Hiip Academy #1 Cara Investasi menjadi Blogger Profesional

hiip academy #1
NININMENULIS.COM – Malam sudah tiba saat saya membuka pintu rumah. Perjalanan Jakarta – Bogor dengan commuter line seperti hari kerja biasanya, sangat menguras energi di jam-jam pulang kerja seperti saat ini. Badan yang habis terlipat-lipat di dalam gerbong, rasanya ingin lekas diluruskan di atas karpet sembari santai sembari menonton acara TV malam itu.

Tapi, saat tubuh direbahkan sejenak ternyata tidak sepenuhnya dapat santai malam itu, karena ada beberapa whatsapp dan email terkait pekerjaan yang harus dibalas. Entah sudah menjadi kebiasaan atau memang kewajiban mejadi seorang blogger, setelah membalas whatsapp dan email, jari-jari ini lanjut membuka whatsapp grup komunitas blogger yang sudah puluhan percakapan saat itu.

flayer hiip academy

Flyer Hiip Academy #1 (Foto: Dok. Hiip Indonesia)

Mas A: Ada acara bagus nih di Blogger Perempuan

B : Bayar eventnya kak

Mas A: Bukan bayar tapi investasi

C : Investasi untuk leher ke atas ya mas

Mas A : Investasi itu setelahnya akan kembali dengan penambahan nilai. Investasi ilmu.

Si Mas A ini salah seorang blogger yang di grup terkenal piawai dalam SEO dan digital marketing. Dan tidak tahu mengapa jawabannya tentang investasi ilmu seakan menempel di jidat saya meskipun saya telah mandi, makan malam, dan melakukan aktivitas lainnya. Hampir tengah malam, saya penasaran dengan link yang dibagikannya dan mencari tahu mengapa si Mas A yang notabene ahli digital marketing mengatakan acara ini bagus.

Hiip Academy #1How to Build Your Blog Professionally menghadirkan dua pembicara Mas Ariev Rahman dan Mbak Sitta Karina yang akan mengupas tentang creative content dan blog monetize. Hiip Academy sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Hiip Indonesia sebagai wadah para Influencer atau calon Influencer untuk dapat belajar meningkatkan personal content yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat melalui program rutin yang berbentuk pelatihan dari Senior Influencer atau Spesialis yang ahli di bidangnya.

Untuk Hiip Academy #1 ini diadakan di CoHive 101 Jakarta Selatan pada 10 Agustus 2019 mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore dan untuk pendaftaran sebelum 30 Juli 2019 akan mendapatkan diskon khusus. “Woooaaa…. itu hari iniii!” teriak saya panik lalu lekas mendaftar dan melakukan konfirmasi pembayaran. Fiiuh…. akhirnyaa…. legaaa, saya pun bisa tidur nyenyak sembari menunggu tanggal 10 Agustus tiba.

Baca juga: Target Blogging 2019

The Day

Jakarta di Sabtu memang tidak sesibuk di hari kerja, commuter line pun tidak sepadat biasanya walaupun tetap berdiri sih. Waktu masih menunjukan pukul 9 pagi kurang saat busway Tebet-Karet tiba di kawasan Mega Kuningan. Sempat muter-muter keliling dulu untuk meghabiskan waktu, akhirnya saya memutuskan langsung menuju lokasi Hiip Academy #1.

Berada di lantai 2 room 2 CoHive101 sudah stand by mbak-mbak cantik dan mas-mas ganteng dari Hiip Indonesia, tidak terkecuali Mbak Shinta Ries, Managing Director dan Mbak Almazia Pratita, Chief Operating Offier di Hiip Indonesia.

hiip academy

Mbak Almazia Pratita

Sambil menunggu Hiip Academy #1 berlangsung, kami diberi kudapan ringan. Dekitar pukul 10 pagi, Hiip Academy #1 pun dimulai yang dibuka oleh Mbak Almazia yang juga menjelaskan sekilas mengenai Hiip Indonesia.

Hiip Academy #1 Session 1

Pada sesi pertama Hiip Academy #1, dihadirkan Mas Ariev Rahman menjelaskan tentang Creative Content. Ariev Rahman ini seorang travel blogger yang sudah berkeliling dunia dan telah menuangkan ceritanya di blog backpackstory.me. Mas Ariev ini juga telah banyak menerima penghargaan salah satunya Top 50 Blogs from Indonesia 2018 by ASEAN UP.

ariev rahman hiip academy

Mas Ariev Rahman (Foto: Dok. Hiip Indonesia)

Pembawaan Mas Ariev yang komunikatif dengan joke-nya yang khas menjadikan suasana Hiip Academy menjadi cair dan mengalir. Peserta pun tak sungkan bertanya yang langsung dijawab Mas Ariev dengan jelas. Di sini Mas Ariev menjelaskan bagaimana pentingnya seorang blogger selalu maksimal dalam membuat konten. Konten is King! Begitu ia mengingatkan.

Selain kualitas konten, ia pun menerangkan pula betapa pentingnya konsistensi untuk selalu kreatif membuat konten berkualitas menjadi keharusan yang dimiliki blogger untuk dapat menjaring banyak pengunjung. ‘Jika tidak bisa menjadi yang PERTAMA, jadilah yang TERBAIK. Jika tidak bisa menjadi yang TERBAIK, jadilah yang TERGILA’ begitu saran Mas Ariev.

Hiip Academy #1 Session 2

Setelah isoma (istirahat dan makan siang) sesi Hiip Academy #1 sesi 2 dimulai dengan menghadirkan Mbak Sitta Karina. Mbak Sitta Karina ini seorang penulis senior Indonesia yang sering bekerjasama dengan berbagai macam brand, ia membagikan pengalaman dan pengetahuannya tentang bagaimana menentukan rate card atau harga komersil dari sebuah konten.

sitta karina hiip academy
Mbak Sitta Karina (Foto: Dok. Hiip Indonesia)

Di sesi 2 ini seharusnya jam-jam di mana ngantuk dan capek, namun itu tidak terlihat di semua peserta Hiip Academy karena materi yang disajikan Mbak Sitta menjadi permasalahan semua blogger dalam menentukan harga komersil sebuah konten.

Ada 7 agenda yang dijelaskan Mbak Sitta dalam sesi ke 2 Hiip Academy ini yakni: (1) Syarat mendasar blog berkualitas, (2) Persiapan monetisasi blog, (3) Ragam monetisasi blog, (4) Komponen esensial rate card, (5) Cara menentukan rate card, (6) Pentingnya manajemen media sosial, (7) Kunci sukses monetisasi blog.

Sssttthh…. menurut Mbak Sitta, kita bisa mendapatkan uang dari ngeblog dengan 5 cara ini, sponsored post, banner ads, program afiliasi, jaringan iklan, dan menjual produk dan jasa.

hiip academy

Para peserta yang antusias menyimak semua sesi di Hiip Academy #1 (Foto: Dok. Hiip Indonesia)

Nggak hanya itu saja kedua pembicara dalam Hiip Academy #1 ini juga memberikan banyak saran dan cara-cara praktis yang sangat runut dan mudah dipahami untuk menjadi seorang blogger profesional.

Penasaran ingin tahu lebih lengkap? Makanya ikut Hiip Academy. Hiip Academy ini rencananya akan diadakan rutin oleh Hiip Indonesia. Di sini kita akan banyak mendapatkan ilmu, wawasan, pengalaman, dan terutama teman. Seperti yang telah saya ceritakan di atas tentang kata-kata Mas A di grup Whatsapp, selalu ada penambahan nilai dalam investasi ilmu. See you on Hiip Academy #2!

Simak ya keseruan kita para alumni Hiip Academy #1 di video ini.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

5 thoughts

  1. Acaranya memang seru mba, suka sama quote-quotenya Mas Ariev, dan pengalamannya yang luar biasa hingga ada yang kirim uang untuk ke inggris. Sesi mba Sinta juga asyik. Banyak hal baru yang didapat di Hiip Academy 1.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.