Beberapa Persiapan dalam Menyambut Lebaran

NININMENULIS.COM – Lebaran… yeeaayy besok lebaran. Bagi umat muslim momen lebaran menjadi momen yang paling banyak dinanti setelah melaksanakan puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

menyambut lebaran

Berbagai persiapan lebaran pun tidak luput dikerjakan untuk memeriahkan hari raya nan fitri terbut. Beberapa persiapan dalam menyambut lebaran yang dilakukan di rumah akan saya tulis di BPN Ramadhan Blog Challenge hari terakhir ini. Persiapan dalam menyambut lebaran tersebut di antaranya:

  • Membuat kue lebaran

    Membuat kue lebaran merupakan aktivitas wajib dalam menyambut lebaran. Berbagai kue kering seperti nastar, kastengels, kue kacang, putri salju, sagu keju, dan lain-lain menjadi hidangan wajib dalam menyambut tamu di hari raya. Ssempat absen membuat sendiri berbagai macam kue-kue kering tersebut, di tahun ini saya kembali membuat sendiri semua sajian kue kering. Meskipun menyisakan sedikit lelah, namun hasil dari membuat sendiri semua kue kering tentu lebih pas di hati karena kita dapat memilih jenis bahan dan komposisi yang dikehendaki untuk mendapatkan sajian kue kering yang lezat.

  • Mempersiapkan perlengkapan ibadah dan baju baru

    Biasanya, saat menyambut lebaran tidak sedikit orang yang mempersiapkan semuanya serba baru, termasuk perlengkapan sholat dan baju baru. Bagi saya kedua hal tersebut tidak harus baru, asalkan bersih dan bagus dikenakan di hari raya itu sudah cukup.

Baca juga: 8 Tradisi Lebaran yang Ngangenin

  • Bersih-bersih rumah

    Pemandangan bersih-bersih rumah dalam menyambut lebaran menjadi hal yang biasa dilihat menjelang momen hari raya. Selain bersih-bersih banyak juga orang yang mendandani rumahnya dan menggantinya dengan yang baru, seperti mengecat rumah. Ini semua dilakukan sebagai persiapan menyambut tamu di hari lebaran.

  • Membeli bunga segar atau pajangan untuk memperindah rumah

    Persiapan lebaran yang satu ini memang selalu dicari bagi sebagian orang. Selain harumnya yang segar, bunga juga dapat dijadikan hiasan menyambut tamu yang berkunjung ke rumah. Mama saya biasanya menyuruh membeli bunga sedap malam yang harumnya lama. Jika tidak ingin menaruh bunga karena wanginya sesaat dapat menggunakan aroma terapi atau parfum ruangan untuk pemakaian yang lama.

  • Mempersiapkan souvenir lebaran

    Nah, persiapan lebaran ini paling ditunggu anak-anak tapi paling saya sebal. Bukan membagikannya yang tidak saya sukai tetapi proses mengantri di bank nya lah yang membuat lelah. Belum lagi drama-drama seperti stok uang habis dan harus menunggu siang baru ada lagi setelah lama mengantri, dan pembatasan jam penukaran uang yang bikin galau dapat nggak ya?

  • Membuat hidangan khas lebaran

    Berbicara mengenai hidangan hari lebaran merupakan persiapan lebaran yang paling dinanti. Hidangan spesial ini merupakan masakan yang biasa, namun menjadi spesial saat dihidangkan di hari raya. Hidangan spesial itu adalah ketupat, opor ayam dan rendang daging, kedua menu menjadi spesial dan berbeda jika dimasak dan disantap untuk persiapan lebaran yang hanya ada setahun sekali.

Itulah beberapa persiapan dalam menyambut lebaran yang dilakukan di rumah setiap tahunnya. Nah, bagaimana di rumah kamu dan bagaimana mempersiapkannya?

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.