Cara Mencegah dan Menghilangkan Bau Mulut

NININMENULIS.COM – Menghilangkan Bau Mulut, itu tema BPN Ramadhan Blog Challenge hari ke-10 ini yang berarti puasa juga memasuki hari ke-10, yeaaayyy! Selama 10 hari puasa, apakah ada di antara kamu yang memiliki masalah dengan bau mulut? Ugh, pasti rasanya tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri ya.

Meskipun bukan masalah medis yang parah, bau mulut bukan hanya mengganggu penderitanya saja namun juga orang lain di sekitar. Untuk itulah bau mulut harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah yang lebih jauh lagi.

Bau mulut atau bahasa kerennya halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Namun studi menunjukkan, 80% bau mulut berkaitan erat dengan kesehatan mulut. Umumnya bau mulut timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang berada di dalam mulut terlalu lama dihancurkan oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

cara menghilangkan bau bulut
Percaya diri tanpa bau mulut

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Faktor-faktor Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut lainnya adalah kesehatan gigi yang tidak baik. Gigi berlubang dan masalah pada gusi seringkali menjadi penyebab keluarnya darah dari gusi sehingga mulut berbau tidak enak. Yuk, cek lebih masalah kesehatan dan penyebab bau mulut berikut:

  • Sinusitis

    Banyak penderita sinusitis yang tidak menyadari bahwa sinusitis menyebabkan bau mulut karena sinusitis menghasilkan lendir kental berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan. Parahnya, saat sinusitis menyerang, penderita tidak bisa mencium dengan baik, sehingga sering luput mendeteksi apakah ia memiliki bau mulut atau tidak. Penyebab sinusitis biasanya adalah virus flu yang menyebabkan infeksi. Penyebab lainnya antara lain bakteri jamur, infeksi gigi, atau aktivitas mer*k*k yang rutin.

  • Xerostomia atau mulut kering

    Xerostomia atau mulut kering adalah suatu kondisi gangguan kesehatan yang kadang terjadi karena hal–hal kecil yang terlupakan. Salah satu penyebab mulut kering adalah kurangnya kandungan air liur di dalam mulut. Faktor lainnya karena sedang berpuasa, dehidrasi, konsumsi obat, atau saat sedang pilek. Keringnya mulut karena ketiadaan air liur jelas membuat mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Air liur di dalam mulut berperan untuk membunuh bakteri berlebih sehingga tidak sampai mengeluarkan bau tidak sedap.

  • Gangguan saluran pencernaan

    Penyebab lain yang lebih serius sehingga menyebabkan timbulnya bau mulut tidak sedap adalah gangguan saluran pencernaan. Gangguan pencernaan yang paling umum adalah maag dan penyakit asam lambung atau GERD. Saat terkena penyakit asam lambung, lingkaran otot bawah Esofagus biasanya sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan asam lambung keluar dari lambung dan naik kembali ke Esofagus, bahkan ke mulut. Nah, asam yang naik sampai ke mulut dan tertinggal di mulut akan menyebabkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu.

  • Pengaruh kondisi lain

    Pengaruh kondisi lain seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh kebiasaan mer*k*k, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Baca juga: 3 Keuntungan Mengikuti Promo Belanja Online

Cara Mencegah Bau Mulut

Cara terbaik untuk mencegah bau mulut dengan memastikan kesehatan mulut tetap terjaga. Lantas bagaimana cara mencegah bau mulut? Yuk, simak di bawah ini:

  • Sikat Gigi dengan baik dan benar

    Sikat gigi wajib dilakukan dua kali dalam sehari dengan baik dan benar menggunakan pasta gigi dengan flouride. Sangat baik jika Anda juga menyikat gigi 15 – 20 menit setelah makan, khususnya jika banyak makanan yang terselip di sela-sela gigi. Juga jangan lupa untuk menyikat lidah Anda saat menggosok gigi.

sikat gigi saat puasa

  • Ganti sikat gigi secara rutin

    Biasakan mengganti sikat gigi 2 atau 3 bulan sekali. Setelah sembuh dari sakit pun sebaiknya mengganti sikat gigi agar tidak tertular lagi seandainya ada bakteri yang masih tertinggal.

  • Rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

    Meski tidak sedang sakit gigi, dianjurkan untuk ke dokter gigi dan memeriksakan kondisi gigi untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan kerusakan gigi yang akan muncul.

  • Makan makanan yang sehat

    Kebiasaan makan-makanan yang sehat dan alami mengurangi risiko bau mulut. Buah-buahan dan sayur tidak mengandung zat kimia berbahaya serta yang tidak berbau sangat disarankan.

  • Berhenti Mer*k*k

    Tidak perlu diragukan lagi, r*k*k dan produk-produk tembakau lainnya menyebabkan bau mulut tidak sedap. Hentikan kebiasaan mer*k*k segera jika kamu seorang per*k*k.

Baca juga: Resep Opor Ayam Kuning Anti Gagal

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Terkadang, meski telah berusaha keras untuk menjaga kesehatan mulut, tetap saja bau mulut muncul dan mengganggu rasa percaya diri. Lalu cara tercepat apa yang harus dilakukan saat bau mulut menyerang?

  • Minum banyak air putih

    Mengapa harus minum banyak air putih? Sebab air putih dapat menjaga kelembapan mulut tetap terjaga. Air juga dapat membilas bakteri-bakteri yang mungkin ada di mulut. Sangat penting untuk selalu minum air putih yang banyak setelah makan. Hal ini membantu untuk membilas sisa-sisa makanan yang mungkin masih tertinggal di mulut.

Manfaat Minum Air Putih

  • Kumur dengan mouthwash

    Mouthwash atau cairan pencuci mulut didedikasikan untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap secara cepat dan tidak ribet. Begitu mouthwash sudah menyebar ke seluruh bagian mulut, maka nafas segar seketika.

  • Makan permen atau permen karet

    Cara ini merupakan salah satu cara yang sangat jitu untuk segera menghilangkan bau mulut tidak sedap. Saat keadaan genting mengunyah permen karet akan menyamarkan bau mulut tak sedap.

Cara-cara di atas adalah langkah cepat dan singkat untuk menghilangkan bau mulut namun hanya sementara dan tidak permanen. Kembali lagi, untuk mendapatkan nafas yang senantiasa segar dan bebas bau mulut, cara menghilangkan bau mulut dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi serta rutin melakukan perawatan secara reguler.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.