Message in The Terrarium

terrarium kaktus
NININMENULIS.COM – Jika The Police pada 1979 memiliki lagu hits Message in The Bottle, saat ini kita punya Message in The Terrarium. Dalam lagu Message in The Bottle menceritakan pesan yang dikirimkan oleh seseorang yang terdampar di sebuah pulau dan mengirimkan pesan cinta di dalam sebuah botol yang dilemparkan untuk dibawa arus lautan kepada siapapun yang menemukannya. Itu dulu, sekarang kita tinggal membuat terrarium mini untuk mengirikan pesan cinta.

Terrarium adalah taman ukuran mini yang dibuat di dalam sebuah tempat yang terbuat dari material transparan, biasanya kaca. Untuk tempatnya, terrarium dapat dibuat di dalam sebuah aquarium, toples besar, atau bahkan wadah bekas yang sudah tidak terpakai, seperti pot kopi dari alat pembuat kopi.

Baca juga: Fakta Seputar Bunga Jengger Ayam

Terrarium adalah sebuah lingkungan yang tertutup. Oleh karenanya pemilihan tanaman untuk terrarium pun tentunya didasarkan pada kemampuan hidup di kondisi lembab, relatif kering, cahaya matahari relatif terbatas, dan cenderung memilih jenis-jenis yang memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat. Jenis-jenis tanaman succulent, kaktus, pakis-pakisan, dan tanaman penutup tanah bisa menjadi pilihan untuk terrarium.

Untuk kamu yang tinggal di apartemen atau di rumah dengan lahan terbatas, kecintaan terhadap kegiatan bertaman menemui kisah ‘bertepuk sebelah tangan’, untuk itu alternatif kegiatan bertaman ini bisa diatasi dengan membuat terrarium.

Kamu juga bisa mengisi terrarium design sendiri dengan ornamen-ornamen lainnya seperti miniatur dengan tema-tema tertentu sebagai alternatif yang menyenangkan, tentunya selama tema tersebut relevan. Misalnya, bila kamu adalah pecinta film fiksi, bisa membuat terrarium dengan tema planet antah berantah dan memasukkan tokoh, seperti Mr. Spock atau Han Solo, di dalam terrarium mini tersebut.

Baca juga: Ruby Longan, Si Kelengkeng Merah

Kadang-kadang, terrarium juga dijadikan lingkungan hidup bagi hewan-hewan kecil. Membangun sebuah terrarium mini adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan, sekaligus menenangkan. Selain bisa menjadi kegiatan bersama keluarga – dari mulai mengumpulkan ide, membangun, sampai merawatnya.

Terrarium juga membuat suasana ruangan rumah terus menerus berubah, karena kehidupan dan pertumbuhan yang terjadi di dalamnya. Dan, yang terpenting, dengan terrarium ketidaktersediaan lahan tidak lagi menghalangi kecintaan kamu terhadap alam. Pesan kecintaan terhadap alam ini pun terus kamu kirimkan dalam message in the bottle eh terrarium.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.