6 Cara Mengisi Waktu Selama Ramadhan Ala Nininmenulis

NININMENULIS.COM – Menahan lapar, haus, dan nafsu menjadi hal mutlak dilakukan saat kita puasa. Untuk itu sebaiknya kita memanfaatkan waktu sebaik dan semaksimal mungkin dengan kegiatan yang bermanfaat untuk menambah keberkahan di bulan Ramadhan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama bulan puasa tersebut dapat membuat kita lupa bahwa sekarang puasa sisa 4 hari lagi, yipiiii…..

mengisi waktu saat Ramadhan

Sebenarnya dalam mengisi waktu di bulan Ramadhan tinggal bagaimana kita pintar-pintar dalam memadatkan aktivitas yang ada. Kebiasaan negatif tentu akan berkurang jika kita banyak melakukan aktivitas positif yang bermanfaat. Dan terpenting jangan juga memilih aktivitas yang dapat mengurangi pahala kamu di bulan Ramadhan ya.

Nah mumpung masih ada 4 hari lagi puasa, saya mau berbagi bagaimana saya mengisi waktu selama Ramadhan. Tentunya, di luar aktivitas yang terkait dengan agama tidak akan saya tulis karena biarlah itu menjadi catatan untuk saya dan Allah SWT saja yang tahu.

Baca juga: Cara Menggunakan Panci Presto dengan Aman

Beberapa aktivitas yang dilakukan untuk mengisi waktu selama Ramadhan ini yakni:

  • Mengikuti BPN Ramadhan Blog Challenge 2019

    Sukses mengikuti BPN Blog Challenge 2018 lalu membuat saya ketagihan untuk ikut kembali di blog challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network ini. Tema-tema yang ditentukan setiap harinya sangat menantang dan memaksa saya untuk berpikir mencari problem solves dari semua tema yang telah ditentukan. Sesuai dengan temanya tantangan menulis 30 hari sudah tentu setiap harinya saya melakukan aktivitas menulis. Yeaahh itu sangat menyenangkan.

    NininMenulis, Healthy-Living-Lifestyle

  • Olahraga

    Ini aktivitas yang selalu saya lakukan setiap hari dan tidak pernah berubah saat bulan Ramadhan. Waktu, jenis olahraga, dan durasinya pun tidak berubah dengan yang saya kerjakan saat tidak puasa. Haus? Hhmm… kalau dipikirkan memang akan haus tetapi bila sudah niat, insya Allah semua dapat dijalani dengan mudah.

  • Membantu orang tua menyiapkan santapan sahur dan buka puasa

    Selain kegiatan agama, di bulan puasa dapat membantu orangtua dalam menyediakan menu sahur dan berbuka dan kegiatan ini asyik loh. Kita dapat mengasah kemampuan memasak dan menjadikan kita lebih piawai dalam mengolah setiap bahan makanan.

  • Tidur

    Semua tentu tahu tidurnya orang berpuasa itu ibadah. Jadi jangan sia-siakan ibadah di bulan Ramadhan yang satu ini ya. Asalkan tidak menghambat aktivitas sempatkan tidur saat tubuh lelah dan mengantuk. Semua tentu tahu jam tidur dan beraktivitas selama Ramadhan tentu berubah, nah mumpung tidurnya berpahala tidur yuks.

Baca juga: Tempat Buka Puasa Murah di Lotte Shopping Avenue

  • Nonton Film

    Meskipun tidak sering dan memakan waktu yang banyak, aktivitas menonton film di saat puasa juga dapat menyegarkan pikiran. Tentu saja pilih film yang tidak mengurangi keberkahan bulan Ramadhan. Nonton acara memasak boleh kok asal jangan ngeces dan membayangkannya ya.

  • Bermain game

    Bermain game yang telah terinstal di handphone juga menjadi aktivitas yang baik dilakukan saat Ramadhan. Ketika terkena macet di kendaraan umum daripada emosi lebih baik bermain game di handphone.

Dari ke-6 aktivitas saya mengisi waktu selama Ramadhan ini ada yang sama dengan kamu, atau kamu tertarik melakukannya di kesempatan Ramadhan berikutnya? Yoaa… apapun aktivitasnya asalkan mengisi waktu selama Ramadhan dengan positif tentu semuanya baik-baik saja.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.