Tugu Blitar Lali Djiwa Heritage Spa. Di sini Anda mendapatkan perawatan tubuh yang berasal dari tradisi kuno Indonesia yang dikombinasikan dengan sisi spiritualitas untuk mencapai keseimbangan pikiran, tubuh dan Jiwa khas Hotel Tugu Blitar kota Blitar Jawa Timur.

Alamat Hotel Tugu Blitar: Hotel Tugu Blitar, Jalan Merdeka no.173 Blitar Jawa Timur. Telp. (0342) 801766
Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Morning Person | Architecture Graduate | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home| Healthy Lifestyle | Coffee Addict

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.