Cara Menggunakan Panci Presto dengan Aman

NININMENULIS.COM – Di hari ke-11 ini BPN Ramadhan Blog Challenge mengambil tema Cara Menggunakan Panci Presto. Uuwwoooww…. peralatan dapur satu ini memang menjadi andalan para moms di saat akan lebaran ya. Semua sajian khas lebaran mulai dari memasak ketupat hingga rendang yang empuk dan gurih dapat dikerjakan menggunakan panci presto. Tetapi apakah masih ada para moms yang takut menggunakan panci presto atau pressure cooker ini?

cara menggunakan panci presto

Dalam penggunakan panci presto memang haruslah secara baik dan benar. Sebab bila sala dalam pemakaian tentu akan membahayakan penggunakanya. Bagi yang pertama kali menggunkan panci presto alangkah baiknya membaca terlebih dahulu instruksi cara pemakaian di manual book yang selalu disertakan setiap pembelian panci presto. Atau kamu dapat menyimak beberapa tips cara menggunakan panci presto dengan aman yang akan saya share di sini.

Baca jugaResep Opor Ayam Kuning Anti Gagal

Berikut ini cara menggunakan panci presto atau pressure cooker yang baik dan benar agar tidak melakukan kesalahan yang fatal.

  • Lakukan Pemeriksaan

    Sebelum menggunakan panci presto, terlebih dahulu melakukan pemeriksaan pada bagian sistem katup apakah fungsinya dalam keadaan yang baik atau tidak.

  • Mengisi air sesuai dengan prosedur

    Saat akan digunakan kamu harus pastikan jumlah air yang dimasukan ke dalam panci presto sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Jangan sekali-kali mengisi air dalam jumlah yang lebih sedikit dari yang disarankan. Untuk memasak makanan yang biasa harus mengisinya tidak lebih dari 2/3 ukuran panci presto. Untuk makanan yang mengandung air banyak, terdapat busa, bahkan makanan tersebut bisa mengembang kamu tidak boleh mengisinya lebih dari ½ dari ukuran panci presto.

  • Segera kecilkan api sampai titik terendah

    Agar tekanan yang diinginkan tercapai sebaiknya pergunakan api yang besar, jika sudah mencapai tekanan yang diinginkan maka segeralah mengecilkan api hingga titik terendah tetapi api tersebut tetap dapat membuat tingkatan tekanan tetap terjaga dan sesuai dengan keinginan.

  • Pergunakan tabel waktu pemasakan

    Bila perlu jangan lupa untuk mempergunakan tabel waktu pemasakan agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Cara ini dapat digunakan apabila didalam resep tersebut tidak terdapat keterangan berapa banyaknya jumlah air yang digunakan serta tidak adanya metode pelepasan tekanan yang dibutuhkan.

  • Menggunakan metode penurunan tekanan alami

    Bagi jenis makanan yang di dalamnya terkandung air, terdapat busa, daging-dagingan, serta terdapat kulit pada makanan tersebut kamu harus menggunakan metode penurunan tekanan secara alami atau natural release.

Baca juga: Resep Soto Ayam Bening Rumahan Tanpa MSG

  • Jangan menggunakan minyak

    Tidak menggunakan minyak maupun lemak lebih dari ¼ cup atau sekitar 60 cc dan tidak melebihi batas ketentuan dari pembuatan produk panci presto.

  • Tidak menyiram sistem katup

    Jika dalam penurunan tekanan harus menggunakan air maka jangan langsung menyiram sistem katup yang tersedia pada panci presto tersebut.

  • Periksa bagian tekanan

    Setelah selesai memasak, sebelum membuka panci presto terlebih dahulu harus memeriksa bagian tekanan apakah sudah menurun pada tingkat yang normal atau belum. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang dialami setelah menggunakan panci presto tersebut.

Demikian beberapa cara menggunakan panci presto yang aman agar terhindar dalam melakukan kesalahan dan tidak mengalami kejadian yang beresiko. Happy cooking!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.