Tips Mudik Nyaman di Hari Raya

cerita mudik
NININMENULIS.COM – Ada yang sudah mempersiapkan mudik untuk berlebaran di kampung halaman? Mumpung masih 11 hari lagi menuju lebaran, yuks kita siap-siap dulu menghadapi mudik, tradisi setiap hari raya ini.

Sayangnya, mudik lebaran tidak menjadi tradisi di keluarga saya. Kami lebih memilih berlebaran di mana kami tinggal dan bersilahturahmi dengan tetangga juga saudara yang juga tidak mudik. Meskipun tidak pernah mudik lebaran, bukan berarti lebaran kami tidak seru dan menyenangkan loh, yang pasti kami yang tidak mudik memiliki keuntungan tidak harus repot berurusan dengan tuslah dan persiapan mudik.

Meskipun repot, namun kesibukan inilah yang menjadi keseruan yang mengasyikan menjelang mudik dan setelah mudik. Untuk itulah perlu persiapan yang matang dan terencana agar mudik berjalan dengan lancar hingga kembali ke rumah tinggal. Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan menjelang dan saat mudik nanti? Dari pengalaman teman-teman yang mudik, saya mencoba merangkumnya di BPN Ramadhan Blog Challenge kali ini ya.

Baca juga: Gaya Rambut Pendek? Mengapa Tidak

Sebelum mudik ada beberapa hal yang mesti dilakukan di antaranya:

  • Siapkan dan jaga kondisi agar tetap prima

    Semua orang tahu kalau mudik membutuhkan kondisi yang prima. Perjalanan yang jauh dan memakan waktu lama dalam kondisi berpuasa tentu akan menguras energi yang tidak sedikit. Maka dari itu beberapa hari sebelum keberangkatan perhatikanlah asupan makan dan pola tidur. Usahakan jangan makan-makanan yang tidak sehat karena akan berpengaruh dengan kondisi tubuh kita di saat mudik. Jika kita makan sembarangan bisa saja terkena virus penyakit atau virus yang menyerang pencernaan. Kurangi juga makanan yang pedas-pedas, karena banyak buang air di saat perjalanan mudik itu akan sangat menyiksa.

    Usahakan untuk tidak begadang jika keesokannya kamu hendak melaksanakan perjalanan jauh. Jika kita begadang keadaan tubuh pun akan lemas dan mudah ngantuk, hal ini bisa mengakibatkan kamu kehilangan fokus. Dan jangan lupa untuk banyak-banyak minum air putih atau jika perlu tambahkan suplemen kesehatan agar tidak gampang terkena sakit.

  • Lakukan persiapan mudik dengan matang

    Agar perjalanan mudik senantiasa aman gunakanlah waktumu jauh-jauh hari untuk mempersiapkan mudik. Mulai dari pemesanan tiket atau mencek kendaraan jika kamu menggunakan kendaraan pribadi.

    Bagi yang menggunakan jasa trasportasi umum jangan lupa untuk booking tiket-nya maksimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Biasanya 1 sebelum tiket mudik cepat sekali habisnya. Booking jauh-jauh hari sangat disarankan karena bisa membantu menghemat pengeluaran kita.

    Untuk kamu yang mudik mengunakan kendaraan pribadi jangan sampai lupa untuk cek kendaraan agar kendaraan aman digunakan untuk mudik. Khususnya bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi dimohon untuk tidak melebihi kapasitas penumpang. Pastikan semuanya aman dan selamat.

Baca juga: Baju Tunik dari Masa ke Masa

  • Persiapkan perbekalan yang memadai

    Perbekalan adalah hal penting selama melakukan perjalanan mudik, baik itu perbekalan logistik, perbekalan peralatan, dan oleh-oleh. Miminal 3 hari sebelum keberangkatan kita sudah packing barang-barang yang dibutuhkan, seperti pakaian, perlengkapan mandi, obat pribadi, dan perlengkapan lainnya. Agar tidak ada yang terlupa buatlah daftar barang bawaan, jika ada tambahan lagi segeralah masukan ke catatan kamu.

    Pisahkan barang-barang yang hendak dipakai selama perjalanan dan yang tidak, jika ada oleh-oleh untuk keluarga ada baiknya barang-barang tersebut juga dipisah, karena jika digabung akan agak susah untuk mencarinya bisa saja ada barang yang kelupaan untuk diberikan. Untuk barang yang dipakai selama perjalan masukan saja ke day-pack (ransel) atau tas pinggang, barang-barang yang perlu kamu bawa di ransel adalah, dompet, obat pribadi, hp+charger, dan tiket jika kita pergi dengan trasportasi umum.

  • Buat perhitungan secara terperinci semua kebutuhan mudik

    Buatlah perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil sekalipun seperti biaya parkir dan biaya buang air di WC umum, untuk membeli makanan dan minuman selama di perjalanan.

  • Pastikan rumah ditinggalkan dalam kondisi aman

    Jika sudah mempersiapkan semuanya, jangan lupa pula untuk meninggalkan rumah dalam keadaan aman. Jangan lupa untuk mematikan saluran air/listrik/gas dan jangan lupa kunci pintu dan jendela.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.