Cara Menata Taman Kecil

taman kecil depan rumah
NININMENULIS.COM – Banyaknya taman kecil yang hadir saat ini bukanlah disebabkan oleh tren namun lebih kepada tingginya nilai lahan di kawasan perkotaanlah yang menyebabkan banyak rumah yang hanya menyisakan sedikit taman kecil depan rumah atau taman kecil belakang rumah.

Bagi kamu yang memiliki taman kecil depan rumah atau taman kecil belakang rumah jangan keburu menyerah pada nasib dan kemudian menelantarkan taman kecil tersebut yang sebenarnya bernilai tinggi. Masih banyak cara menjadikan taman kecil menjadi area yang menarik dan bermanfaat.

Baca juga: The Mandala House Canggu Bali

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menata taman kecil adalah memberikan sebuah penekanan atau fokus. Fokus tersebut dapat berupa sebuah tujuan yang akan kamu harapkan akan ada di dalam taman kecil tersebut, seperti sebuah area duduk, elemen taman kecil berupa patung, tempat mandi burung, atau hamparan bunga. Tentunya lebih keren bila fokusnya adalah hasil karya kamu sendiri.

Setelah menentukan fokus di taman kecil, kamu tinggal menentukan latar belakang untuk elemen fokus tersebut. Tanaman-tanaman yang dikombinasikan tingkat rimbunnya bisa menjadi pilihan. Daun-daun besar yang banyak ditemukan di daerah tropis akan membantu membuat taman kecil terasa lebih besar. Untuk taman kecil depan rumah menghadirkan hamparan bunga yang rimbun dan berbunga besar bisa menjadi elemen yang memusatkan perhatian siapapun yang melihatnya. kamu juga bisa membagi lahan menjadi area-area lebih kecil namun tetap harus menentukan fokus dari taman tersebut.

Baca juga: Antologi Rasa Saat Cinta Lebih Rumit daripada Membeli Tiket Nonton

taman kecil

Untuk taman kecil jangan lupa untuk memilih tanaman yang mudah dalam perawatan dan pemeliharaan. Kamu tentu tidak ingin taman kecil depan rumah atau taman kecil belakang rumah terlihat kumuh dan kotor akibat dari pemilihan tanaman yang mudah mengugurkan daun. Selain itu jagalah selalu kebersihan dan lakukan pemangkasan teratur di taman kecil untuk menjadikan tampilannya tetap indah dan rapi.

Dari sini sudah jelas bahwa tidak ada alasan menelantarkan taman kecil depan rumah atau taman kecil belakang rumah. Ingat, kecil-kecil juga cabe rawit! Dengan sedikit konsentrasi dan kasih sayang, taman kecil yang mengelilingi rumah kamu pun bisa menjadi bagian rumah yang menambah kenyamanan dan kebanggaan.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Morning Person | Architecture Graduate | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home| Healthy Lifestyle | Coffee Addict

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.