Jajanan Saat Lebaran

NININMENULIS.COM – Sejak tinggal di Bogor, menyiapkan jajanan saat lebaran menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Mengapa demikian? Karena beberapa jajanan saat lebaran tersebut termasuk barang ‘langka’ saat tinggal di Jakarta.

Menyajikan kue-kue kering seperti kastengel, nastar, sagu keju, kacang madu, dan lain-lain menjadi hal wajib dilakukan menjelang lebaran. Semenjak pindah ke Bogor setahun yang lalu, kehadiran beberapa jajanan khas daerah yang biasanya dijumpai saat saya kecil, di sini banyak dijumpai dan memberi warna berbeda di hari raya.

Di BPN Ramadhan Blog Challenge hari ke-27 ini saya akan merinci jajanan saat lebaran apa saja yang muncul kembali di hari lebaran saya. Mungkin saja jajanan saat lebaran ini kembali memunculkan memori kamu saat lebaran masa kecil.

Baca jugaLebaran dengan Kerupuk Kembang Ros

  • Kerupuk kembang ros

    Saat masih tinggal di Jakarta, kerupuk kembang ros hanya saya kenal namanya saja. Tidak terbayang bagaimana bentuk dan rasa kerupuk yang konon sudah langka dijumpai. Tetapi sejak setahun lalu, kerupuk kembang ros menjadi jajanan saat lebaran yang paling ditunggu. Meskipun sulit dijumpai dan dicari di hari-hari biasa selain lebaran, namun sejak awal puasa sudah ada tetangga pembuat kerupuk kembang ros menawarkan untuk lebaran.

    Sesuai namanya kerupuk kembang ros memiliki bentuk seperti bunga ros atau mawar. Memiliki ukuran yang beragam, kalau yang saya beli berukuran besar-besar dengan 3 warna yang dominan, merah, kuning, dan hijau.

    kerupuk kembang ros
    Kerupuk kembang ros

     

  • Dodol Betawi

    Dodol Betawi ini enak dan saya sanggat menyukainya saat dihidangkan saat lebaran. Memiliki tetangga yang mayoritas Betawi membuat jajanan saat lebaran ini mudah dijumpai. Berbeda dengan kue keranjang, dodol Betawi memiliki tekstur yang lebih kenyal dan legit, terkadang memiliki berbagai rasa seperti durian, wijen, dan lain sebagainya.

  • Gula kelapa

    Gula kelapa termasu dalam camilan manis khas jajanan saat lebaran. Gula kelapa yang kerap dijumpai berbentuk seperti kue namun di tempat saya memiliki tampilan berbeda, gula kelapa terlihat seperti kwetiau 3 warna, hijau merah, dan putih.

    jajanan lebaran
    Gula Kelapa

     

  • Rengginang

    Woohooo… warga Jakarta kalau ingin membeli rengginang yang enak dan besar-besar datanglah kemari. Mengapa saya katakan demikian? Karena itu kenyataan kalau rengginang di tempat saya ini termasuk yang paling enak, tidak terasa hambar dengan ukuran jumbo.

  • Kerupuk kembang goyang

    Kalau kerupuk kembang goyang masih sering saya jumpai saat berlebaran di Jakarta. Bedanya kerupuk kembang goyang yang sekarang berukuran besar (lagi-lagi lebih besar). Kerupuk kembang goyang sangat renyah saat dimakan, mungkin karena teksturnya yang tipis dan garing.

    jajanan saat lebaran
    Kerupuk Kembang Goyang

     

  • Madu mongso

    Madu mongso di tempat saya terbuat dari campuran kelapa, gula pasir, dan pewarna yang dibungkus dengan kertas minyak. Rasanya yang manis dan warnanya yang beraneka macam biassanya sangat disukai oleh anak-anak. Serukan jajanan saat lebaran saya.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

2 thoughts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.