Film Bebas Hadirkan Nostalgia Masa SMA era 1990-an

poster film bebas
NININMENULIS.COM – Sepertinya Miles Film masih menyukai film yang mengangkat tema persahabatan dan cinta ke dalam film-filmnya, seperti juga di film terbarunya, Bebas. Sukses dengan Ada Apa dengan Cinta (AADC), Petualangan Sherina, dan Laskar Pelangi, rupanya membuat Mira Lesmana dan Riri Riza enggan beranjak dari genre ‘nyaman’ mereka. Meskipun memiliki formula yang sama, namun Mira dan Riri rupanya cukup cerdik meramunya sehingga kita tetap dapat menikmati Film Bebas tanpa bayang-bayang film yang pernah dikerjakannya.

film bebas

Film Bebas merupakan remake dari film Korea Selatan berjudul Sunny. Untuk sekadar info, Sunny yang dirilis pada 2011 ini masuk ke jajaran film terlaris Korea Selatan dengan angka penjualan 7,48 juta. Di negara asalnya, Film Sunny ini digarap sutradara Kang Hyeong Cheol yang juga mengerjakan film Scandal Makers (2008). Film Bebas yang disutradarai Riri Riza dan Mira Lesmana sebagai produsernya ini merupakan remake film Sunny yang keempat. Sebelumnya sudah ada remake versi Hollywood yang belum rilis, Vietnam (Go Go Sisters), serta Jepang (Sunny: Tsuyoi Kimochi Tsuyoi Ai). Untuk memproduksi Film Bebas, Miles Film bekerjasama dengan CJ Entertainment pemilik lisensi film asli dan juga Ideosource Entertainment juga BASE Entertainment.

Cerita Film Bebas dibuka oleh Vina (Marsha Timothy) yang secara tidak sengaja bertemu dengan Kris (Susan Bachtiar) sahabat masa SMA nya yang tengah sakit dan divonis memiliki umur yang tidak panjang lagi. Dari pertemuan yang tidak sengaja tersebut terlontar keinginan Kris untuk berjumpa dengan sahabat mereka yang tergabung dalam Geng Bebas. Para sahabat yang masing-masing telah terpisah 23 tahun dikarenakan suatu peristiwa tragis yang dialami semuanya. Personil Geng Bebas beranggotakan 6 orang. Selain Vina, mereka adalah Kris Sang Pemimpin, Jessica yang menggemaskan, Gina yang penuh semangat (terutama saat akan tawuran), Suci yang cantik dan misterius, dan Jojo satu-satunya cowok di Geng Bebas.

Baca jugaFilm Mahasiswi Baru Kisahkan Geng Lintas Generasi

film bebas

Alur cerita film mundur ke masa ke-6 sahabat Geng Bebas SMA. Masa di mana Vina yang seorang pelajar dari kota kecil di Jawa Barat baru saja pindah ke salah satu SMA Negeri bergengsi di Ibu Kota. Vina yang di hari pertama sekolahnya ditertawakan karena logat kedaerahannya yang kental seakan tertolong dengan kehadiran Geng Bebas yang membantunya beradaptasi. Alur film memang di plot maju mundur dari jaman sekarang ke jaman SMA dan begitu sebaliknya dengan pindahan scene yang halus tanpa membuat penonton merasa pusing dan bingung menyaksikannya. Seperti scene saat Vina di masa kini yang tengah melihat sang anak yang tengah di-bully, alur berikutnya kita flashback melihat bagaimana Vina jaman SMA saat mendapat perlakukan bully yang sama.

Penonton akan diajak bernostalgia ke era 1990-an, mulai dari dialog, tren, kostum, hingga lagu-lagu pop yang sempat ngehits saat alur film masuk ke jaman Vina dan Geng Bebas SMA. Era 1990-an dipilih Miles Film sebagai setting masa SMA Geng Bebas karena di sinilah eranya musik pop Indonesia mengalami kebangkitan. Musik-musik 1990-an yang akan membangkitkan kembali memori penonton yang mengalami masa SMA di era tersebut yakni lagu dari Iwa K, Denada, Singiku, Kahitna, Dewa 19, dan masih banyak lagi. Selain itu di era 1990-an juga merupakan periode penting di mana banyak terjadi perubahan di Indonesia yang membuat peninggalan era tersebut menjadi nostalgia bagi semua generasi bahkan juga mereka yang lahir setelah era 1990.

Baca jugaFilm Koboy Kampus Gambaran Cinta Tanah Air dan Persahabatan Ala Pidi Baiq

film bebas

Film Bebas bertabur banyak bintang. Selain ada Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Widi Mulia, dan Baim Wong yang memerankan Geng Bebas saat dewasa, Film Bebas juga bertabur bintang muda yang memerankan Geng Bebas di masa SMA seperti Maizura, Sherly Sheinafia, Agatha Pricilla, Lutesha, Zulfa Maharani, dan Baskara Mahendra. Selain pemeran anggota Geng Bebas, film ini juga diramaikan nama-nama terkenal seperti Amanda Rawles, Syifa Hadju, Brandon Salim, Kevin Ardilova, Giorgino Abraham, Sarah Sechan, Tika Panggabean, Jefri Nichol, Oka Antara, Irgi Ahmad Fahrezi, Bisma Smash, Reza Rahadian, dan masih banyak lagi nama beken lainnya

Mengetengahkan drama komedi seperti film aslinya, Film Bebas sukses membuat pengunjung terbahak menyaksikan kekonyolan yang dilakukan Geng Bebas. Selain tawa, Film Bebas juga sarat akan air mata meskipun tidak berlarut-larut, intrik yang tersaji cukup membuat kita mengharu biru. Seperti momen di mana kita turut deg-deg n menanti apakah Vina berhasil mengumpulkan semua sahabatnya di Geng Bebas? Apakah Kris masih sempat bertemu ke-4 sahabatnya yang lain di ujung usianya yang tidak panjang? Apakah mereka berubah setelah 23 tahun terpisah? Dan semua itu akan terjawab jika kamu menyaksikan Film Bebas yang mulai tayang di seluruh bioskop mulai 3 Oktober 2019. Selamat bernostalgia.

Advertisements

Author: Ninin Rahayu Sari

Architecture Graduate | Content Creator | Former Journalist at Home Living Magazine & Tabloid Bintang Home | Google Local Guide | Yoga Enthusiast

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.