Membeli Baju Lebaran Tanpa Boros

NININMENULIS.COM – Lebaran tinggal menghitung hari, sudahkah kamu membeli baju lebaran untuk dikenakan di hari nan fitri nanti? Membeli baju lebaran masih menjadi tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari hari raya di Indonesia. Di saat ini kita seakan kalap akan segala hal bahkan dapat dikatakan konsumtif untuk segala hal.

baju lebaran

Nah untuk menghindari sifat konsumtif saat membeli baju lebaran, kita harus pandai dalam memilah dan memilih apa yang harus dibeli dan mana yang tidak termasuk dalam membeli baju baru. Jangan sampai sifat konsumtifnya kita di hari lebaran justru merugikan keuangan kita setelah lebaran berlalu.

Baca juga: 5 Aplikasi yang Digunakan Saat Ramadhan

Dan di BPN Ramadhan Blog Challenge hari ke-24 ini saya akan menulis bagaimana hemat saat membeli baju lebaran dalam tema kali ini.
Tidak perlu berlama-lama, berikut beberapa tips hemat membeli baju lebaran yang dapat dilakukan.

  • Mix and match baju baru dan lama

    Jika dana yang kamu miliki tidak terlalu besar, maka jangan pernah paksakan untuk membeli baju lebaran. Jangan khawatir tidak dapat terlihat kece, kamu bisa menyiasatinya dengan mix and match baju baru dengan baju lama. Misalnya jika kamu memiliki dress polos, manset polos, dan celana bahan tanpa motif kamu cukup membeli outer untuk melengkapi tampilanmu. Mudah dan murah, bukan?

hemat membeli baju lebaran

  • Beli yang dibutuhkan

    Ini nih penyakit dari kebanyak perempuan jika sedang shopping. Perempuan kebanyakan tidak fokus dengan apa yang ingin ia beli sebelumnya. Alhasil, budget untuk lebaran pun membuncit.

    Maka dari itu, sebelum pergi untuk membeli baju lebaran, ada baiknya jika kamu mengetahui dengan pasti apa yang ingin dibeli. Selain itu, usahakan kamu juga membawa teman ataupun keluargamu yang tegas dalam mengatur keuangan, agar nantinya tidak kalap melihat barang-barang yang dijual di sana.

  • Berburu diskon

    Ini merupakan jurus andalan yang paling oke jika ingin berhemat saat belanja baju lebaran. Biasanya, beberapa department store memberikan diskon besar-besaran beberapa hari sebelum tibanya Hari Raya Idul Fitri. Nah, kesempatan seperti ini yang tidak boleh kamu lewatkan.

memilih baju lebaran

  • Blusukan ke pusat grosir

    Jangan pernah berpikir bahwa barang bagus hanya ada di mall, karena kamu harus mencoba berbelanja di pusat grosir yang menyediakan pakaian dari yang termahal hingga termurah. Kualitas yang diberikan juga tidak kalah bagus dengan yang ada di mall. Namun, sebaiknya kamu membelinya jauh-jauh hari sebelum mendekati lebaran. Satu lagi, jangan lupa untuk menawarnya ya!

  • Sabar saat menawar

    Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan baju yang ingin kamu beli, lalu tawarlah hingga batas maksimal yang kamu sanggupi. Bersabarlah dalam menawar, karena biasanya penjual akan menaikan harganya terlebih dahulu, jadi jika sudah diberitahukan harganya, jangan langsung setuju untuk membelinya.

Baca juga: Tips Mudik Nyaman di Hari Raya

  • Berbelanja di Pasar ‘Second Hand’

    Salah satu cara menghemat pengeluaran untuk belanja baju lebaran, kamu bisa berbelanja di pasar pakaian bekas. Meskipun tidak baru, kamu masih bisa kok tampil kece dengan baju-baju yang kamu temukan di sana. Selama mau sabar untuk mencari, dan pintar untuk memadupadankan baju, maka jangan ragu untuk berbelanja di pasar baju bekas ya.

  • Belanja di online shop

    Pilihan terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menekan budget pembelian baju lebaran adalah dengan berbelanja di online shop. Selain ada begitu banyak baju murah disana, kamu juga tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk pergi keluar. Saat ini pun sudah banyak online shop yang tidak memungut ongkos pengiriman kepada para kostumernya.

hemat memilih baju lebaran

Nah semoga cara membeli baju lebaran tanpa boros di atas dapat membatu menceriakan harimu dalam merayakan hari lebaran ya. Intinya tidak perlu mahal selama kamu bisa memilih, menawar, dan memadupadankan baju lebaran maka tidak mungkin kamu dapat tampil kece di hari lebaran nanti.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.