Pecel Lele Bakar ala NininMenulis Cocok untuk yang Diet Gorengan

NININMENULIS.COM – Sudah beberapa minggu ini Mama terserang batuk. Karena itulah sebagai anak sekaligus koki di rumah, saya harus memutar otak menu masakan yang sesuai dan tidak membuat batuknya semakin parah. Akhirnya kita sepakat mengurangi pemakaian minyak dalam masakan. Sejujurnya sih bukan mengurangi lagi tetapi lebih tidak menggunakan minyak sama sekali tepatnya.

Meskipun saya tidak batuk, turut makan masakan yang tidak digoreng dan mengandung minyak justru membuat saya bahagia. Wuahahaha… akhirnya saya bisa sekalian diet gorengan untuk kesehatan sekaligus nurunin berat badan. Ups!

Tidak makan gorengan ternyata bukan hal yang mudah. Cireng, tahu aci, ayam goreng, dan lain sebagainya saya rindu kamu loh. Karena tekad tidak makan gorengan sudah bulat dan besar, akhirnya setiap hari puter otak akan masak apa.

Menu atau makanan yang dibakar, rebus, kukus, dan dipanggang memang menjadi alternatif pilihan yang harus dilakukan untuk mengolah bahan masakan setiap harinya. Kalau ditanya susah tidak?

Bagi saya susah susah mudah. Susahnya ternyata masakan yang dibakar, rebus, kukur, dan dipanggang membutuhkan jumlah pemakaian bumbu yang banyak agar tidak hambar. Berbeda bila menggunakan proses menggoreng, minyak goreng ternyata memberikan rasa sendiri di masakan sehingga tidak membutuhkan bumbu yang banyak.

Saat ini hidangan seperti ayam tim, pepes ikan, dan ayam bakar menjadi menu yang akrab sehari-hari (resepnya menyusul ya tergantung ketersediaan foto). Dan hari ini Mama minta dimasakan Pecel lele. Pasti gambaran lele goreng yang renyah dan garing dengan tampahan tempe atau tahu goreng dan sambal bawang yang diberi sedikit minyak langsung terbayang di benak. Lalu jika sedang diet gorengan seperti ini bagaimana? Ya Pecel Lele nya saya bakar dengan sambal yang semua bumbunya di rebus. Enak? Enak dong. Kalau tidak percaya, bolehlah dicoba resepnya, Pecel Lele Bakar ala NininMenulis.

Baca juga: Cara Membuat Kaastengels Ala NininMenulis

pecel lele
Pecel Lele Bakar ala NininMenulis

Bahan Pecel Lele Bakar:

  • Bahan untuk Lele Bakar: 1 kg lele atau 6 ekor lele. Jeruk nipis dan garam.

  • Bahan untuk Sambal: 20 cabe rawit, 5 cabe merah keriting (saya tidak pakai), 5 bawang merah, 3 bawang putih, 1 tomat yang besar, terasi, garam, dan gula.

  • Bahan untuk Tempe Bakar: 2 papan tempe yang dipotong sedikit tebal, 4 bawang merah, 3 bawang putih, merica, gula merah, lada, garam, dan sedikit kecap.

Cara Membuat Pecel Lele Bakar:

  • Lele yang telah dibersihkan isi perutnya lalu dikerat-kerat dan diberi jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya. Diamkan 15 menit bilas dan beri garam atau bumbui menurut selera (saya lebih suka lele nya digarami saja). Bakar di atas panggangan atau menggunakan wajan teflon (saya menggunakan pemanggang Oxone yang ditaruh di atas kompor). Bolak balik dan tunggu hingga lele matang dan tingkat kegaringannya sesuai dengan selera.

  • Untuk sambalnya, rebus semua bahan hingga semua bahan lunak, lalu uleg atau blender. Jangan lupa tambahkan garam, gula, dan sedikit terasi. Jangan lupa untuk dicicipi.

  • Untuk tempe bakarnya, ungkep tempe yang telah dipotong-potong dengan semua bumbu yang telah dihaluskan. Setelah bumbu meresap, angkat, dan tempe siap dibakar di atas panggangan.

  • Setelah semua bahan matang, sajikan di atas piring beri lalapan dan potongan jeruk limo pada sambalnya. Bagi yang suka dapat ditambahkan juga kecap.

Mudahkan cara membuatnya? Tidak hanya enak, Pecel Lele Bakar ala NininMenulis ini juga sehat dan cocok untuk kamu yang sedang diet. Selamat Menikmati!

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.