Kain Tenun Tangan Sutra Baron

tenun tangan sutra baron
NININMENULIS.COM – Di mulai pada 1976 di Kota Solo yang menghasilkan kain tenun. Kain tenun tangan sutra polos, bergaris, dan ikat yang ditenun oleh 5 penenun di dalam usaha rumahan milik Baron Manansang, nama lengkapnya.

Baron sangat mengagumi kain kuno Nusantara khususnya kain tenun. Ia juga mengumpulkan banyak teknik pengerjaan yang sudah lama bahkan hampir punah. Berangkat dari sini ia bertekad menghidupkan kembali teknik kuno tersebut.

Baca juga: Program Pameran Museum Macan 2019

Di masa itu usaha kain tenun khusus tenun tangan sutra tidak ditemukan di Kota Solo bahkan di Pulau Jawa pada umumnya.

Usaha kain tenun khususnya tenun sutra dari daerah Juana, Jawa Tengah sudah punah beberapa dekade sebelumnya. Ini yang menjadikan tenun tangan sutra Baron sebagai pelopor dalam menghidupkan kembali usaha kain tenun di Pulau Jawa.

Pada 1997, Baron menemukan teknik baru untuk mendapatkan kain tenun yang dapat menghasilkan ragam hias di atas bidang kain jika dilihat secara menerawang. Teknik ini dinamai teknik tenun tangan sutra Baron. Dan nama ini terus digunakan untuk semua jenis kain yang menggunakan teknik ini meskipun bukan dihasilkan oleh rumah tenun Baron sendiri.

Baca juga: Investasi Real Estate Diprediksi naik 5% pada 2019

kain tenun

Pada pembuatan kain tenun, sebutan kain tenun tangan sutra Baron menjadi kata generik yang umum digunakan untuk kain tenun jenis ini. Bahkan ada setelah kain ditenun bahkan kain tersebut dibatik bahkan ada yang ditambah sulam tangan.

Sehingga menambah pesona tenun tangan sutra Baron yang dihasilkan dengan teknik yang sangat cermat dan bercitarasa tinggi.

Jumlah kain tenun ini terbatas, bahkan tidak akan pernah ada dua kain tenun tangan sutra Baron yang sama. Hhmm…..kain tenun yang menarik.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.